Cara Menguji Demensia Menggunakan MMSE

Cara Menguji Demensia Demensia adalah istilah yang menggambarkan berbagi gejala penurunan daya ingat, tingkat intelektual, maupun tingkah laku. Secara singkat, demensia adalah penurunan kemampuan otak.

Jadi demensia bukanlah penyakit. Sangat sulit untuk mendiagnosa demensia. Salah satu metode tes yang paling umum digunakan adalah Ujian Negara Mini-Mental (Mini-Mental State Examination disingkat MMSE).

Artikel ini akan menjelaskan kepada Anda bagaimana cara melakukan uji MMSE kepada orang-orang terdekat Anda yang dikhawatirkan memiliki tanda-tanda demensia.

1. Pahami Mekanisme MMSE

MMSE adalah tes yang berlangsung hanya sekitar 10 menit, yang dapat Anda gunakan untuk mengevaluasi kemampuan kognitif seseorang, termasuk elemen-elemen seperti bahasa, memori, dan kalkulasi. MMSE paling banyak digunakan untuk menguji demensia.

2. Pahami Mekanisme Penilaian

MMSE adalah tes yang menggunakan nilai maksimal 30 poin. Jika seseorang memiliki nilai MMSE di bawah 24, maka kemungkinan orang tersebut Demensia, atau paling tidak ada penurunan kognitif.

3. Cara Melakukan MMSE

Berikut ini pertanyaan-pertanyaan yang harus Anda ajukan berikut jumlah nilai yang akan didapat jika mampu menjawab pertanyaan.

READ:  Mengenal Gejala dan Penyebab Delirium

a. Tes Orientasi Waktu (5 poin). Tanyakan mengenai waktu. Peserta tes MMSE harus mampu menyebutkan tanggal, bulan, tahun, nama-nama hari dalam seminggu, dan nama-nama musim.

b. Tes Orientasi Tempat (5 poin). Tanyakan kepadanya saat ini dia (dan juga Anda) sedang berada di mana. Dia harus bisa menyebutkan jalan, kota/kabupaten, propinsi, dan negara.

c. Tes Registrasi (3 poin). Anda menyebutkan 3 nama benda. Kemudian minta dia mengulanginya segera. Anda harus mengatakannya sekaligus, jangan satu per satu. Ia juga harus mengulanginya sekaligus, segera setelah Anda selesai menyebutkan 3 nama benda tadi. Kemudian, bilang padanya bahwa Anda akan megulangi lagi menyebutkan 3 nama benda tadi beberapa menit lagi.

d. Tes Perhatian (5 poin). Minta ia menyebutkan kata DUNIA dari belakang. Kemudian minta ia menyebutkan angka 100 sampai 1 secara mundur dan loncat 7.

e. Tes Mengingat kembali (3 poin). Minta ia menyebutkan 3 jenis benda yang telah Anda sebutkan beberapa menit yang lalu (lihat poin c).

f. Tes Bahasa (2 poin). Tunjuklah Pensil dan Jam Tangan. Lalu minta ia menyebutkan nama kedua benda tadi.

READ:  Bolehkah Makan Pedas selama Hamil?

g. Tes Repetisi (1 poin). Minta ia mengulangi frase “jika tidak, dan, atau tetapi”.

h. Tes Kemampuan Mengikuti Instruksi yang Kompleks.

– Minta ia melaksanakan 3 tahap instruksi (3 poin). Misalnya, minta ia mengambil kertas menggunakan tangan kanan, lalu minta ia melipat kertas itu setengahnya, lalu minta ia meletakkan kertas itu di lantai.

– Dalam selembar kertas, tulislah “tutup mata Anda”, dan minta ia mengikuti instruksi ini (1 poin).

– Minta ia menulis 1 kalimat (1 poin). Kalimat itu harus mengandung kata benda dan kata kerja. Kalimat itu harus memiliki arti.

– Minta ia meniru desain geometris, misalnya pentagon overlapping (1 poin).

**

Demikianlah cara untuk mengetahui apakah orang terdekat Anda mengidap demensia atau tidak dengan menggunakan MMSE. Semoga artikel ini bermanfaat 🙂