Tips Mudah Belajar Bahasa Inggris Tanpa Biaya untuk Ujian Masuk Perguruan Tinggi

Belajar Bahasa Inggris Tanpa BiayaSelama ini Bahasa Inggris telah menjadi bahasa universal, merupakan bahasa yang dapat digunakan di kebanyakan negara yang tengah berkembang maupun negara maju.

Bahasa Inggris merupakan bahasa yang dipelajari oleh setiap negara di dunia. Kebanyakan universitas terkenal yang tersebar di berbagai belahan dunia pasti mengikutsertakan ujian Bahasa Inggris pada ujian masuknya.

Biasanya ujian Bahasa Inggris pada test perguruan tinggi berupa TOEFL atau Test of English as a Foreign Languange. Test TOEFL merupakan sebuah test yang bertujuan untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris seseorang.

Loading...

Jika ingin menguasai TOEFL, kita harus menguasai Bahasa Inggris terlebih dahulu.

Maka dari itu, banyak dari calon mahasiswa yang tengah mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian masuk perguruan tinggi yang mencari cara untuk menguasai Bahasa Inggris yang baik dan benar jauh sebelum kelulusan SMA. Ada yang menyewa tutor, ada yang mendaftarkan dirinya ke suatu lembaga pendidikan bahasa inggris, dan lain-lain.

Sebenarnya jika kita kreatif, kita tidak perlu mengeluarkan uang untuk sekedar menguasai Bahasa Inggris, banyak cara yang terkadang kita sepelekan, ternyata dapat membantu kita menguasai Bahasa Inggris.

READ:  Tips Mengatasi Rasa Malas ke Kampus

Berikut akan dijelaskan beberapa tips untuk menguasai Bahasa Inggris tanpa harus mengeluarkan biaya.

Komik Online

Di kalangan anak SMA, biasanya banyak yang memiliki hobi untuk membaca komik dan berpikir “Daripada menghabiskan uang saku untuk membeli komik lepas di toko buku, lebih baik membaca komik online yang hanya perlu menyiapkan kuota”.

Di Indonesia, kebanyakan situs komik online yang dibuka para remaja memiliki 2 bahasa, yaitu bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris.

Bagi kalangan remaja yang memiliki pemikiran kreatif, pasti ia akan memilih komik online dengan bahasa Inggris. Daripada merepotkan orang tua untuk menyewa tutor atau mendaftar di lembaga pendidikan bahasa Inggris, lebih baik membaca komik online dengan Bahasa Inggris yang dapat menghibur sekaligus untuk belajar.

Film

Saat ini, zaman sudah sangat canggih, banyak negara yang memproduksi film dengan tingkat edit tinggi yang dapat menarik perhatian kalangan remaja SMA. Kebanyakan anak SMA pasti banyak menyimpan berbagai film dengan bahasa Inggris di laptopnya.

Fokus kepada 2 hal yang berbeda itu merupakan hal yang sulit, jadi di sini terdapat 2 pilihan bagi para kalangan remaja yang gemar menonton film Hollywood dan menyimpan banyak file film di laptopnya.

READ:  6 Trik Memotivasi Anak Untuk Belajar Lebih Baik

Fokus kepada gambar dan lupakan subtitle atau fokus kepada subtitle dan gambar – tentu itu akan sangat membuat mata Anda pusing dan lelah. Metode ini dapat membantu proses listening yang juga diujikan pada tes TOEFL.

Media Sosial

Twitter, Facebook, Instagram, Path, Tumbler, Google +, Yahoo, Skype, dan lain-lain. Itu semua merupakan media sosial yang tengah marak digunakan para pelajar SMA zaman sekarang. Hal ini seharusnya dapat dimanfaatkan. Karena, di social media, berkumpul akun-akun dari berbagai penjuru dunia yang mayoritas di antaranya berbahasa Inggris.

Remaja yang kreatif seharusnya dapat memanfaatkan kesempatan ini, dimana ia dapat meraup 2 keuntungan yang disediakan oleh media sosial. Ia dapat mencari teman baru, dan ia juga dapat mempelajari bahasa Inggris.

Berkomunikasi dengan orang luar negeri yang berbahasa Inggris melalui media sosial tidaklah sesulit melakukannya secara langsung. Walaupun kita tidak menggunakan grammar yang benar, asal kita dapat menyampaikan apa yang ingin kita bicarakan kepada orang tersebut, mereka pasti mengerti.

READ:  4 Manfaat Belajar Bahasa Inggris

**

Itulah beberapa tips untuk menguasai bahasa Inggris tanpa harus mengeluarkan biaya. Pada metode-metoda yang tercantum di atas, menganjurkan para remaja untuk berani mencoba sesuatu yang baru dari yang biasanya mereka lakukan.

Mempelajari bahasa Inggris tidaklah sesulit yang diajarkan para guru killer yang ada di sekolah. Asal kita mau berpikir kreatif dan mencoba hal-hal baru, bahasa Inggris bukanlah lagi hal yang sulit.

Berani mencoba hal-hal baru membantumu sukses di masa depan, berani beda tidaklah salah, dan jangan cepat menyerah”. Selamat mencoba!