Resep Mudah Membuat Susu Kedelai Enak

Susu KedelaiSusu kedelai selain kaya akan manfaat juga bisa menjadi alternatif minuman sehat untuk keluarga anda. Dan ternyata tidak terlalu sulit lho untuk membuat susu kedelai sendiri di rumah.

Mau tahu cara membuat susu kedelai sendiri, berikut ini adalah resepnya.

1. Bersihkan

Terlebih dahulu, bersihkan kacang kedelai kira-kira 1/2 cup di bawah air yang mengalir. Jangan lupa, pilihlah kacang kedelai yang bagus. Anda bisa memilih kacang kedelai dengan melihat dari warna dan teksturnya.

Loading...

Kacang kedelai yang bagus memiliki warna biji yang cerah dan mengkilat. Teksturnya pun mulus. Tidak terlihat adanya keriput, pecah ataupun bercak-bercak. Jika dari awal anda sudah memilih kacang yang bagus, maka rasa susu yang di peroleh akan lebih enak.

2. Rendam

Setelah dibersihkan, rendam kedelai semalaman dalam wadah. Pastikan semua kacang kedelai terendam semua.

3. Tiriskan dan Giling

Saring, kemudian tiriskan kedelai yang sudah direndam. Selanjutnya giling kedelai menggunakan blender hingga teksturnya menjadi seperti bubur.

4. Masak Bubur Kedelai

Tuang bubur kedelai ke dalam panci dan tambahkan satu liter air. Hidupkan kompor dan aduk terus hingga mendidih. Didihkan hingga kurang lebih 15-20 menit sambil terus diaduk. Matikan kompor.

READ:  6 Khasiat Sehat Minum Susu Kedelai

5. Saring

Saringlah bubur melalui kain atau handuk tipis dan simpan cairan dalam mangkuk. Susu kedelai anda pun sudah jadi. Anda bisa menyimpannya di dalam lemari es.

6. Tambahan Rasa

Jika anda ingin susu kedelai terasa lebih enak, anda bisa tambahkan 1 atau 2 sdm gula, madu, sirup maple, ekstrak vanili jika anda suka. Tambahkan pula garam sebanyak 1/2 sdt biar terasa lebih gurih.

7. Smoothies

Alternatif penyajian lain yang bisa anda coba adalah dengan membuat smoothies susu kedelai. Anda bisa blender susu kedelai dan yogurt, kemudian tambahkan beberapa buah segar dan manis seperti pisang, mangga, ataupun apel.

8. Penyimpanan

Yang perlu diingat juga adalah jangan menyimpan susu kedelai terlalu lama, karena susu kedelai yang ada di kulkas hanya bertahan 3 hari saja.

**

Demikianlah cara membuat susu kedelai yang sehat dan bergizi. Dijamin sehat karena Anda tentu akan menjaga kebersihan selama pembuatan susu kedelai dan meminimalisir pemakaian bahan kimia. Selamat mencoba.