Perhatikan, Demam Bukanlah Suatu Penyakit!

DemamAnda mengalami kenaikan suhu pada tubuh Anda? Demam? Apakah Anda terbiasa berhubungan dan mengonsumsi obat-obatan kimia untuk menurunkan panas badan Anda?

Jika itu benar, ada baiknya jika Anda memutuskan hubungan spesial yang Anda miliki dengan “obat” tersebut, dan menjalin hubungan spesial yang lebih sehat dengan “Leukosit”.

Perlu diketahui, bahwa demam yang selama ini dikenal sebagai penyakit, ternyata bukanlah sebuah jenis penyakit. Demam hanyalah suatu proses pemberitahuan, bahwa tubuh telah diserang oleh benda-benda asing berupa virus, bakteri, atau kuman.

Mengapa Demam Terjadi?

Proses demam sendiri, merupakan proses dimana sel darah putih atau leukosit tengah berperang melawan benda-benda asing yang masuk ke tubuh dengan cara fagositosis atau menelannya.

Demam tinggi disebabkan oleh banyaknya benda-benda asing yang masuk ke tubuh, sehingga suhu tubuh meningkat. Hal ini dilakukan karena benda-benda asing yang menyerang tubuh tersebut akan melemah ketika suhu tubuh meningkat dan memudahkan sang leukosit untuk melakukan tugasnya.

Pentingnya Leukosit

Mari sedikit bermain dengan imajinasi. Bayangkan jika tubuh diibaratkan sebagai sebuah rumah besar nan megah yang memiliki sistem perawatan yang rumit.

READ:  Jangan Anggap Remeh Demam pada Bayi

Dan bayangkan jika Anda adalah seseorang dengan kekayaan melimpah yang memiliki rumah tersebut. Tentu Anda harus menyewa jasa pekerja yang mampu merawat dan menjaga rumah besar Anda seperti, pembantu rumah tangga, tukang kebun, dan satpam.

Pembantu rumah tangga, dan tukang kebun yang telah Anda pekerjakan akan melakukan tugasnya untuk merawat, merapikan, dan membersihkan rumah Anda agar tetap terlihat indah. Ketiga komponen tersebut kita anggap sebagai komponen-komponen yang ada pada tubuh kita seperti, sel darah merah, pembuluh darah, empedu, ginjal, dan lain-lain – yang berfungsi untuk melakukan proses metabolisme pada tubuh Anda.

Sedangkan satpam, di sini satpam diibaratkan sebagai leukosit atau sel darah putih yang berfungsi untuk menjaga dan melindungi tubuh Anda dari serangan benda-benda asing tak dikenal yang maenerobos masuk ke dalam sistem tubuh Anda.

Seperti halnya satpam yang akan menangkap MALING, PERAMPOK, dan teman-temannya yang mencoba masuk ke dalam rumah Anda.

Leukosit bertugas untuk memusnahkan benda-benda asing yang masuk ke dalam sistem tubuh Anda, proses pemusnahan yang dilakukan oleh leukosit adalah dengan menelan benda-benda asing tersebut atau disebut fagositosis dalam dunia kedokteran.

READ:  11 Langkah Merawat Bayi Demam

Proses pemusnahan benda-benda yang masuk ke dalam tubuh oleh leukosit akan menyebabkan suhu tubuh meningkat. Meningkatnya suhu tubuh atau demam biasanya menandakan bahwa virus, bakteri, dan kuman yang menyerang tubuh Anda ada dalam jumlah yang banyak, sehingga suhu tubuh meningkat dengan tujuan untuk melemahkan benda-benda asing tersebut.

Pada dasarnya, sang leukosit dapat melakukan tugasnya dengan baik dan benar tanpa bantuan obat-obatan kimia, namun kebanyakan dari kita terlalu tidak sabaran, terlalu egois, dan pada akhirnya banyak dari kita yang malah pergi ke apotek dan membeli obat-obatan tersebut.

Perlu diketahui bahwa sebenarnya, obat-obatan kimia tersebut malah melemahkan fungsi dari leukosit, yang pada akhirnya malah ikut melemahkan sistem imun tubuh. Yakin mau terus-terus meremehkan kemampuan yang dimiliki tubuh Anda?

Selain dirawat dengan baik, tubuh juga harus dimengerti dan dipercaya bahwa ia mampu untuk melakukan tugasnya dengan baik. Asal dirawat dengan baik, tubuh pasti bisa melakukan tugasnya dengan baik sehingga dapat melindungi Anda dari penyakit.

READ:  Zeolit, Agen Detoksifikasi Tubuh Secara Alami

Lagipula, terlalu banyak mengonsumsi obat-obatan kimia akan mengurangi elastisitas dari pembuluh darah, yang nantinya malah akan berakhir dengan menyempitnya pembuluh darah. Dan berakhir dengan tekanan darah tinggi atau hipertensi.