Manfaat Kesehatan Mengejutkan dari Es Krim

Manfaat Kesehatan Mengejutkan dari Es KrimEs krim biasanya tidak dikonsumsi untuk nilai gizi, namun ternyata ada beberapa manfaat kesehatan yang berhubungan dengan cemilan beku ini. Karena es krim adalah produk susu seperti susu atau yogurt, ia mengandung beberapa vitamin dan kandungan gizi yang sama.

Penting untuk membaca label nutrisi ketika memilih jenis es krim untuk dinikmati, guna memaksimalkan manfaat kesehatan dan meminimalkan resiko kesehatan yang biasanya terkait dengan es krim karena kalori tinggi, gula dan kandungan lemak jenuhnya.

Kalsium

Kalsium ditemukan dalam produk susu, seperti es krim, yang bermanfaat untuk tulang kuat dan sehat. Menurut Office of Dietary Supplements (ODS), 99 persen kalsium tubuh dapat ditemukan dalam tulang dan gigi dimana ia digunakan untuk membantu fungsi dan struktur. Asupan kalsium reguler dari es krim dan produk susu lainnya juga dapat mengurangi resiko osteoporosis.

Loading...

Selain itu, kalsium juga memainkan peran dalam penurunan berat badan. Penelitian telah menunjukkan hubungan antara penurunan berat badan dan pencegahan kenaikan berat badan dengan asupan harian kalsium yang memadai.

READ:  6 Tips dan Cara Mengatasi Bau Kaki

Michael Zemel, Ph.D, dari University of Tennessee, Knoxville, mengaitkan kurangnya kalsium dengan pembentukan hormon yang memproduksi lemak dan efek memperlambat pemecahan lemak yang menyebabkan kenaikan berat badan.

Protein

Seperti banyak produk susu, es krim merupakan sumber protein, suatu makronutrien yang penting bagi bagian tubuh seperti tulang, otot, darah, kulit dan tulang rawan.

Protein juga penting untuk memperbaiki dan membangun jaringan, sementara bagian-bagian tertentu dari tubuh, seperti rambut dan kuku, seluruhnya terbuat dari protein.

Karena protein tidak disimpan dalam tubuh, makanan dan diet suplemen dengan jumlah protein yang signifikan penting. Bila dimakan dalam jumlah sedang, es krim bisa menjadi salah satu dari banyak pilihan makanan untuk mengisi pasokan protein tubuh.

Mereka yang berolahraga secara teratur dapat menggunakan es krim sebagai camilan setelah latihan untuk membantu membangun otot dan pemulihan. Dengan menambahkan buah sehat, kacang-kacangan, sayuran dan suplemen makanan, es krim dapat menjadi shake atau smoothie setelah sesi latihan berat.

Vitamin

Es krim biasanya mengandung vitamin A, vitamin B2 dan vitamin B12, mikronutrien yang hanya dibutuhkan dalam jumlah kecil, tidak seperti protein.

READ:  Inilah 8 Alergi Teraneh yang Pernah Ada!

Vitamin A sangat penting bagi kesehatan kulit, metabolisme tulang dan fungsi kekebalan tubuh. Vitamin A juga sangat penting untuk retina, memaksimalkan fungsi mata untuk cahaya rendah dan visi warna.

Vitamin B2 dan B12 penting untuk metabolisme energi, memecah lemak, protein dan karbohidrat dalam tubuh. Penting untuk secara teratur mengganti vitamin B karena mereka larut dalam air dan tidak tersimpan dalam tubuh.

Sementara produk susu lain seperti susu mungkin menjadi sumber yang lebih baik, vitamin yang ditemukan dalam es krim adalah bagian dari manfaat kesehatan tambahan untuk cemilan beku ini. Label nutrisi pada kemasan es krim dapat membantu menentukan jumlah vitamin yang es krim jenis tertentu kandung dalam satu porsi.

Namun, waspadalah! karakteristik es krim yang sarat gula dan lemak jenuh, serta kandungan kalori yang tinggi, dapat meniadakan manfaat kesehatan dari es krim, dan dapat menyebabkan resiko kesehatan utama seperti diabetes, kolesterol tinggi, dan obesitas.

(foto: rockying.com)