5 Wisata Kuliner Khas di Pulau Kalimantan

Kuliner Khas di Pulau KalimantanMungkin di antara kita sudah banyak yang tahu apa saja kuliner Nusantara yang khas dari masing-masing daerah terutama dari Pulau Jawa dan Sumatera namun banyak yang belum tahu apa saja kuliner khas Pulau Kaliamantan.

Nah, berikut ini 5 Kuliner Khas Pulau Kalimantan yang dikutip dari perutgendut.com,  yang harus dicoba.

#1 Bubur Pedas

Bubur pedas adalah makanan khas suku Melayu Sambas, Kalimantan Barat. Bubur pedas terbuat dari beras yang ditumbuk halus dioseng dan kaya akan rempah serta sayuran, tidak heran jika bubur ini dinilai penuh gizi.

Sayuran seperti kangkung, pakis, daun kesum menjadi campuran yang menyehatkan. Belum lagi paduan gorengan kacang tanah plus ikan teri yang digoreng kering menambah citarasa.

#2 Soto Banjar

Soto Banjar adalah soto khas suku Banjar, Kalimantan Selatan dengan bahan utama ayam dan beraroma harum rempah-rempah seperti kayu manis, biji pala, dan cengkeh. Soto berisi daging ayam yang sudah disuwir-suwir, dengan tambahan perkedel atau kentang rebus, rebusan telur,  dan ketupat.

READ:  Menikmati Kekayaan Kuliner Lombok

Seperti halnya soto ayam, bumbu Soto Banjar berupa bawang merah, bawang putih dan merica, tapi tidak memakai kunyit. Bumbu ditumis lebih dulu dengan sedikit minyak goreng atau minyak samin hingga harum sebelum dimasukkan ke dalam kuah rebusan ayam.

Rempah-rempah nantinya diangkat agar tidak ikut masuk ke dalam mangkuk sewaktu dihidangkan.

#3 Juhu Umbut Rotan

Bumbu kuah umbut rotan terdiri dari kemiri, kunyit, lengkuas, bawang putih, bawang merah, dan garam. Rotan yang digunakan adalah rotan yang masih muda.

Cara memasak umbut rotan cukup sulit karena pertama-tama kita harus membersihkan duri yang menempel di umbut rotan. Lalu kulitnya dibuang dan bagian dalamnya yang agak lunak dipotong sesuai selera.

Kemudian, rotan direbus selama kurang lebih lima menit agar tidak terlalu keras sekaligus mengurangi rasa pahitnya. Saat dimakan, memang terasa sedikit rasa pahit, tapi tetap rasa gurihnya mendominasi.

#4 Bubur Gunting

Bubur yang satu ini berbahan dasar dari ketan. Minuman khas dari kalimantan timur ini dinamakan bubur gunting mungkin karena dari adonan yang dibentuk dengan cara dipotong-potong menggunakan gunting dan juga bentuknnya yang katanya mirip gunting.

READ:  4 Kuliner Khas Kota Makassar

Sedang untuk rasanya bubur gunting ini mirip dengan bubur sumsum yang biasa ada di Jawa dan banyak ditemukan dipasar tradisional

#5 Gence Ruan

Gence adalah nama untuk sambal goreng yang disiramkan di atas ikan bakar. Sedangkan haruan adalah referensi untuk ikan gabus dalam bahasa setempat.

Berbeda dengan ikan bakar yang lainnya, Gence haruan menampilkan sambal yang masih kasar (tidak dibuat dengan sambal yang halus). Ikan gabus yang dibakar lengkap dengan sisik sampai kehitaman akan memperkuat kesan “garang” dari sajian ini.

**

Demikianlah 5 kuliner khas Pulau Kalimantan yang tidak boleh dilewatkan jika berwisata ke Pulau Kalimantan.