5 Kondisi Medis Tak Bergejala yang Mengintai Tanpa Peringatan

Kondisi Medis Tak BergejalaSakit kepala, kelelahan, batuk kering dan rambut rontok.. kadang-kadang sakit ringan seperti nyeri sebenarnya merupakan tanda-tanda halus mengenai sesuatu yang lebih serius yang terjadi di dalam tubuh Anda.

Tapi apa yang terjadi jika Anda tidak menangkap sinyal atau tidak ada tanda sama sekali? Resiko mengembangkan kondisi tanpa gejala adalah sesuatu yang setiap orang perlu pertimbangkan ketika mengelola kesehatan mereka.

Nah, berikut adalah 5 kondisi medis tanpa gejala, dilansir dari Symptomfind.com:

1. Penyakit Jantung

Penyumbatan arteri adalah proses yang biasanya dimulai diam-diam. Terlebih lagi, tidak semua serangan jantung menghasilkan gejala. Myocardial Infarctions (MI) diam, atau serangan jantung diam, memiliki sedikit jika ada manifestasi.

Sekitar seperempat dari semua MI diam, menurut American Heart Association, dan ia lebih sering terjadi pada usia lanjut, pasien diabetes dan transplantasi jantung.

Kadang-kadang kelelahan, malaise atau dada terasa tidak nyaman dimulai pada hari-hari sebelum serangan jantung, jadi jika Anda atau orang yang dicintai beresiko dan mengalami gejala ringan, jangan diabaikan dan panggil dokter segera.

2. Kanker Usus

Kanker kolorektal atau kanker usus besar yang tidak terdiagnosis, juga disebut sebagai “silent killer” karena orang sering tidak mengalami indikasi penyakit sampai kanker telah berkembang, nyeri perut atau tinja berdarah merupakan gejala tahap akhir.

READ:  8 Efek Minuman Bersoda Terhadap Kesehatan

Dan jika tidak ditangani, ia dapat tumbuh melalui dinding usus dan menyebar ke bagian lain dari tubuh seperti hati dan paru-paru, menurut National Institutes of Health. Namun,kanker ini sangat dapat disembuhkan jika didiagnosis lebih awal.

Penyebab pasti kanker usus besar masih belum diketahui, tetapi dokter telah menemukan bahwa ia sering dimulai sebagai pertumbuhan non-kanker yang disebut polip pada lapisan usus besar.

Seperti tahap awal kanker usus besar, polip usus besar juga tidak menghasilkan gejala apapun, itulah sebabnya mengapa skrining rutin seperti kolonoskopi sangat penting dalam mendeteksi atau mencegah penyakit.

3. Pradiabetes

Pradiabetes berarti kadar gula darah pasien lebih tinggi dari normal tetapi tidak cukup tinggi untuk disebut diabetes tipe 2. Orang dengan diabetes tipe 2 hampir selalu memiliki pradiabetes awalnya.

Itu bisa berbahaya karena kadar glukosa yang tinggi merusak organ dari waktu ke waktu dan meningkatkan resiko pasien untuk penyakit jantung.

Menurut American Diabetes Association, dalam beberapa kasus, orang dapat mengembangkan kondisi yang disebut acanthosis nigricans – area gelap pada kulit, terutama di sekitar leher, ketiak, siku, buku-buku jari dan lutut – yang mungkin mengindikasikan peningkatan resiko.

READ:  Daftar Buah Terbaik Untuk Sarapan

4. Kanker Paru-Paru

Satu dari empat orang dengan kanker paru-paru sama sekali tidak menunjukkan gejala ketika kanker ini didiagnosis, menurut National Cancer Institute.

Dua tanda menipu dari kanker paru-paru adalah batuk kering berulang atau sesak napas, dan sering salah diidentifikasi sebagai gejala kondisi lain seperti bronkitis. Selain itu, mengi atau suara serak mungkin menandakan kanker paru-paru.

Centers for Disease Control and Prevention menyatakan bahwa kanker paru-paru adalah penyebab utama kematian akibat kanker. Meskipun tidak ada cara untuk mencegahnya, Anda dan orang yang Anda cintai dapat mengurangi resiko, terutama dengan menghindari penggunaan tembakau.

5. Ketidaksuburan

Kesuburan alami menurun seiring pertambahan usia. Beberapa wanita infertil mungkin memiliki periode yang abnormal atau tidak teratur, dan beberapa pria infertil mungkin mengalami masalah yang berhubungan dengan hormon seperti perubahan dalam pertumbuhan rambut atau dorongan seksual.

Kadang-kadang seorang dokter endokrinologi atau keluarga dapat mengingatkan Anda untuk kemungkinan masalah kesuburan, terutama jika Anda atau pasangan Anda menderita kondisi kesehatan lainnya, termasuk obesitas atau endometriosis.

READ:  9 Khasiat Minum Beras Kencur

Dalam banyak kasus infertilitas, tidak ada petunjuk sampai pasangan mengalami kesulitan hamil. Saran mengenai gaya hidup untuk pria dan wanita termasuk menghindari tembakau, obat-obatan dan alkohol yang berlebihan.

**

Jika salah satu dari lima kondisi tanpa gejala tersebut turun-temurun dalam keluarga Anda, pastikan Anda mendapatkan perawatan medis yang teratur dan mencatat bahkan walau hanya sedikit perubahan dalam kesehatan Anda.

Kesadaran memainkan peran kunci dalam mencegah dan mengobati berbagai kondisi tanpa gejala.