Cara Membersihkan Karang Gigi Secara Aman

Cara Membersihkan Karang GigiPerlu sekali kita apalagi para wanita untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, karena dengan gigi dan mulut yang sehat akan menyebabkan napas wangi dan gigi putih berkilat, penampilan Anda sebagai wanita akan terlihat sempurna.

Disamping itu kesehatan organ tubuh ini sangat penting pengaruhnya terhadap kondisi sehat organ tubuh yang lain terutama di bagian kepala.

Menurut World Health Organization (WHO), pada tahun 2012, kurang lebih 60-90 persen penduduk dalam satu negara pernah terjangkit penyakit gigi dan mulut dari gigi berlubang, sariawan hingga masalah warna gigi kuning/cokelat dan timbulnya karang gigi.

Bagaimana menjaga gigi tetap sehat terutama untuk penampilan yang sempurna ? Beberapa hal di bawah ini perlu dilakukan :

1). Gosok gigi secara rutin

Gosoklah gigi Anda secara rutin sekurang-kurangnya dua kali dalam sehari dengan menggunakan sikat gigi yang tepat (berbulu lembut) dan pasta gigi terutama yang mengandung fluoride cukup.

Gosoklah gigi Anda sehabis makan pagi dan sebelum tidur. Jangan lupa memperhatikan teknik sikat gigi yang baik dan benar yaitu menjangkau ke seluruh permukaan gigi, atas/bawah dan arah dalam keluar gigi.

READ:  Gigi Sehat, Jantung Sehat?

2). Berkumur dengan obat kumur

Sekali dalam seminggu, Anda dapat berkumur dengan obat kumur. Ini berfungsi sebagai obat untuk membantu dan mencegah terjadinya plak dan karang gigi.

3). Pemutih gigi

Berhati-hati terutama di dalam menggunakan pemutih gigi.

4). Kurangi konsumsi makanan berkadar gula tinggi

Kurangi mengkonsumsi makanan dengan kadar gula tinggi seperti permen. Karena sisa-sisa makanan terutama berjenis gula-gula yang melekat pada gigi dapat merusak gigi tersebut.

Sering-seringlah makan buah dan sayur segar yang dapat membantu membersihkan gigi dari dalam tubuh seperti apel, wortel atau seledri. Kurangi mengkonsumsi anggur merah, kopi dan teh yang dapat menyebabkan warna gigi berubah kusam.

5). Rokok

Berhenti atau kurangi merokok.

6). Pemeriksaan  rutin ke dokter gigi

Sekali waktu (6 bulan sekali), lakukan pemeriksaan secara rutin ke dokter gigi.

**

Sebagaimana telah diketahui bahwa fungsi gigi tidak hanya untuk mengunyah makanan supaya saat makanan tersebut masuk ke saluran pencernaan, mudah untuk dicerna, namun juga dapat berfungsi sebagai keindahan.

READ:  Tips Sehat Dengan Brokoli

Perawatan gigi yang kurang disiplin menyebabkan fungsi keindahan kurang sempurna sehingga dapat menimbulkan plak dan karang gigi tertimbun di permukaan gigi sehingga warna gigi berubah.

Plak gigi terbentuk dari air ludah dan sisa makanan, terutama yang banyak mengandung karbohidrat seperti roti dan cokelat. Plak gigi tidak baik untuk kesehatan gigi karena mengandung kuman yang dapat menyerang gigi dan gusi, sehingga terjadilah sakit gigi atau fungsi keindahan gigi hilang.

Oleh karena itu, berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan gigi sehat, putih dan indah. Ada yang natural seperti langkah-langkah sederhana di atas dan ada yang instant seperti dengan perawatan seorang dokter gigi, tinggal Anda memilih mana yang akan dilakukan, keduanya dapat membantu mewujudkan gigi yang sehat dan bersih.