7 Cara Menghindari Akrilamida dalam Makanan

Akrilamida dalam MakananAkrilamida adalah zat beracun yang terbentuk ketika makanan yang mengandung karbohidrat sederhana dan asam amino asparagin dimasak bersama-sama pada suhu tinggi.

Sebuah pernyataan oleh European Food Safety Agency mengatakan bahwa akrilamida dalam makanan, dapat bersifat karsinogenik (berpotensi menyebabkan kanker) atau genotoksik (dapat merusak materi genetik dari sel).

Akrilamida sangat tidak sehat. Sayangnya, jika Anda menggoreng, memanggang, membakar roti atau makanan jenis tertentu, atau makan versi olahan yang sudah jadi, akan cukup sulit untuk menghindari akrilamida sepenuhnya.

Keripik kentang, kentang goreng, roti bakar dan panggang, makanan karbohidrat panggang atau bakar lainnya adalah yang paling mungkin mengandung akrilamida. Lebih lama dimasak atau dibakar, kadar akrilamidanya semakin tinggi.

Berikut adalah 7 cara meminimalkan paparan akrilamida dalam makanan, dilansir dari Healthambition.com:

1. Kurangi konsumsi french fries dan potato chips

Keduanya merupakan makanan sampah, merusak kesehatan dan sama sekali tidak memiliki kualitas nilai gizi. Faktanya, kentang goreng yang dibuat sekarang ini, mungkin menjadi musuh serius bagi sebagian besar penggemukan dan menjadi makanan populer yang tidak sehat.

READ:  Tips Mengatasi Bau Pada Ketiak

2. Hindari memasak roti hingga gosong

Turunkan waktu pemanggangan roti sehingga roti tersebut hanya terpanggang. Jika sampai hangus, kikis atau buang saja. Bahkan jika Anda tidak memanggang roti Anda, keraknya mungkin mengandung tingkat tertinggi akrilamida.

3. Penyimpanan kentang

Simpan kentang di tempat yang dingin dan gelap, jika Anda ingin memanggang atau menggorengnya. Ini dapat membantu menghentikan pembentukan gula sederhana, prekursor untuk pembentukan akrilamida, terlalu banyak.

Perendaman dan kemudian pengeringan kentang sebelum menggunakannya juga dapat membantu untuk menghilangkan beberapa kandungan gula.

Penelitian menunjukkan bahwa merebus atau mengukus kentang tampaknya tidak menghasilkan akrilamida seperti saat memanggang atau menggorengnya. Ini adalah cara yang sehat untuk memasak sayuran akar, terutama mengukus yang juga mempertahankan sebagian besar nutrisi.

4. Pilih ground coffee yang lebih ringan dan segar

Kopi panggang instan telah terbukti memiliki tingkat akrilamida yang sangat tinggi. Hindari dan pilihlah alternatif kopi lainnya yang lebih sehat.

5. Berhenti merokok

Ini mungkin salah satu cara yang sulit untuk mengurangi asupan akrilamida, tapi fakta menyatakan bahwa bahan kimia beracun ini telah ditemukan dalam asap rokok (diakui bersama dengan puluhan bahan kimia beracun lainnya, banyak diantaranya yang bahkan lebih buruk).

READ:  9 Makanan Super Melawan Lemak

6. Hindari makanan yang terlalu cokelat dan matang

Terutama jika Anda memanggang, membakar atau menggoreng makanan karbohidrat seperti kentang atau gandum. Bisakah suhunya diturunkan sedikit? Semakin lama waktu memasak dan semakin tinggi suhunya, semakin potensial akrilamida akan terbentuk.

7. Ambil N-acetyl-cysteine

Suplemen N-acetyl-cysteine, yang juga membantu mengisi kadar antioksidan glutathione alami Anda, mungkin memiliki efek perlindungan spesifik terhadap akrilamida dalam makanan, menurut beberapa studi pada hewan. Mengambilnya dapat membantu meminimalkan potensi kerusakan.

Tetapi perlindungan terbaik adalah untuk mengurangi asupan makanan olahan atau makanan yang digoreng, dipanggang, dan menggantinya dengan alternatif yang lebih baik, seperti sayuran kukus lebih banyak dalam makanan Anda, dan kacang-kacangan, biji-bijian dan buah-buahan sebagai camilan.