9 Tips untuk Tidur Berkualitas selama Masa Kehamilan

Tips untuk Tidur BerkualitasBagi seorang wanita yang sedang hamil, terkadang sangat sulit untuk mendapatkan istirahat malam yang baik dan berkualitas. Terutama pada trimester akhir kehamilan, ibu hamil akan dihadapkan dengan tantangan baru yaitu masalah saat tidur.

Alasan paling umum yang menyebabkan Anda kurang tidur selama kehamilan adalah tidak lain karena peningkatan ukuran janin. Seiring dengan meningkatnya ukuran perut, butuh waktu untuk membiasakan diri guna mendapatkan tidur yang lebih nyaman.

Gejala fisik paling umum yang mengganggu aktivitas tidur ibu hamil adalah meningkatnya kebutuhan buang air kecil di malam hari, perubahan emosi selama kehamilan, meningkatnya kantuk di siang hari, kram, serta ketidaknyamanan pada perut.

Berkembang fakta penting lain yang tidak bisa diabaikan bahwa ibu hamil membutuhkan banyak tidur pada malam hari yang bermanfaat bagi kebaikan dirinya dan bayi dalam kandungan.

Ada begitu banyak perubahan hormonal dan emosional yang menyebabkan Anda tidak bisa memiliki tidur yang berkualitas di malam hari.

Maka dari itu, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda mengatasi masalah tidur dan membantu Anda mendapatkan tidur yang lebih baik selama masa kehamilan.

READ:  Cara Menyanggul Rambut Pengantin Dengan Gaya Messy Braid Updo

Gunakan tambahan bantal

Saat akan tidur, sebaiknya gunakan tambahan bantal untuk menopang punggung dan perut Anda. Letakkan juga bantal di antara kedua kaki Anda.

Lewatkan tidur di siang hari

Ibu hamil terkadang lebih sering merasakan kantuk pada siang hari, terutama pada trimester pertama. Namun, tidur di siang hari akan membuat Anda menjadi lebih sulit untuk tidur di malam hari.

Jadi, jika Anda merasa tidak benar-benar mengantuk, ada baiknya untuk menghindari tidur di siang hari.

Mengatasi stres

Saat hamil, peningkatan stres dan kecemasan akan semakin tinggi. Hal ini dapat mengakibatkan insomnia. Jadi, sangat penting untuk mengatasi stres sehingga tidak mengganggu tidur Anda.

Cobalah untuk melakukan meditasi atau berbicara dengan kawan atau orang yang dapat membuat Anda merasa nyaman. Hal ini dapat membantu Anda mengatasi stres.

Perhatikan apa yang Anda makan

Mengkonsumsi segelas susu hangat sebelum tidur akan sangat bermanfaat selama masa kehamilan Anda. Makanlah makanan yang mengandung karbohidrat tinggi seperti roti yang akan membantu dalam memperbaiki kualitas tidur Anda.

READ:  Kenali 8 Kebiasaan Buruk Sebelum Tidur

Makanan yang kaya protein juga dapat membantu Anda untuk menyingkirkan sakit kepala serta menghindarkan mimpi buruk.

Batasi mengkonsumsi cairan

Anda dan bayi Anda membutuhkan banyak air. Jadi, konsumsilah banyak air sepanjang hari. Namun sebaiknya Anda mencoba untuk membatasi mengkonsumsi cairan di malam hari sehingga kandung kemih Anda tidak penuh di malam hari.

Hal ini dilakukan untuk mencegah dorongan keseringan buang air kecil di malam hari dan membantu Anda untuk tidur lebih nyenyak.

Mandi air hangat

Isilah bak mandi Anda dengan air hangat dan berendamlah ke dalamnya sebelum tidur. Namun pastikan agar air tidak terlalu panas.

Air hangat akan memberikan relaksasi yang dibutuhkan otot Anda dan membantu dalam menenangkan kram. Anda pasti akan mendapatkan tidur yang lebih baik setelah mandi air hangat.

Mengatur jadwal tidur tubuh Anda

Anda harus sangat berhati-hati dalam mengatur jadwal tidur Anda selama kehamilan. Jadi, jangan takut untuk melewatkan acara favorit Anda di televisi dan pastikan untuk tidur lebih awal. Ini membantu Anda untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

READ:  Tips Agar Bisa Tidur Nyenyak

Hindari Junk Food

Jika Anda ingin mendapatkan tidur yang lebih baik pada malam hari, maka Anda harus membiasakan diri untuk menghindari junk food. Mengunyah beberapa kerupuk ringan atau buah-buahan lebih disarankan untuk ibu hamil.

Hindari asap rokok

Tentu saja, Anda tidak diperbolehkan untuk merokok jika Anda sedang hamil. Jika di rumah Anda ada seorang perokok, mintalah mereka untuk tidak merokok di dalam rumah.

Asap rokok tidak hanya berpengaruh buruk pada tidur Anda, tetapi juga sangat berbahaya bagi kesehatan Anda dan bayi Anda.