6 Tips Mendekorasi Kamar Bayi

Mendekorasi Kamar BayiKehadiran seorang bayi dalam kehidupan Anda dan pasangan dapat dikatakan sebagai sebuah peristiwa yang sangat membahagiakan. Anda dan pasangan akan merasa sangat bahagia dan kehidupan Anda secara langsung akan berubah.

Dengan memiliki seorang bayi banyak hal yang harus Anda persiapkan, mulai dari nama, pakaian, bahkan sampai kamar bayi juga akan sangat membuat Anda merasa antusias.

Nah, untuk Anda yang masih bingung bagaimana mendekorasi kamar tidur buah hati Anda, berikut akan kami bagikan beberapa tips mendekorasi kamar bayi yang akan membuat bayi merasa lebih nyaman selama berada di kamar tersebut.

1. Gunakan Warna yang Lembut

Menggunakan warna wallpaper yang lembut dapat menjadi salah satu langkah awal Anda mendekorasi kamar bayi Anda. Beberapa corak warna lembut seperti pink, biru, atau hijau dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan Anda.

Jika Anda belum mengetahui jenis kelamin dari bayi Anda, sebaiknya pilih warna yang netral seperti cream, atau kombinasikan beberapa warna yang pastinya tetap dengan pemilihan warna yang lembut dan muda.

READ:  Aplikasi iPhone Terbaik Untuk Ibu Hamil

Tetapi jika Anda sudah mengetahui jenis kelamin dari bayi Anda, untuk bayi perempuan biasanya cenderung lebih memilih warna pink lembut dan untuk bayi laki-laki biasanya warna biru muda.

2. Dekorasi

Untuk dekorasi kamar bayi, Anda dapat lebih menggunakan imajinasi dan kreatfitas bersama pasangan. Anda dapat menyesuaikan dengan jenis kelamin bayi. Tambahkan juga beberapa jenis gambar lucu dan pigura unik untuk lebih menambah kesan pada kamar bayi Anda.

3. Tempat Tidur Bayi

Bukan hanya suasana kamar yang penting untuk bayi Anda, malainkan tempat tidur yang akan digunakannya.

Meskipun kebanyakan dari Anda lebih memilih untuk tidur bersama bayi saat malam hari, tetapi menyiapkan tempat tidur dalam kamar bayi juga dapat dikatakan perlu karena saat bayi sudah berusian 1 tahun, maka tempat tidur akan sangat dibutuhkan untuk melatihnya tidur sendiri.

Pilih jenis tempat tidur yang memiliki batasan pada pinggirnya yang dapat dibuka tutup. Ini akan menjaga bayi tetap aman selama ditinggal dalam kamar.

4. Meja Ganti

Di samping tempat tidur, tempat santai atau sebuah kasur yang dapat digunakan untuk mengganti popok atau mendandani bayi setelah mandi juga penting untuk berada dalam kamar bayi.

READ:  Obesitas Pada Anak dan Komplikasinya

Memilih meja ganti yang memiliki rak juga dapat digunakan sebagai fungsi untuk meletakkan bedak, minya telon, pampers, perlengkapan mandi bayi Anda dan handuk.

5. Pemilihan Bahan

Saat mendekorasi kamar bayi, pastikan untuk memilih barang atau benda yang akan disimpan pada kamar memiliki bahan yang mudah dibersihkan.

Saat bayi beranjak besar, kamarnya akan berubah menjadi tempat bermainnya yang pastinya akan sedikit berantakan dan kotor.

6. Penataan Cahaya

Penataan cahaya juga sangat penting untuk kamar bayi. Kamar bayi, sebaiknya memiliki pencahayaan yang cukup saat pagi dan siang hari dan pemilihan bohlam lampu yang cukup untuk malam hari.

Penggunaan lampu tidur saat malam hari akan membuat bayi lebih nyenyak tidur saat malam hari dibandingkan mematikan lampu atau menyalakan lampu.

**

Demikian beberapa tips yang dapat menjadi bahan pertimbangan Anda dalam mendesain kamar bayi untuk membuatnya tetap merasa nyaman. Hindari meletakkan banyak barang, karena akan membuat kamar terlihat seperti gudang dan terasa pengap.

Rajinlah membersihkan kamar bayi setidaknya 2 kali seminggu untuk menghindari bayi terkena beberapa jenis penyakit akibat debu. Semoga bermanfaat.