6 Tips Merawat Tangan

Oleskan lotion agar kulit tangan tidak keringOleskan lotion agar kulit tangan tidak kering

Tangan mencerminkan bagaimana Anda memperlakukan diri Anda sendiri. Tangan yang indah akan membuat kepribadian Anda jadi lebih mengesankan. Berikut adalah beberapa tips mengenai perawatan tangan.

1. Jangan biarkan kulit tangan atau telapak tangan Anda kering. Tangan yang lembab akan mencegah munculnya guratan halus atau keriput. Bilas tangan yang telah dicuci dengan sabun lalu gosok telapak tangan dengan garam mandi selama beberapa saat. Bilas lagi dan keringkan. Setelah itu, oleskan hand cream atau lotion khusus tangan agar kulit tangan lebih lembab dan mencegah terjadinya kekeringan.

Loading...

2. Sebelum beraktivitas di luar ruangan, gunakan lotion tabir surya khususnya di bagian lengan dan tangan. Hal ini mencegah rusaknya kulit akibat paparan sinar matahari yang berlebihan. Selain itu ada cara lain dengan mencampur gliserin, air perasan jeruk lemon dan air mawar. Pijat tangan dengan menggunakan campuran tersebut 3 kali seminggu.

3. Terlalu sering berganti warna cat kuku tentunya mempengaruhi kondisi kesehatan kuku. Terlalu cuek dalam merawat kuku bisa membuat kuku jadi pecah-pecah dan nampak kusam. Tips paling utama adalah jangan pernah menggunting atau memotong kutikula kuku, apalagi menggigitnya. Selain akan mengakibatkan jari infeksi, kuku yang terlalu sering digigit akan membuat kuku tumbuh tidak rapi (bentuknya tidak cantik lagi). Rendam kuku dalam minyak zaitun hangat selama kurang lebih 20 menit. Ini akan membuat kuku jadi lebih lembab. Bila kuku Anda kotor, rendam dalam air hangat yang telah dicampur dengan beberapa sendok makan air perasan jeruk lemon selama beberapa menit sebelum dibilas dan gunakan pelembab setelah kuku dikeringkan dengan handuk. Hindari penggunaan aseton karena hanya akan membuat kuku jadi semakin kering.

READ:  Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Melon Bagi Tubuh

4. Bawa hand cream atau krim khusus tangan kemanapun Anda pergi. Oleskan ke tangan setiap kali Anda merasa kulit tangan kering.

5. Usahakan agar selalu menggunakan sarung tangan ketika Anda melakukan aktivitas berkebun atau mencuci piring agar tangan tidak kering terkena sabun cair pencuci piring.

6. Tepung maizena dapat membersihkan dan melembutkan tangan, sehingga Anda dapat menggunakannya secara ekstensif. Gosok tepung maizena di tangan jika Anda merasa tangan sangat berminyak.

(photo: sheknows.com)