Pertolongan Pertama jika si Kecil Panas dan Demam

Pertolongan Pertama jika Anak PanasMusim pancaroba sering menjadi penyebab datangnya berbagai penyakit terutama pada anak-anak kecil/balita. Peralihan musim dari musim hujan ke musim kemarau atau sebaliknya, juga memaksa tubuh harus kuat beradaptasi.

Salah satu penyakit yang sering muncul dari peralihan musim ini adalah sakit panas atau demam. Hal ini membuat para ibu khawatir terutama terhadap anak-anak mereka. Sehingga membuat mereka memutuskan untuk segera membawa si kecil ke dokter terdekat.

Sebenarnya panas/demam pada anak adalah hal biasa terjadi apalagi di usia balita, jadi orang tua tidak perlu terlalu panik. Ada banyak hal dapat dilakukan sebagai antisipasi orang tua terutama para ibu, ketika melihat anak mereka terserang panas/demam.

Tips berikut ini dapat dipakai sebagai pertolongan pertama bila anak demam:

1). Kompres

Hal paling mudah dilakukan oleh para ibu adalah dengan mengompres kepala si kecil.

2). Obat penurun panas

Beberapa jenis obat penurun panas tanpa resep dokter boleh dipakai sebagai penolong pertama, banyak tersedia di apotek maupun di warung-warung kelontong. Tapi harus diingat agar jangan sampai berlebihan dalam memberikan obat penurun panas/demam kepada anak.

READ:  Manfaat Tahu dan Variasi Penyajiannya

3). Ukur suhu badan

Kontrol suhu badan anak dengan alat termometer, untuk mengetahui kepastian bahwa anak Anda memang terserang penyakit demam. Batasan terpenting adalah ketika demam anak mencapai 38,5 derajat celcius.

Letakkan alat di ketiak, dubur atau mulut anak. Pengukuran dengan alat ini dapat dilakukan setiap 4 jam sekali.

4). Hindari memakai pakaian tebal

Sebaiknya hindarkan anak memakai pakaian tebal atau selimut tebal karena dapat menghambat penyaluran panas dari dalam tubuh. Pakaikan baju yang nyaman pada si kecil agar panas anak bisa keluar.

5). Minum air

Minum air secukupnya atau minuman seperti jus dan kuah/sayuran dapat membantu anak terhindar dari dehidrasi. Sedangkan bagi bayi, beri asi sesering mungkin.

Bujuk anak supaya tetap mau makan. Berikan makanan yang mereka mau tetapi tetap memperhatikan kesehatan sehingga gampang dicerna oleh tubuh.

6). Tidur/beristirahat yang cukup

Dengan istirahat yang cukup bisa menolong Anda untuk memulihkan kesehatan anak. Jika suhu anak semakin tinggi apalagi sampai menimbulkan kejang, segera bawa ke dokter.

READ:  Tips Agar Lancar Menjalani Proses Persalinan

7). Pengobatan tradisional

Untuk pengobatan tradisional, bisa diberikan madu dingin kepada anak. Madu dingin adalah campuran segelas air dingin dengan beberapa sendok madu murni. Aduk yang rata, setelah itu berikan kepada anak.

**

Beberapa langkah sederhana di atas dapat dipakai sebagai pertolongan pertama dalam mengobati panas/demam pada anak. Apabila dalam beberapa hari panas/demam tidak sembuh maka cara terbaik adalah bawa segera anak Anda dan konsultasikan kepada pelayanan kesehatan/dokter terdekat.

Mudah-mudahan dengan rutin, penuh ketelatenan, kesabaran dan disertai doa, panas/demam pada anak bisa diobati secara alami tanpa perlu pengobatan khusus.