10 Tanda Peringatan Penyakit Parkinson

10 Tanda Peringatan Penyakit ParkinsonPenyakit Parkinson adalah gangguan progresif dari sistem saraf pusat yang mempengaruhi keterampilan motorik.

Gejala yang paling umum ialah tremor (gemetaran), tetapi dapat menyebabkan beberapa gejala ringan awal lainnya, yang semuanya bisa sangat menipu dan keliru untuk penyakit lain.

Tanda dan gejala secara bertahap memburuk dari waktu ke waktu saat penyakit berkembang. Pada tahap awal, gejala dapat termasuk kekakuan, depresi dan kurangnya ekspresi wajah. Jika Anda mengalami salah satu dari tanda-tanda dan gejala berikut tanpa penyebab logis lainnya, bicaralah dengan dokter Anda, dilansir dari SymptomFind.com.

Depresi

Jika Anda mengamati adanya perubahan nyata dalam suasana hati atau perubahan perilaku pada seseorang yang Anda cintai, itu bisa jadi bendera merah. Depresi merupakan salah satu tanda awal penting dari penyakit Parkinson yang tidak sering dikaitkan dengan penyakit.

Tentu saja, depresi dan kecemasan dapat terjadi karena beberapa penyebab.

Kedutan

Jari yang berkedut tak terkendali dapat menjadi prekursor untuk tremor yang lebih jelas, yang merupakan karakteristik dari penyakit Parkinson.

READ:  Teh Pu-Erh, Manfaat dan Efek Samping

Tulisan tangan kecil

Perubahan karena penyakit Parkinson dapat mengubah tulisan tangan Anda, menyebabkan Anda menulis lebih kecil. Hal ini dapat disebabkan oleh gangguan lain, tetapi menulis kurang besar dan sedikit ruang antara karakter dan kata-kata adalah tanda penyakit Parkinson yang disebut micrographia.

Indera penciuman berkurang

Anda mungkin mengalami kesulitan mencium, bahkan makanan berbau tajam seperti pisang dan licorice sekalipun, jika Anda sesak karena pilek atau alergi. Tapi perubahan dalam kemampuan Anda untuk mencium, bahkan ketika hidung Anda tidak tersumbat, bisa menjadi gejala dari penyakit Parkinson.

Masalah tidur

Jika Anda biasanya tidur dengan tenang, namun lalu sering menendang dan bahkan jatuh dari tempat tidur saat sedang tidur nyenyak, waspadalah! Individu dengan penyakit Parkinson juga sering memiliki restless leg syndrome (sindrom kaki gelisah).

Kekakuan

Sendi dan otot sakit dan terasa kaku dapat menjadi bagian normal dari penuaan, tetapi juga bisa menjadi indikator penyakit Parkinson. Lihat jika kekakuan Anda tidak pergi dengan pergerakan yang meningkat atau tangan Anda tidak lagi berayun alami saat Anda berjalan.

READ:  10 Cara Cepat Atasi Sakit Kepala

Sembelit

Kesulitan dalam pergerakan usus dapat dikaitkan dengan perubahan diet, obat-obatan tertentu atau tidak memiliki cukup serat atau air dalam sistem anda. Tetapi banyak orang dengan penyakit Parkinson juga meregang saat buang air besar.

Berbicara lembut

Banyak orang mulai berbicara keras ketika usia mereka bertambah karena pendengaran yang memburuk. Tapi berbicara lebih lembut atau terdengar sedikit serak bisa menjadi tanda peringatan awal penyakit Parkinson.

Pusing

Pingsan atau merasa pusing ketika Anda mencoba untuk berdiri dapat disebabkan oleh tekanan darah rendah, kondisi yang terkait dengan penyakit Parkinson.

Kurangnya ekspresi wajah

Orang yang menderita penyakit Parkinson memiliki kondisi yang disebut ‘masking,’ yang menyebabkan tampak lebih serius, tidak tersenyum dan tidak mengedipkan mata sesering biasanya.

Jika Anda mengalami beberapa tanda kemungkinan penyakit Parkinson, berkonsultasilah dengan dokter. Diagnosis dini dan pengobatan dapat membantu memperlambat perkembangan penyakit Parkinson dan mengontrol gejala.