Tips Memilih Perhiasan dan Aksesoris Antik

Memilih Perhiasan dan Aksesoris AntikMenggunakan aksesoris unik, vintage atau aksesoris mahal telah menjadi tren akhir-akhir ini.

Tetapi untuk mencari, membeli dan memilih barang atau aksesoris antik itu sendiri bukan cara yang mudah yang dapat dilakukan hanya dengan berjalan dari satu toko ke toko antik lainnya dan dapat mengambil serta memilih sesuka hati.

Banyak hal yang penting dan perlu untuk diperhatikan sebelum membeli sebuah aksesoris antik.

Loading...

Nah, untuk Anda pecinta atau penggemar pengumpul aksesoris barang antik atau vintage, berikut akan kami beri beberapa tips cara yang dapat dijadikan sebagai panduan dalam memilih beberapa jenis barang antik.

1. Verifikasi Tempat Penjualan

Hubungan Anda dengan penjual menjadi salah satu faktor yang dapat dikatakan berpengaruh saat akan membeli barang antik. Banyaknya barang antik palsu yang dijual di luar toko asli dapat menjebak Anda saat tergoda dengan harga barang murah yang ditawarkan dengan kualitas barang yang palsu.

Membeli barang antik secara online juga perlu berhati-hati, karena banyaknya penipuan yang biasanya mengatasnamakan sebuah perusahaan barang antik terkenal tetapi barang yang dijual ternyata palsu.

Karena itu langkah awal yang sangat penting untuk Anda lakukan yaitu memastikan barang antik atau langkah yang Anda inginkan benar-benar berada pada toko yang telah tererifikasi dan terpercaya.

READ:  4 Hal yang Perlu Anda Khawatirkan Saat Menggunakan Pewarna Kuku 

2. Memeriksa Kondisi Barang

Saat Anda membeli perhiasan antik untuk dijadikan sebagai investasi atau bertujuan untuk menggunakannya dalam sebuah acara besar maka sangat penting untuk memastikan kondisi dari barang tersebut sebelum membeli.

Salah satu karakteristik atau ciri dari aksesoris antik yaitu seperti namanya antik jadi dapat dipastikan aksesoris tersebut tidak terlihat baru tetapi bukan berate dalam kondisi cacat, tergores, atau retak.

Meskipun tidak terlihat baru, jangan menganggap aksesoris antik terlihat seperti barang biasa karena tidak memancarkan sinar, melainkan aksesoris jenis inilah yang memiliki nilai jual yang tinggi.

3. Perhatikan Tanda dan Stempel Pada Aksesoris

Semua jenis aksesoris dan perhiasan antik dibuat sebelum tahun 1950 sehingga dapat dikategorikan sebagai barang antik dan langka. Perhiasan pada tahun tersebut diketahui memiliki sebuah tanda atau sebuah ukiran pada setiap model dari perhiasan atau aksesoris yang tidak dapat dijiplak meskipun menggunakan mesin berteknologi tinggi.

Gunakan kaca pembesar untuk mencari atau melihat tanda dari barang dan perhiasan barang antik untuk mengetahui keaslian dari barang tersebut.

READ:  8 Tips Perawatan Kulit Di Pagi Hari Yang Harus Anda Ketahui

4. Pilih Perhiasan Sesuai Dengan Kepribadian

Salah satu tips penting yang perlu untuk Anda pertimbangkan saat membeli perhiasan yaitu mencocokkan dengan pribadi dari si pemakai atau pengguna.

Hanya karena sebuah jenis perhiasaan yang lagi tren, bukan berarti akan cocok untuk digunakan atau dipakai dengan semua jenis pakaian, bentuk tubuh Anda, atau kepribadian Anda.

Contohnya, jika Anda menyukai perhiasan yang berbahan ringan, maka perhiasan berbahan berat seperti victorian tidak cocok untuk Anda.

5. Perhatikan Buatan dari Perhiasan

Sama seperti Anda memeriksa tiap lekukan yang dihasilkan dari keterampilan sang pembuat sama halnya harus dilakukan untuk memeriksa juga pada perhiasan antik. Kata antik bukan hanya sebuah kata yang bernilai.

Hanya karena sebuah perhiasan atau aksesoris tersebut berasal dari zaman dulu bukan berarti tidak dibuat dengan cara yang terampil.

6. Bekali Diri Anda dengan Ilmu Barang Antik

Semakin banyak Anda tahu mengenai perhiasan antik, maka semakin pintar Anda dalam memilihnya. Kunjungi pertunjukan, pameran barang antik atau toko perhiasan di kota Anda.

Anda juga dapat menambah pengetahuan tidak hanya dengan membaca tetapi dengan mengunjungi sebuah museum lokal barang antik untuk mendapatkan nuansa apa dan seperti apa perhiasan antik.

READ:  Jilbab Pesta Simpel Namun Elegan

Membaca online tentang sejarah perhiasan antik yang Anda sukai, pembuat, teknik dan  merek juga dapat membantu Anda memahami perhiasan antik.Semakin banyak ilmu yang Anda dapat maka akan lebih siap untuk Anda membuat keputusan saat memilih perhiasan antik.

7. Periksa Tempat Pembuatan

Kebanyakan perhiasan antik memiliki tanda tempat pembuatan perhiasan tersebut. Pastikan untuk melihat dari mana asal pembuatan perhiasan tersebut misalnya saja made in Italy atau made in Belgia.

**

Demikian beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam pemilihan perhiasan antik. Perhiasan antik dapat dijadikan sebuah investasi yang menjanjiakan di masa mendatang. Pastikan juga untuk melakukan perawatan yang tepat untuk perhiasan antik Anda. Semoga bermanfaat.