Mau Kulit Cantik dan Sehat, Segera Hindari Makanan Ini

Kulit Cantik dan SehatJerawat, kerutan, noda atau flek hitam pada kulit wajah dan lingkaran hitam pada mata adalah berbagai macam masalah kulit yang umumnya terjadi pada wajah setiap harinya.

Terkadang untuk tetap menjaga kecantikan, tidak jarang para wanita mengeluarkan banyak biaya untuk tetap mendapatkan kulit yang bebas dari berbagai masalah kulit tersebut.

Sayangnya, banyak yang kurang menyadari kecantikan atau kesehatan kulit wajah bukan hanya diperlukan perawatan dari dalam saja melainkan diperlukan juga perhatian dari dalam tubuh.

Seperti sebuah ungkapan, kecantikan bukan hanya berasal dari luar, melainkan juga dari dalam sehingga penting untuk Anda berhati-hati dalam mengonsumsi beberapa jenis makanan yang mungkin menjadi salah satu penyebab masalah kulit wajah Anda.

Nah, berikut akan kami berikan beberapa jenis makanan yang dapat menjadi salah satu penyebab rusaknya kulit wajah Anda.

1. Gula

Gula salah satu bahan yang tidak hanya harus dihindari oleh para penderita diabetes saja. Mengkonsumsi gula secara berlebihan juga dapat menjadi salah satu penyebab masalah kulit.

Tingginya kandungan gula dalam darah dapat merusak kolagen protein baik yang terdapat pada kulit wajah sehingga dapat menyebabkan kerutan dan garis pada kulit wajah Anda. Dengan mengurangi pengkonsumsian gula, Anda dapat merasakan perbedaan pada kulit wajah.

READ:  Amankah Kedelai Dalam Produk Perawatan Kulit Selama Kehamilan?

Kulit wajah akan lebih bersih dan kencang. Anda dapat mengkonsumsi buah-buahan yang memiliki rasa manis alami dibandingkan harus mengkonsumsi permen atau gula dalam menu harian Anda.

2. Garam

Jika Anda berumur 40 tahun dan sangat memperhatikan mengenai kulit wajah, maka langkah awal yang dapat dilakukan untuk mnegurangi masalah kulit yaitu dengan kurangi mengkonsumsi garam dalam menu harian Anda.

Bukan hanya pada usia 40 tahunan Anda harus mengurangi asupan garam, karena dengan kurangnya mengkonsumsi garam dari umur muda bukan hanya baik untuk tubuh tetapi dapat menjaga kulit wajah dari masalah kulit.

Berlebihan dalam mengkonsumsi garam ternyata dapat membuat kantung mata terlihat membengkak sehingga membuat Anda terlihat lebih tua dari usia sebenarnya.

3. Caffein

Untuk Anda pecinta minuman berkafein seperti teh atau kopi, Anda mungkin akan merasa sedikit kaget dan kecewa. Kafein yang terkandung dalam teh atau kopi dapat meningkatkan kortison dalam tubuh yang akan berlanjut hingga Anda memasuki usia senja.

Ini dikarenakan saat Anda mengkonsumsi kafein yang berlebihan akan membuat Anda lebih sering buang air kecil yang akan menyebabkan dehidrasi (kekurangan cairan) dan dapat menyebabkan kerutan dan membuat Anda terlihat lebih tua.

READ:  Tips Merawat Kulit dengan Jeruk dan Garam

Selain itu juga menyebabkan noda pada gigi, Anda tidak harus menghindari kafein sepenuhnya karena terdapat juga manfaatnya untuk kesehatan, tetapi yang perlu Anda ingat untuk tidak mengkonsumsinya secara berlebihan.

Alternatif lain, Anda dapat mencari beberapa jenis teh atau kopi yang memiliki sedikit dampak yang dapat ditimbulkan pada kulit. Misalnya saja teh hijau, teh jenis ini lebih banyak mengandung antioksidan dan tidak membuat Anda sering buang air kecil.

4. Makanan yang Mengandung Lemak Jenuh

Tiap orang pasti mencintai kulit mereka dan tidak ingin ada masalah menyerang kulit wajah.

Karena itu banyak dari para wanita yang lebih memilih untuk hidup sehat, salah satunya menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh atau mengonsumsi makanan cepat saji dan mentega yang dapat dengan cepat memproduksi lemak jenuh.

Banyaknya timbunan lemak akan menghambat penyerapan sari makanan ke beberapa sel dalam tubuh sehingga akan mengurangi tingkat kelembaban dan elastisitas kulit yang akan memberi dampak kulit terlihat lebih tua dan tidak menarik.

Tidak semua jenis lemak jenuh harus Anda hindari, misalnya saja lemak jenuh yang terkandung dalam minyak zaitun dan minyak kelapa. Lemak pada kelapa dan zaitun ini bahkan membantu dalam menjaga kulit dari radika bebas yang menjadi penyebab penuaan dini.

READ:  6 Makanan Yang Menjaga Kulit Awet Muda

5. Makanan yang Dapat Meningkatkan Gula Darah

Roti tawar putih, pasta, kentang, sereal akan meningkatkan gula darah dalam tubuh saat Anda mengonsumsinya. Gula darah akan naik dengan cepat dan akan merusak kolagen dan elastin dimana dua jenis protein ini sangat baik untuk kesehatan kulit.

Anda dapat mengganti beberapa jenis makanan tersebut dengan padi-padian, bagels, tortillas, bunga amaranth atau quinoa yang sangat baik untuk kulit Anda.

**

Demikian beberapa jenis makanan yang sebaiknya Anda hindari atau kurangi jika ingin membuat kulit tetap sehat dan cantik. Mengonsumsi makanan sehat, dan meminum banyak air mineral dapat mempercantik dan membuat kulit wajah maupun tubuh tetap sehat. Semoga bermanfaat.