5 Kegunaan Vitamin B2 untuk Kesehatan Tubuh

Kegunaan Vitamin B2Vitamin B2 memiliki cukup banyak manfaat untuk kesehatan tubuh mausia . Beberapa manfaat dari vitamin B2 yang sudah ditemukan dan diketahui dapat memecahkan beberapa masalah kesehatan manusia.

Dengan mengetahui kegunaan dari vitamin B2, diharapkan Anda akan berusaha untuk memenuhi kebutuhan vitamin B2 dalam tubuh Anda sehingga akan tetap menjaga kesehatan Anda.

Mau tahu manfaat kesehatan apa saja yang dapat dirasakan dari vitamin B2? Berikut kami bagikan untuk Anda.

Loading...

1. Sakit Kepala Sebelah atau Migrain

Migrain sering menjadi kendala yang banyak dialami. Saat seseorang sudah terserang migrain, maka akan dengan sangat mudah migrant akan kembali lagi. Migrain bisa menyerang siapa saja. Migran biasanya ditandai dengan sakit pada kepala bagian kiri atau kanan.

Migrain pada umumnya terjadi karena kelelahan, kurang tidur, atau makanan yang Anda konsumsi kurang mengandung vitamin B2, melainkan terlalu banyak mengandung lemak dan karbohidrat sehingga proses pemecahan karbohidrat dan lemak menjadi energi tidak terjadi .

Untuk mengatasi migrain di kepala Anda, mengonsumsi suplemen vitamin B2 pada dosis 400 mg dapat mengurangi migrain Anda.

READ:  Waspadai 9 Perawatan Kecantikan Berbahaya Ini!

2. Antioksidan

Radikal bebas sangat erat kaitannya dengan udara dan polusi. Biasanya ketika kita menghirup terlalu banyak udara kotor, polusi, asap kendaraan bermotor, dan asap rokok maka dapat dikategorikan Anda sudah terkena radikal bebas.

Ketika tubuh terkena banyak radikal bebas, jaringan dan sel dalam tubuh akan mudah rusak. Untuk itu, vitamin B2 mampu menangkal radikal bebas .

Vitamin B2 menjadi antioksidan yang dapat mengurangi seseorang mengidap penyakit jantung dan kanker pada usia yang muda. Selain itu, vitamin B2 Juga akan menjaga vitalitas kebugaran tubuh bagi yang berusia lanjut.

Karena fungsi utama vitamin B2 yang menghasilkan energi, maka akan mengganti jaringan yang rusak dan menjaga kesehatan kulit dari serangan radikal bebas.

3. Anemia

Anemia lebih sering terjadi pada wanita. Anemia adalah penurunan tingkat sel darah merah dalam darah yang hanya dapat diperiksa dari uji laboratorium.

Seseorang mengidap anemia dikarenakan sirkulasi oksigen dalam tubuh yang dibawa melalui darah sedang terganggu. Ketika sirkulasi oksigen terganggu maka tubuh akan cepat lemas , lelah, lesu dan tidak bertenaga. Gejala tersebut juga ditandai dengan wajah pucat karena sirkulasi darah yang tidak lancar

READ:  Terlalu Banyak Tidur Dapat Meningkatkan Resiko Kanker Kolon

Banyak penyebab dari anemia, salah satunya karena kekurangan zat besi, vitamin B2 dan juga pendarahan. Bagi wanita yang memiliki periode menstruasi, lebih sering terkena anemia karena tidak seimbangnya dalam sumber mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi dan vitamin B2.

Karena itu sangat penting untuk menjaga kebugaran tubuh dengan mengonsumsi vitamin B2.

4. Anti Karsinogen

Karsinogen dapat juga dikatakan sebagai salah satu penyebab kanker. Karsinogen adalah zat yang masuk ke tubuh yang bisa memicu kanker.

Penyebab karsinogen dalam tubuh bisa dikarenakan makan yang dikonsumsi mengandung banyak pengawet. Selain bahan kimia dalam produk makanan yang dikonsumsi sehari-hari juga dapat menyebabkan karsinogen, perasa seperti jamu, cabai instan, saus instan, kecap, sirup, rokok juga mengandung karsinogen.

Untuk itu vitamin B2 dapat menjadi penangkal dari karsinogen serta antioksidan. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B2 setiap hari akan membuat Anda tetap sehat.

5. Sumber Energi

Fungsi utama vitamin B2 adalah mengubah karbohidrat, protein dan lemak menjadi energi. Karena itu, jika kebutuhan vitamin B2 tidak terpenuhi maka tubuh akan kekurangan energi.

READ:  Manfaat Kesehatan dari Minyak Oregano

Seperti lemak dan protein yang menumpuk jika diolah dengan cara yang tidak tepat dapat membuat seseorang menjadi gemuk. Hal ini biasanya terjadi pada anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

**

Demikian beberapa manfaat dari vitamin B2. Manfaat lain yang menguntungkan dari vitamin B2 yaitu dapat mengatur aktivitas hormon tiroid , membantu membersihkan kulit ( mengurangi kulit berminyak ), serta menjaga kesehatan mata.

Jadi tidak ada salahnya untuk rutin mengkonsumsi vitamin B kompleks, salah satunya vitamin B2 yang ditambahkan dalam makanan sehari-hari Anda. Karena untuk mendapatkan tubuh bugar, kuat dan sehat harus rutin mengonsumsi makanan bergizi dan vitamin. Semoga bermanfaat.