Tips dan Cara Memasak Biji Bernutrisi Quinoa

Memasak Biji Bernutrisi QuinoaQuinoa adalah salah satu makanan super yang disediakan oleh alam. Quinoa sangat baik untuk dikomsumsi karena mengandung protein, serat, asam lemak essensial lysine,kalsium, fosfor dan zat besi.

Itulah mengapa tanaman rumput yang masuk dalam kelas biji-bijian ini dijuluki sebagai biji bernutrisi karena kandungan yang dimilikinya. Bahkan biji quinoa sangat praktis dan mudah untuk diolah menjadi masakan .

Berikut akan kami bagikan 5 tips memasak biji quinoa.

1. Bilas Biji Quinoa

Quinoa yang masih tergolong dalam rerumputan penting untuk dibersihkan terlebih dahulu. Rasa pahit dari biji ini dikarenakan lapisan pelindung yang disebut saponin yang akan hilang dengan mudah saat dibilas. Akan lebih baik untuk membilas biji ini di bawah air yang mengalir.

Untuk cara bilas : Tempatkan quinoa dalam saringan yang halus lalu bersihkan di bawah air keran selama beberapa detik. Setelah bersih, tiriskan.

2. Panggang Quinoa untuk Lebih Memberi Rasa

Memanggang quinoa dalam wajan dengan sedikit minyak di atas api kecil selama beberapa menit sebelum menambahkannya ke air mendidih memberikan rasa.

READ:  Resep Capcay, Makanan Populer Indonesia

Panaskan sedikit minyak (1 sendok makan minyak seperti canola untuk setiap 1 ½ cangkir quinoa) di atas api sedang rendah lalu panggang quinoa. Aduk terus-menerus agar tidak terbakar kurang lebih 6 sampai 8 menit hingga berubah menjadi keemasan.

3. Sebagai Campuran Masakan

Untuk memasak quinoa, Anda cukup masukkan quinoa ke dalam kuah dari masakan yang Anda inginkan seperti salad, sup atau hidangan lainnya. Setelah itu , tutup dan didihkan dengan api kecil sampai matang.

Ambil perbandingan 2 cangkir air atau kuah dari masakan Anda untuk 1 cangkir quinoa. Air adalah cara paling mudah untuk memasak quinoa.

Jika Anda ingin menambahkannya ke dalam sup atau masakan kuah Anda, pastikan untuk memilih bahan campuran yang rendah sodium seperti sup ayam, jamur atau kaldu sayuran yang akan menambah rasa pada masakan.

Anda bahkan bisa menambahkan beberapa anggur putih kering, dengan menggunakan ½ cangkir anggur ditambah 1 ½ cangkir kaldu untuk setiap 1 cangkir quinoa.

4. Waktu Memasak

Memasak quinoa hanya dibutuhkan waktu sekitar kurang dari 15 menit. Pastikan air telah mendidih sehingga memdahkan Anda dalam memasak quinoa dengan panas api yang rendah. Saat quinoa telah mengelupas atau terbuka maka biji tersebut sudah dapat dikatakan matang.

READ:  Resep Brownies Nutella

5. Pastikan Bulu Halus Pada Quinoa Sudah Hilang

Setelah merebus atau mendidihkan quinoa dalam air panas, maka tahap terakhir memasak biji quinoa sebelum penyajian yaitu pastikan bahwa bulu halus yang terdapat pada biji quinoa hilang dengan cara menggunakan garpu untuk memisahkannya.

**

Demikian beberapa tips memasak biji bernutrisi tinggi quinoa. Pastikan untuk membersihkannya dengan baik.

Untuk Anda yang masih ragu mengkonsumsi biji ini, dapat menanyakannya pada ahli gizi mengenai manfaat lain dari biji ini. Semoga bermanfaat.