Inilah 7 Makanan Super Untuk Mata

Inilah 7 Makanan Super Untuk MataAda banyak orang yang menderita penglihatan buruk, visi terdistorsi, atau mengalami kesulitan dalam melihat benda dekat ataupun dari kejauhan.

Masalah ini biasanya menyerang mereka yang telah lanjut usia, namun saat ini bahkan anak-anak kecil pun memiliki berbagai jenis masalah mata.

Salah satu peran penting yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengambil langkah-langkah perawatan mata yang tepat. Kesehatan mata Anda tergantung pada nutrisi tertentu seperti vitamin A dan C, bioflavonoid, karotenoid, asam lemak omega 3, mineral dan antioksidan.

Dengan sedikit perubahan pola makan, dapat membantu menjaga mata Anda tetap sehat dan berfungsi dengan baik untuk jangka waktu yang lama. Bahkan, ada makanan super tertentu yang harus dikonsumsi secara teratur untuk mencegah berbagai masalah yang berkaitan dengan mata.

Makanan super berikut dapat membantu mencegah serta memperbaiki kondisi mata Anda:

Bayam

Untuk meningkatkan penglihatan Anda, sangat disarankan untuk mengkonsumsi bayam beserta sayuran hijau lainnya seperti kangkung dan sawi secara teratur.

Bayam mengandung banyak nutrisi seperti vitamin A, lutein dan zeaxanthin, yang baik untuk mata. Vitamin A membantu melindungi kornea, sedangkan lutein melindungi mata dari sinar ultraviolet dan zeaxanthin memberikan kontribusi terhadap pengembangan visual.

Cara terbaik untuk mengkonsumsi bayam adalah dengan mengolahnya menjadi segelas jus bayam segar kemudian konsumsi di pagi hari saat perut masih dalam keadaan kosong. Bayam juga dapat Anda konsumsi sebagai lauk atau dalam bentuk salad.

READ:  Zat Aditif Mempengaruhi Hormon

Ikan Salmon

Mengkonsumsi ikan salmon secara teratur dapat membantu untuk menjaga retina bebas dari kerusakan dan mencegah kebutaan. Salmon mengandung asam lemak omega-3 dalam jumlah yang sangat baik, berkhasiat membantu untuk menjaga mata dari kekeringan. Omega-3 asam lemak juga mampu memberikan perlindungan terhadap degenerasi makula terkait usia lanjut.

Para ahli merekomendasikan untuk mengkonsumsi dua porsi ikan salmon setidaknya dua kali seminggu. Salmon dapat Anda olah menjadi sup, dimasukkan dalam campuran salad atau dalam bentuk hidangan utama.

Wortel

Wortel mengandung banyak beta karoten, yang merupakan prekursor vitamin A. Vitamin A dapat mencegah kebutaan malam dan membantu untuk menjaga kesehatan kornea serta melindungi sel-sel yang hadir dalam mata dan tubuh.

Wortel juga mengandung lutein, yang efektif untuk meningkatkan kepadatan pigmen dalam makula, tempat kuning berbentuk oval di dekat pusat retina. Ini pada gilirannya melindungi retina, dan menurunkan resiko degenerasi makula.

Selain itu, wortel juga kaya akan serat dan potasium. Anda bisa mengkonsumsi wortel sebagai camilan atau menjadikannya lauk pauk.

READ:  Manfaat Mendengarkan Alunan Musik Bagi Kesehatan

Blueberry

Blueberry harus dikonsumsi secara teratur guna mendapatkan pandangan mata yang lebih baik. Blueberry mendukung fungsi mata sehat melalui antioksidan, anti-inflamasi, stabilisasi kolagen, vasoprotective, dan sifat regenerasi rhodopsin.

Konsumsi rutin blueberry dapat meningkatkan visi mata Anda. Hal ini juga mencegah penglihatan yang lemah dan memperkuat pembuluh darah di belakang mata. Pada saat yang sama blueberry mengandung anthocyanin, yang membantu untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan inflamasi, juga mencegah penyumbatan pada arteri yang memberi makan oksigen ke retina.

Seiring dengan blueberry, Anda sebaiknya juga mengkonsumsi mulberry, cranberry, dan strawberry.

Ubi Jalar

Ubi mengandung jumlah vitamin A yang baik untuk mata. Vitamin A meningkatkan penglihatan dan juga mencegah katarak, degenerasi makula dan glaukoma. Vitamin A juga diperlukan untuk memecahkan masalah mata kering serta melindungi mata dari infeksi akibat bakteri dan virus. Pada saat yang sama ubi jalar juga kaya akan beta karoten, kalium dan serat.

Kenari

Kenari mengandung sejumlah asam lemak omega-3 yang memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan mata secara keseluruhan. Di samping itu, kenari juga mengandung antioksidan, seng dan vitamin E, yang bekerja untuk memerangi peradangan dan menjaga kesehatan jantung.

Selain kenari, Anda juga dapat mengkonsumsi jenis kacang lainnya seperti almond, hazelnut, dan kacang tanah. Jadi sebaiknya mulailah mengkonsumsi segenggam kenari setiap hari karena dapat meningkatkan kesehatan mata Anda dan tetap terlindungi dari berbagai macam masalah penglihatan.

READ:  10 Langkah Untuk Mempercepat Penurunan Berat Badan

Alpukat

Salah satu buah yang baik untuk mengatasi masalah yang terkait dengan mata adalah alpukat. Buah ini mengandung lutein yang mampu membantu untuk mencegah degenerasi makula dan katarak. Alpukat juga mengandung nutrisi penting lainnya untuk mata seperti beta-karoten, vitamin C, vitamin B6 dan vitamin E yang penting untuk memberikan penglihatan yang lebih baik dan melindungi mata dari kerusakan oksidatif stres.

Itulah 7 makanan super yang sangat baik bagi kesehatan mata Anda. Semua makanan super yang disebutkan di atas dapat membantu untuk menjaga kesehatan mata secara keseluruhan.

Jadi, cobalah untuk mengkonsumsi lebih banyak makanan super tersebut dan berikan mata Anda dukungan nutrisi yang dibutuhkan untuk menjadikannya lebih baik.