10 Cara Mudah Turunkan Kolesterol Tanpa Statin

10 Cara Mudah Turunkan Kolesterol Tanpa StatinStatin adalah kelas obat yang sering diresepkan oleh dokter untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Dengan demikian, statin membantu mencegah serangan jantung dan stroke.

Studi menunjukkan bahwa, pada orang-orang tertentu, statin mengurangi resiko serangan jantung, stroke, dan bahkan kematian akibat penyakit jantung sekitar 25 sampai 35 persen. Studi juga menunjukkan bahwa statin dapat mengurangi kemungkinan stroke atau serangan jantung berulang sekitar 40%.

“Kolesterol tinggi berjalan bersama dengan masalah lainnya. Jika Anda mengambil statin, Anda hanya menyerang kolesterol, tidak memperbaiki masalah lain seperti obesitas, tekanan darah tinggi, dan sindrom metabolik,” kata Chauncey Crandall, MD., penulis buku terlaris Amazon The Simple Heart Cure: The 90-Day Program to Stop and Reverse Heart Disease.

Loading...

Dr. Crandall menyarankan langkah-langkah berikut untuk menurunkan kolesterol tanpa statin:

1. Ubah diet Anda

Pola makan nabati, yang sebagian besar terdiri dari buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian, bersama dengan pengganti daging seperti kacang, menurunkan kolesterol secara alami.

2. Ambil suplemen sterol

Tanaman sterol, juga dikenal sebagai tanaman stanol, adalah versi tanaman dari kolesterol. Dan ketika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, sterol memblokir penyerapan kolesterol manusia dalam usus kecil.

READ:  5 Keajaiban Kacang yang Dapat Menurunkan Berat Badan

Ada beberapa produk yang mengandung sterol, seperti margarin khusus, tetapi mereka juga mengandung bahan kimia, sehingga Anda lebih baik mengambil suplemen harian 2 gram.

3. Mulailah hari dengan oatmeal

Oatmeal adalah makanan pertahanan terbaik terhadap kolesterol. Alasannya ialah karena oatmeal mengandung serat larut, yang berubah menjadi gel dalam tubuh, yang membantu Anda merasa kenyang dan juga mengganggu pencernaan kolesterol, mengeluarkannya dari tubuh Anda.

4 . Dapatkan 8-10 jam tidur malam

Kurang tidur dapat meningkatkan kolesterol LDL, yang dikenal sebagai kolesterol “jahat,” memberikan kontribusi terhadap tekanan darah tinggi, dan menyebabkan makan berlebihan. Jika Anda mendengkur, atau menemukan diri Anda mengantuk berlebihan pada siang hari, periksakan diri untuk gangguan tidur yang umum dan berbahaya yang dikenal sebagai sleep apnea.

5. Periksa kadar Vitamin D Anda

Kekurangan vitamin D terkait dengan kolesterol tinggi. Kemampuan tubuh untuk mensintesis vitamin D dari matahari berkurang seiring usia. Periksa kadar vitamin D Anda dengan tes darah. Jika rendah, ambil suplemen harian vitamin D.

6. Periksa tingkat gula darah Anda

Anda harus memiliki tingkat gula darah puasa 100 atau kurang dari itu. Tingkat glukosa darah yang terlalu tinggi menyebabkan kolesterol LDL (kolesterol “jahat”) dan trigliserida tinggi, yang merupakan lemak darah berbahaya, sisa kolesterol.

READ:  Phytosterol Mampu Menurunkan Kolestrol

7 . Kurangi makan gluten

Makanan berbasis gandum menyebabkan obesitas dan juga peradangan, yang mana penelitian menunjukkan bisa menjadi pembawa penyakit jantung yang bahkan lebih berbahaya daripada kolesterol. Jika Anda mengkonsumsi produk gandum, pastikan bahwa yang Anda makan adalah whole grain, dan hindari produk multi-grain yang tidak sehat.

8. Latihan satu jam setiap hari

Berjalan kaki cepat selama 1 jam akan membantu menurunkan kolesterol, menurunkan tekanan darah tinggi, dan menjamin aliran darah ke jantung Anda.

9. Ambil suplemen ragi beras merah

Ragi beras merah secara tradisional digunakan dalam pengobatan Cina. Ragi beras merah mengandung zat yang secara kimiawi identik dengan bahan aktif dalam obat statin. Ambil dengan menggunakan petunjuk dari dokter Anda.

10. Taburi makanan dengan kayu manis

Dalam satu studi, peneliti menemukan bahwa sekitar setengah sendok makan kayu manis setiap hari memangkas kolesterol total sebesar 26 persen.

Kayu manis juga merupakan cara terbaik untuk membuat makanan sehat bagi jantung, seperti keju atau yogurt Yunani rendah lemak, rasanya lezat. Dan jika Anda taburi pada oatmeal atau makanan lainnya, Anda akan mendorong daya sarapan Anda dalam melawan kolesterol.