Tips Dan Trik Merawat Pakaian Berbahan Wol

Tips Dan Trik Merawat Pakaian Berbahan WolKetika musim hujan tiba, sebagian besar dari kita akan kembali mengambil pakaian tebal berbahan wol yang mungkin sudah lama tak terpakai dalam lemari pakaian.

Namun, salah satu hal yang harus Anda perhatikan dari pakaian berbahan wol ini adalah bau yang dipancarkannya. Pakaian wol cenderung memiliki bau yang tidak sedap terutama ketika pakaian tersebut disimpan untuk waktu yang lama.

Pakaian yang terbuat dari bahan wol dan sejenisnya tentu saja memerlukan perawatan yang lebih ketika dicuci, berbeda dengan ketika mencuci pakaian dengan bahan katun.

Ada trik-trik tertentu yang harus Anda lakukan ketika mencuci dan merawat pakaian wol Anda sebelum atau setelah digunakan agar tahan lama dan tidak berbau. Misalnya dengan menjemur pakaian wol yang telah lama tidak terpakai di bawah sinar matahari sebelum Anda menggunakannya.

Nah, simak beberapa cara terbaik untuk mencuci pakaian wol Anda lalu gunakan saat musim hujan tiba.

Sinar Matahari

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jika Anda memiliki pakaian wol yang lama tak terpakai dalam lemari pakaian Anda, jemurlah terlebih dahulu pakaian tersebut di bawah sinar matahari selama beberapa jam sebelum digunakan.

READ:  Kunci Sukses Usaha Penyewaan Busana Pengantin

Begitu pula sebaliknya, Anda sebaiknya menjemur kembali pakaian wol setelah digunakan. Hal ini merupakan awal yang sempurna untuk merawat pakaian wol Anda.

Air Hangat

Setelah pakaian dijemur, siapkan sebuah ember lalu isi dengan air hangat secukupnya. Masukkan pakaian wol Anda ke dalamnya, kemudian lakukan gerakan mendesir secara lembut. Hindari untuk memutar atau menekan pakaian Anda pada air rendaman karena hal ini dapat meregangkan dan merusak struktur halus dari pakaian tersebut.

Jangan menggunakan air dingin, dan air harus terbebas dari campuran deterjen. Biarkan pakaian wol Anda terendam selama kurang lebih 15 menit.

Memasukkan Deterjen

Setelah pakaian wol direndam dalam air hangat selama 15 menit, masukkan campuran deterjen ke dalam ember. Lalu dengan menggunakan tangan, gosok lembut pakaian Anda kemudian biarkan terendam lagi di dalam air deterjen selama 5 menit.

Setelah waktu yang ditetapkan, buanglah air sabun dari ember. Masukkan air dingin lalu kucek pakaian secara perlahan. Tiriskan air, dan kucek kembali.

Menghilangkan Noda

Jika pakaian wol Anda memiliki noda, Anda tidak perlu khawatir karena noda tersebut bisa Anda hilangkan dengan mudah. Tuangkan satu sendok makan baking powder diatas noda pakaian Anda, lalu gosok lembut dengan gerakan melingkar. Ulangi proses tersebut sebanyak tiga kali.

READ:  Tips Fashion Untuk Liburan Musim Panas

Solusi sederhana lainnya untuk menghilangkan noda dari pakaian wol adalah dengan menggunakan perasan lemon di atas noda atau memberikannya setetes alkohol.

Bilasan Terakhir

Setelah Anda berhasil menghilangkan noda, bilas kembali pakaian wol Anda selama 5 menit. Setelah itu, ambillah handuk berwarna putih bersih lalu letakkan pakaian Anda diatas handuk tersebut. Cara ini dapat memastikan pengeringan yang tepat. Kemudian jemurlah pakaian di bawah sinar matahari sampai benar-benar kering.

Salah satu tips untuk penggunaan pakaian berbahan wol, yaitu jika Anda ingin pakaian wol Anda berbau harum setelah dicuci, Anda bisa menaburkan sedikit bedak di atas pakaian wol. Atau Anda juga dapat menambahkan satu sendok cuka sari apel ke dalam air rendaman saat mencuci pakaian wol Anda.