Ini Dia Manfaat dan Rekomendasi Olahraga Selama Kehamilan

Olahraga Selama KehamilanOlahraga sangat baik untuk sebagian besar wanita hamil, tetapi tidak semua olahraga sesuai.

Ada banyak manfaat yang berbeda dari olahraga saat hamil, serta tanda-tanda peringatan yang berbeda dari masalah. Sangat penting bagi ibu untuk mendengarkan tubuhnya, untuk mencegah melakukan olahraga berlebihan.

Olahraga yang rutin dilaksanakan sebelum wanita hamil akan memiliki sedikit kesulitan melanjutkan rutinitas kebugaran mereka selama kehamilan, tetapi itu tidak berarti bahwa wanita yang tidak berolahraga sebelum kehamilan harus kehilangan manfaat dari aktivitas fisik tersebut.

Loading...

Manfaat Olahraga Selama Kehamilan

Ada sejumlah manfaat berolahraga saat hamil. Olahraga dapat membantu menenangkan gejala kehamilan yang sering dialami wanita. Hal-hal seperti sembelit, wasir, kram dan pembengkakan, semua dapat mereda dengan meningkatnya sirkulasi yang ditemukan dalam latihan kardiovaskular.

Olahraga juga dapat membantu nyeri punggung. Saat kehamilan berlanjut, ekstra berat, ketebalan dan pergeseran pusat gravitasi menempatkan banyak ketegangan pada punggung bawah, sehingga dengan memperkuat otot-otot, wanita dapat meredakan beberapa ketidaknyamanan.

Olahraga juga membantu insomnia yang wanita alami selama kehamilan. Latihan membantu menghilangkan stres dan membakar beberapa kelebihan energi yang akan membuat wanita terjaga di malam hari.

READ:  Ketahui Kepribadian Anda Di Balik Jenis Teh Favorit!

Sebaliknya, olahraga juga membantu kelelahan di siang hari. Latihan memberikan dorongan energi sekaligus memperkuat otot dan sistem kardiovaskular sehingga tugas sehari-hari dapat dicapai dengan sedikit usaha.

Berolahraga selama kehamilan dan setelah melahirkan dapat mengangkat suasana hati dan membantu melawan baby blue (postpartum depression). Selain itu, olahraga membantu menjaga berat badan yang sehat selama kehamilan, yang akan membantu ibu kembali ke bentuk tubuh sebelum hamil.

Ingat, wanita hamil seharusnya berolahraga karena:
– Olahraga membantu meringankan gejala kehamilan.
– Olahraga membantu meningkatkan energi di siang hari, dan meringankan insomnia di malam hari.
– Olahraga dapat membantu meringankan postpartum blue.
– Olahraga membantu menjaga berat badan yang sehat selama kehamilan dan membantu penurunan berat badan setelah melahirkan.

Rekomendasi Olahraga saat Hamil

Selama kehamilan, ada banyak jenis olahraga yang aman dan memberikan berbagai manfaat bagi ibu dan bayi. Ini meliputi:
– Renang
– Jalan
– Yoga
– Bersepeda

Setiap olahraga yang memiliki dampak rendah dan tidak menimbulkan resiko jatuh akan baik. Sangat penting untuk diingat bahwa saat kehamilan berlanjut dan tubuh mengalami perubahan, keseimbangan menjadi terpengaruh oleh perubahan pusat gravitasi.

READ:  5 Tips Memakai Jilbab

Banyak kegiatan yang bisa dimodifikasi untuk kehamilan, seperti bersepeda. Selama kehamilan, disarankan agar stasioner digunakan karena mengurangi resiko jatuh namun masih memberikan manfaat kardiovaskular dan daya tahan yang sama.