Tips Mudah dan Ampuh Meredakan Perut Kembung

Meredakan Perut KembungKembung, salah satu masalah perut yang biasanya terasa sangat menyiksa.Perut kembung biasanya disamakan dengan masuk angin, namun kenyataannya berbeda. Perut kembung adalah keadaan dimana perut terasa penuh dan akan berbunyi seperti kosong saat ditepuk.

Perut kembung biasanya terjadi karena masalah pencernaan yang tidak sesuai dalam mencerna makanan atau keadaan dimana meningkatnya asam lambung Anda.

Keadaan seperti ini pastinya akan sangat mengganggu kegiatan Anda, karena itu berikut akan kami bagikan beberapa tips untuk mengatasi perut kembung .

1. Minum Air Putih

Minum air putih menjadi salah satu cara untuk mengobati perut kembung. Kenyataannya, minum air putih akan membantu dalam memelihara kandungan garam dalam tubuh sehingga tubuh akan mengeluarkan keringat.

Selain itu, air putih juga membantu mengeluarkan racun dari tubuh dan tetap menjaga saluran pencernaan tetap bersih. Hindari meminum minuman bergas karena akan memicu pembentukan gas berlebih dalam tubuh.

2. Teh Herbal

Salah satu teh herbal yang dikenal ampuh untuk mengobati perut kembung akibat gas yaitu teh dengan rasa peppermint. Minyak peppermint kaya akan mentol yang efektif untuk mengobati kejang pada perut yang merupakan efek dari perut kembung dan akan mengatasi gas dalam perut.

READ:  5 Jenis Makanan Sehat yang Membuat Perut Kembung

Selain peppermint, teh cengkeh juga terkenal sebagai salah satu teh untuk mengatasi perut kembung.

3. Coba Biji Adas

Berasal dari tumbuhan yang berbau harum dan berwarna hijau terang sudah dikenal sebagai salah satu komponen pengobatan internasional, salah satunya untuk perut kembung.

Selain minyaknya yang bermanfaat, biji dari tumbuhan ini juga dapat digunakan untuk mengatasi perut kembung dengan cepat yaitu dengan mengolahnya menjadi jus. Anda juga dapat menumbuknya hingga halus dan mencampurkannya dengan air panas.

4. Konsumsi Makanan yang Kaya Akan Kalium

Makanan yang mengandung kalium membantu dalam menyeimbangkan cairan dan gas dalam tubuh sehingga mengurangi resiko perut kembung. Jadi, sangat baik unuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan kalium seperti pisang, mangga, nanas, tomat dan asparagus.

Asparagus juga mengandung asparagines dimana terdapat asam amino yang akan membantu membersihkan sistem akibat kelebihan cairan.

5. Tekan Perut Anda

Ini salah satu cara yang dapat Anda gunakan untuk meringankan perut kembung dan mengeluarkan gas pada perut Anda.

READ:  Waspadai Penyebab Perut Mudah Kembung

Lakukan beberapa pijatan pada daerah perut dengan lembut sehingga akan mengatur pergerakan gas sehingga gas dalam perut akan keluar dan membuat perut terasa ringan.

6. Hindari Makanan dari Tepung

Makanan yang berbahan tepung dapat menjadi salah satu pemicu perut kembung, jadi sebaiknya Anda menghindari mengkonsumsi makanan tersebut seperti nasi, kentang, jagung dan oat.

Anda mungkin tidak harus menghindarinya secara keseluruhan, tetapi lebih untuk mengurangi jumlah dalam mengkonsumsinya. Perbanyak buah dan sayuran yang tidak direbus sehingga menghindarkan Anda dari perut kembung.

**

Demikian beberapa tips yang dapat menghindarkan Anda dari perut kembung. Anda juga dapat melakukan sedikit olahraga yaitu dengan keadaan berbaring dan mengangkat kaki Anda hingga 90 derajat sehingga akan membantu dalam mengeluarkan udara.

Jika Anda pernah mengalami masalah perut kembung secara berkelanjutan, lakukan pemeriksaan pada dokter untuk mendapatkan tindakan lebih lanjut. Tetapi untuk pengobatan tradisional, Anda dapat menggunakan bahan yang telah kami jelaskan di atas. Semoga bermanfaat.