7 Khasiat si Cantik Delima untuk Kesehatan

Khasiat si Cantik Delima untuk KesehatanBuah Delima (Punica granatum) adalah salah satu jenis tanaman semak yang banyak tumbuh di Asia, Iran, di daerah Timur Tengah, Arab Saudi, Afganistan, India, Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Karena memiliki banyak manfaat untuk kecantikan dan kesehatan, tanaman ini banyak dibudidayakan di seluruh dunia dan akhirnya berkembang pesat ke negara-negera Eropa terutama di Perancis.

Tanaman delima mudah tumbuh di lahan yang mempunyai tanah gembur dan tidak terlalu banyak kandungan airnya. Daerah yang cocok untuk pengembangan dan budidaya tanaman ini adalah daerah tropika dengan ketinggian 1.000 m di atas permukaan laut dimana daerah ini biasanya memiliki iklim kemarau lebih panjang.

Meskipun demikian beberapa di antaranya dapat tumbuh dengan subur seperti di seluruh wilayah Indonesia, sudah mulai membudidayakan buah ini baik itu untuk keperluan kesehatan dan tidak jarang digunakan juga untuk perawatan tradisional kecantikan kulit dan rambut.

Ada tiga jenis buah delima, yaitu delima putih, delima merah dan delima ungu. Ketiga-tiganya mengandung zat-zat antioksidan tinggi yang berasal dari air buah pome tersebut.

READ:  Alasan Mengapa Ponsel Bahaya Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Delima

Adapun secara khusus beberapa manfaat kesehatan buah delima untuk tubuh Anda dapat diuraikan sebagai berikut :

1). Buah delima putih banyak mengandung zat-zat bergizi yang memiliki nilai tinggi akan kandungan antioksidan, antiviral dan material lainnya yang berfungsi sebagai anti tumor.

2). Air dan biji delima banyak mengandung vitamin A, C dan E serta asam folic. Manfaat dari vitamin yang ada di dalam buah delima ini bisa didapat dengan beberapa cara seperti menjadikannya sari buah atau langsung dimakan  biji-bijinya, diolah menjadi sirup, pasta atau konsentrat delima.

3). Secara tradisional, buah delima dapat dimanfaatkan sebagai perawatan kecantikan kulit yaitu bagus untuk membersihkan kulit terutama wajah dan dapat mengurangi peradangan pada kulit.

Caranya rutin mencuci muka dengan air buah delima setiap malam menjelang tidur, dapat dipakai sebagai masker, diamkan selama satu malam dan keesokan paginya wajah langsung dibilas dengan air dingin.

4). Jus buah delima berfungsi baik sebagai obat untuk mengurangi sakit akibat radang tenggorokan. Buah delima mengandung banyak zat-zat antioksidan yang bisa mencegah oksidasi LDL atau kolesterol jahat yang tumbuh subur di dalam tubuh.

READ:  Manfaat Sehat dan Cantik Buah Delima

5). Manfaat delima putih bagus dipakai untuk obat disentri. Terutama daunnya yang masih muda, 5 g campur dengan 2 g rimpang temu giring, 6 g daun jambu biji muda yang masih segar dan rebus dengan 110 ml air panas. Lalu dinginkan, setelahnya di minum airnya secara rutin dan ulangi hingga 7 hari sampai sakit sembuh.

6). Manfaat delima putih sebagai obat keputihan. Bagian yang digunakan yaitu kulit buahnya, 5 g campur dengan 6 g daun beluntas, 5 g herba tapak liman, 1 g majakan dan rebus dengan air 110 ml. Setelah dingin, diminum 1 kali dalam sehari, ulangi selama 7 hari sampai sakit hilang.

7). Manfaat delima putih dapat dipakai sebagai obat cacingan, gunakan akar muda tanaman delima putih, seduh 1 jari akar muda delima putih yang dicampur dengan 1 jari rimpang temu giring, takaran air adalah 110 ml air bersih, rebus hingga mendidih, dinginkan lalu diminum rutin 1 kali dalam sehari, ulangi selama 4 hari sampai sakit sembuh.

**

Memang si cantik buah delima adalah buah yang memiliki seribu satu khasiat untuk kesehatan dan kecantikan wajah serta tubuh Anda. Manfaat buah delima sangat diyakini bisa membantu menyembuhkan beberapa macam penyakit tersebut di atas, sehingga buah ini merupakan salah satu obat tradisional yang paling banyak disenangi oleh banyak orang.

READ:  7 Cara Efisien Untuk Mengurangi Sakit Punggung

Maka dari itu tidak ada salahnya untuk membudidayakan tanaman ini di pekarangan rumah, selain memiliki bentuk pohon dan buah yang cantik dipandang mata sehingga dapat juga berfungsi sebagai tanaman hias, juga dari akar muda, daun muda apalagi buah (termasuk kulit buah) mampu membantu kita untuk mengatasi beberapa jenis penyakit.