10 Fakta Kesehatan Menarik Tentang Bayam

Khasiat BayamBayam merupakan salah satu sayuran yang biasa dikonsumsi daunnya sebagai sayuran hijau. Sayuran yang terkenal banyak mengandung sumber zat besi ini sangat penting untuk menjaga pertumbuhan dan kesehatan tubuh anak-anak dan juga Anda sendiri.

Secara umum, bayam juga dikenal sebagai makanan yang berfungsi baik untuk meningkatkan kinerja ginjal dan melancarkan pencernaan.

Daun bayam banyak dipakai sebagai media dalam membersihkan darah sehabis bersalin untuk ibu-ibu muda, memperkuat akar rambut dan dapat mengobati gejala sakit tekanan darah rendah, kurang darah (anemia) dan gagal ginjal.

Sangat dianjurkan untuk selalu mengonsumsi bayam dalam kehidupan sehari-hari Anda dan keluarga, baik digunakan sebagai sayuran atau masakan lainnya. Bisa juga dicampur dengan buah-buahan segar, menjadi segelas jus yang menyehatkan badan.

Khasiat dan Manfaat Bayam

Khasiat bayam untuk kesehatan tubuh secara umum dapat dijelaskan sebagai berikut :

1. Sayur bayam berkhasiat untuk mencegah kurangnya daya kerja pengelihatan karena usia yang menua (macular degeneration), penyakit kanker, katarak dan bayi lahir cacat.

2. Bayam merupakan sayuran sebagai sumber utama lutein dan folate tinggi yang banyak membantu Anda dalam mencegah penyakit jantung atau bayi yang terlahir cacat.

READ:  Strawberry, Buah Cinta yang Kaya Manfaat

3. Berkhasiat sebagai sumber anti inflamasi dan dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

4. Bayam bersifat alkalinitas tinggi sehingga membuat tanaman ini terpilih sebagai salah satu obat alternative bagi penderita penyakit inflamasi, seperti rheumatoid arthritis dan osteoarthritis.

5. Bayam juga baik sebagai sumber folat, dapat mengurangi homosistein, asam amino yang paling banyak ditemukan dalam darah. Tingginya kadar homosistein dalam darah dapat berpengaruh terhadap tingginya risiko penyakit jantung.

6. Kandungan choline dan inositol, dalam daun bayam berfungsi bagus sebagai alat dalam membantu mencegah pengerasan pembuluh darah.

7. Bayam bermanfaat banyak terutama pada orang-orang yang menderita sakit diabetes. Magnesium ditemukan dalam daun bayam berfungsi sebagai alat untuk membantu dan mencegah adanya komplikasi yang terjadi setelah diabetes. Dengan mengkonsumsi secara rutin sayur bayam diharapkan bisa menstabilkan gula darah serta mencegah kadar gula berfluktuasi terlalu tinggi.

8. Kandungan vitamin A dan C serta serat, asam folat dan 13 flavonoid yang terdapat di dalam sayur bayam sangat bermanfaat tinggi di dalam memerangi dan mencegah sel-sel kanker ganas.

READ:  6 Cara Meningkatkan Kesehatan Wanita

Beberapa penelitian menjelaskan bahwa kandungan tersebut memang benar dapat membantu menurunkan risiko terkena kanker sebesar 34%, terutama kanker payudara, kanker rahim, kanker prostat, kanker kulit dan kanker perut.

9. Batang bayam yang masih muda banyak mengandung kalium dan rendah sodium. Juga zat mineral yang terdapat di dalamnya rendah sehingga bermanfaat bagus untuk pasien tekanan darah tinggi.

Selain itu, kandungan folat dalam daun bayam banyak membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan melemaskan pembuluh darah, sehingga dapat mempertahankan kelancaran aliran darah.

10. Bayam juga bagus digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan pendarahan gusi dan sariawan.

Campuran bayam dan wortel dalam segelas jus segar dapat membantu mengobati gusi berdarah dan penyakit mulut lainnya yang banyak disebabkan oleh kekurangan vitamin C dan akibat terlalu banyak mengkonsumsi gula halus.

Kandungan Bayam

Sayur bayam merupakan salah satu menu favorit yang memiliki banyak penggemar. Selain rasanya enak juga banyak memiliki manfaat terutama kesehatan tubuh.

Setiap 100 gram bayam mengandung 2,3 gram protein, 3,2 gram karbohidrat, 3 gram besi dan 81 gram kalsium. Ada juga kandungan vitamin dan mineral, yaitu vitamin A, vitamin C, niasin, thiamin, fosfor, riboflavin, natrium, kalium dan magnesium.

READ:  Seberapa Penting Vaksinasi Pada Anak

**

Tokoh kartun Popeye digambarkan sebagai tokoh yang gemar makan daun bayam. Tidak ada salahnya ini dipakai sebagai contoh kepada anak-anak agar mereka mulai gemar mengkonsumsi sayur bayam yang bagus untuk kesehatan tubuh.

Dengan menjadikan bayam sebagai ikon makanan kesehatan akan senantiasa selalu membantu Anda dalam melawan musuh abadi yaitu kuman-kuman yang dapat menyebabkan timbulnya berbagai jenis penyakit.