6 Manfaat dan Khasiat Apel untuk Menjaga Kesehatan

Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan TubuhSiapa yang tidak mengenal buah apel? Yaitu buah yang memiliki bentuk sempurna selain rasanya sangat manis, segar dan enak, juga buah apel berkhasiat banyak sebagai media kecantikan terutama para wanita dan juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Beberapa penelitian kesehatan menemukan bahwa buah apel mengandung asam hydroxy yang berfungsi di dalam mempercepat proses perkembangan regenerasi kulit dan membantu pengelupasan kulit yang sudah tua sehingga dengan rutin mengkonsumsi beberapa butir apel dalam satu hari akan membuat kulit lebih halus dan cantik.

Berikut dapat dijelaskan beberapa manfaat buah apel untuk kesehatan tubuh. Jjika tubuh sudah sehat, maka berpengaruh besar terhadap kecantikan wajah dan kulit secara menyeluruh sehingga membuat penampilan Anda sempurna untuk setiap kesempatan dan aktifitas yang Anda ikuti sehari-hari.

1) Pengharum napas dan memperkuat akar gigi

Kita sangat dianjurkan untuk rutin mengonsumsi buah apel sebagai pencuci mulut setelah makan makanan utama seperti sarapan, makan siang dan makan malam.

Buah apel banyak mengandung zat ektin yang berkhasiat menetralkan bau tak sedap mulut karena terlalu banyak makan makanan yang berbumbu keras. Serat alami buah apel berfungsi sebagai benang alami untuk membersihkan kuman-kuman kotor pada gigi.

READ:  Definisi Makrositosis

2) Sebagai masker apel dan madu

Kombinasi kedua campuran yaitu bubur/pasta/jus buah apel dengan madu menurut beberapa penelitian kesehatan dipercaya banyak mengandung zat-zat yang berguna sebagai pelembab kulit terutama wajah dan leher yang kering dan terlihat kusam.

Caranya adalah mencampur jus apel (dua butir apel ukuran sedang) dengan tiga sendok makan madu lalu secara rutin setiap hari digunakan sebagai masker wajah.

3) Fungsi detoksifikasi tubuh

Bisa berfungsi sangat luas yaitu untuk kesehatan mulut sangat bagus jika dijaga dengan sering makan buah apel. Di samping bermanfaat untuk membersihkan karang gigi dan menjaga kesehatan gusi sehingga mampu mengurangi resiko terkena penyakit gigi berlubang, terutama pada anak-anak.

Serat yang ada dalam buah apel memiliki fungsi sebagai pembersih kuman, sedang sifat antivirus yang juga banyak terdapat dalam buah ini memiliki manfaat untuk mengusir bakteri dan virus perusak mulut.

4) Melawan kanker

Beberapa penelitian kesehatan mengungkapkan bahwa buah apel terutama terletak pada kulitnya, banyak mengandung zat-zat kimia seperti flavonoid dan polifenol yang bagus membantu tubuh melawan sakit kanker.

READ:  5 Tips Sederhana Menjaga Kesehatan Selama Masa Kehamilan  

5) Buah favorit

Pasalnya, mengkonsumsi apel apalagi dikombinasikan dengan madu atau apel ditambah dengan susu kental manis sangat terbukti menjadi salah satu minuman yang memiliki rasa lezat, juga ampuh untuk menciptakan kulit menjadi bersinar alami dan cantik.

Khusus wanita yang mempunyai masalah obesitas atau kelebihan berat badan, buah apel boleh direkomendasikan sebagai menu utama untuk program diet Anda. Karena apel dapat membuat perut cepat kenyang sehingga dapat menunda nafsu makan berlebih.

6) Menjaga sistem pencernaan

Rutin mengkonsumsi buah apel dapat membantu memperlancar proses pencernaan. Karena buah ini banyak mengandung serat alami yang bagus untuk antidepresan.

Zat besi yang terkandung dalam apel dapat juga dipakai sebagai penangkal anemia. Banyak-banyaklah makan buah apel baik itu sebagai pencuci mulut maupun cemilan karena dapat menambah tenaga meskipun kita dalam keadaan sakit/baru sembuh dari sakit.

**

Manfaat buah apel memang luar biasa, terutama untuk kesehatan tubuh. Masih banyak lagi manfaat yang lain seperti bisa sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit diare, diabetes mellitus, menurunkan kolestrol dan mencegah penyakit asma.

READ:  6 Manfaat Manis Buah Apel Untuk Kesehatan Tubuh

Di samping itu, buah ini memiliki kegunaan yang sangat luas sebagai makanan/minuman cemilan yang bernilai gizi tinggi dengan rasa lezat yaitu jus apel, salad, custard, ataupun dicampur dengan oatmeal sebagai menu sarapan Anda.