Solusi Sederhana Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Mengatasi Tekanan Darah TinggiTekanan darah tinggi atau yang juga disebut dengan hipertensi adalah jenis masalah kesehatan dimana ada tekanan tinggi konstan darah di arteri. Seseorang menderita hipertensi ketika tekanan darahnya mencapai 140/90 mm Hg atau lebih tinggi.

Beberapa penyebab umum dari masalah kesehatan ini adalah obesitas, faktor genetik, asupan alkohol yang berlebihan, asupan tinggi garam, kurang olahraga aerobik, stres, pil KB, penghilang rasa sakit, penyakit ginjal, penyakit adrenal dan sebagainya.

Jika tidak diobati pada waktunya, masalah kesehatan ini dapat menyebabkan serangan jantung, stroke, dan gagal ginjal.

Meskipun terdapat beberapa obat yang sering diresepkan untuk pasien hipertensi, Anda juga sebenarnya dapat mengontrolnya dengan solusi alami sederhana yang mudah Anda dapatkan.

Berikut adalah 10 solusi alami sederhana untuk mengatasi Tekanan Darah Tinggi:

Pisang

Pisang merupakan salah satu buah yang baik dikonsumsi oleh penderita hipertensi secara teratur untuk mengontrol tekanan darah. Pisang merupakan sumber yang kaya akan kalium yang membantu dalam mengendalikan tingkat tekanan darah.

Di samping itu, buah ini juga memiliki tingkat sodium yang rendah dan bebas kolesterol yang tentunya akan sangat membantu. Jadi, cobalah untuk mengkonsumsi satu atau dua buah pisang setiap hari. Selain pisang, Anda juga dapat mencoba kismis, melon, dan labu.

READ:  Lemak Baik vs Lemak Jahat

Bawang Putih

Bawang putih entah itu mentah ataupun yang telah dimasak memiliki sifat yang dapat membantu mengontrol tingkat tekanan darah tinggi, dan juga dapat mengurangi tingkat kolesterol.

Ketika tekanan darah meningkat, cobalah untuk mencoba mengkonsumsi satu atau dua siung bawang putih sehari. Siung bawang putih membuat hidrogen sulfida, senyawa yang mempromosikan aliran darah yang baik, menghilangkan gas dan mengurangi tekanan pada jantung.

Anda dapat membuat solusi dengan menambahkan 5 hingga 6 tetes jus bawang putih ke dalam empat sendok teh air dan konsumsi dua kali sehari.

Seledri

Tingginya tingkat 3-N-butylphthalide, semacam ‘fitokimia’ yang terkandung dalam seledri akan membantu banyak dalam mengendalikan tingkat tekanan darah tinggi.

Apabila seledri dikonsumsi secara teratur, hal tersebut dapat mengatasi tekanan darah tinggi secara perlahan-lahan. Juga akan membantu dalam mengurangi hormon stres yang menyempitkan pembuluh darah, menyebabkan tekanan darah tinggi.

Cobalah untuk mengkonsumsi satu tangkai seledri dengan segelas air setiap hari. Anda bahkan dapat mengunyah seledri untuk menurunkan tekanan darah.

Jeruk Nipis

Konsumsi rutin jeruk nipis juga adalah salah satu cara yang baik untuk mengontrol hipertensi. Jeruk nipis membantu dalam membuat pembuluh darah menjadi lebih lembut dan lentur serta menghapus kekakuan yang pada gilirannya menurunkan tekanan darah tinggi.

READ:  Yoga Dapat Membantu Meringankan Tekanan Darah Tinggi

Penderita hipertensi sebaiknya meminum perasan jeruk nipis segar beberapa kali dalam sehari. Anda juga dapat mengambil segelas air hangat lalu menambahkan air jeruk nipis ke dalamnya untuk kemudian diminum di pagi hari saat perut dalam keadaan kosong.

Untuk hasil yang lebih baik, jangan menambahkan garam atau gula ke dalam air lemon.

Madu

Madu dapat mengurangi tekanan dari hati dan juga memiliki efek menenangkan pada pembuluh darah, oleh karena itu dapat membantu dalam mengurangi tekanan darah tinggi.

Orang yang menderita hipertensi harus membiasakan diri mengkonsumsi 1 hingga 2 sendok teh madu setiap hari di pagi hari. Ini merupakan salah satu solusi terbaik untuk mengatasi tekanan darah tinggi.

Obat lain yang juga efektif adalah dengan mencampurkan jus kemangi dan madu dalam jumlah yang sama dan mengkonsumsinya pada pagi hari saat perut kosong.

Air Kelapa

Penderita tekanan darah tinggi harus mencoba untuk menjaga tubuh mereka agar tetap terhidrasi dengan baik. Maka disarankan untuk mengkonsumsi air putih sebanyak delapan sampai sepuluh gelas setiap hari.

Di samping itu, Anda juga dapat meminum air kelapa yang merupakan minuman lezat dan bergizi. Air kelapa dapat membantu banyak dalam menurunkan tingkat tekanan darah tinggi.

Bila air kelapa dikonsumsi secara teratur, akan ada peningkatan yang signifikan dalam tingkat tekanan darah. Seiring dengan air kelapa, Anda juga dapat mencoba menggunakan minyak kelapa untuk memasak.

READ:  Mencegah Dan Mengatasi Alergi Telur Pada Anak

Biji Semangka

Biji semangka atau kuaci mengandung senyawa yang dikenal sebagai cucurbocitrin yang dapat membantu dalam pelebaran kapiler darah, Selain itu juga membantu dalam meningkatkan fungsi dari ginjal. Hal ini pada gilirannya membantu mengurangi tingkat tekanan darah dan juga membantu banyak dalam arthritis.

Ambillah dua sendok teh biji semangka yang telah kering, kemudian hancurkan hingga menjadi halus lalu masukkan ke dalam satu cangkir air mendidih. Diamkan kurang lebih satu jam setelah itu konsumsi empat sendok makan air tersebut secara berkala dalam sehari.

**

Anda dapat mencoba beberapa solusi alami yang disebutkan di atas sebagai bagian dari pengobatan untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Namun, sangat penting untuk mengikuti saran medis serta diet yang diberikan oleh dokter Anda serta melakukan pemeriksaan rutin.