4 Tips Tepat untuk Membersihkan Pisau Dapur

Membersihkan Pisau DapurPisau boleh dibilang adalah sebuah alat yang digunakan sepanjang hari, terutama oleh kaum wanita. Tentu saja ada berbagai jenis pisau yang digunakan untuk keperluan di dapur, namun juga sering digunakan untuk hal umum lainnya.

Hal ini menjadikan pisau rentan terhadap bakteri dan kuman. Bahkan karat adalah salah satu masalah yang umum terlihat pada sebuah pisau.

Jika tidak digunakan, pisau dapat menimbulkan karat. Jadi, sangat penting untuk selalu membersihkan pisau setiap setelah digunakan. Selain itu, Anda juga perlu memastikan agar ketajaman pisau tidak hilang.

Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang tepat untuk Anda lakukan ketika membersihkan pisau dapur agar terbebas dari bakteri dan kotoran yang menempel.

Sabun

Pertama-tama cucilah pisau Anda menggunakan sabun cuci, setelah itu bilas dengan air panas. Air panas bekerja paling baik karena dapat membunuh bakteri dan juga menghilangkan noda pada pisau.

Jangan menggunakan air dingin karena itu bukan solusi yang baik untuk membersihkan pisau.

Rendam

Jika pisau Anda tidak memiliki bahan plastik, Anda bisa merendam pisau tersebut di dalam air panas yang telah mendidih selama kurang lebih satu menit. Merebus pisau ke dalam air mendidih dapat membunuh bakteri dan juga menghilangkan noda yang terdapat pada pisau.

READ:  Benarkah Madu Berbahaya Untuk Bayi?

Satu hal yang harus Anda perhatikan adalah bahwa Anda harus memastikan untuk mematikan apinya saat merendam pisau. Air panas ini juga dapat membantu menyingkirkan lemak dan minyak dari pisau.

Jika Anda memiliki bawang atau bahan-bahan aromatik lainnya dengan aroma yang kuat, Anda dapat mencincangnya dan dimasukkan ke dalam air panas. Setelah itu, angkat pisau dan diamkan sejenak, jangan langsung mencuci pisau dengan air dingin. Perubahan suhu yang tiba-tiba dari air panas ke air dingin dapat merusak logam.

Lemon

Anda dapat mencuci pisau kotor dengan irisan lemon. Lemon merupakan salah satu solusi terbaik karena memiliki aroma yang kuat, selain itu juga bertindak sebagai agen pemutihan.

Untuk membersihkan sudut atau ujung pisau yang kotor, Anda dapat menggunakan lemon. Namun, harus Anda pastikan untuk tidak mencuci pisau dengan lemon dalam jangka waktu yang lama. Bilas segera dengan menggunakan air dingin.

Anda juga dapat menambahkan beberapa tetes cairan lemon ke dalam air mendidih jika Anda mengikuti metode sebelumnya.

READ:  3 Tips Sederhana Memilih Sepatu Untuk Anak

Cuka

Selain lemon, cuka juga merupakan salah satu cara yang tepat untuk membersihkan pisau dapur. Dalam air mendidih, tambahkan beberapa tetes cuka. Rendam pisau dalam air panas selama kurang lebih satu menit.

Gosok dengan sikat gigi bekas guna menghapus dan mengikis kotoran yang tersisa. Bilas dengan air hangat dan biarkan kering dengan sendirinya.

**

Itulah empat cara terbaik untuk membersihkan pisau dapur dan menghilangkan noda membandel. Setelah mencoba beberapa cara di atas, pastikan agar pisau Anda kering dengan alami dan kemudian lumuri dengan minyak goreng.

Setelah itu, bersihkan dengan menggunakan kertas minyak untuk menghapus kelebihan minyak pada pisau. Jangan lupa untuk selalu mengasah pisau dapur Anda agar ketajamannya tetap terjaga.