8 Kebiasaan yang Membuat Anda Terlalu Banyak Makan

 Terlalu Banyak MakanKetika Anda tetap merasa gelisah dan lapar setelah selesai menyantap banyak makanan, maka saatnya Anda untuk menerapkan gaya hidup yang lebih sehat. Dengan berbagai jenis kesibukan yang biasa Anda jalani, membuat tubuh Anda secara otomatis akan melakukan apa yang sudah biasa dilakukan.

Misalnya saja saat melakukan pekerjaan akan terasa aneh jika sekantong cemilan tidak ada di atas meja, karena itu Anda akan terlihat seperti mesin makanan yang akan tetap mengunyah walaupun sudah dalam keadaan kenyang.

Kebiasaan seperti ini pastinya akan berakibat buruk untuk kesehatan dan tubuh.

Kelebihan makan tentunya sebuah kebiasaan yang tidak sehat dan dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan yang nantinya akan berdampak pada tubuh dalam jangka waktu yang panjang seperti obesitas. Karena itu sangat penting untuk mengatur ulang kebiasaan makan Anda sehari-hari.

Berikut beberapa penyebab dan kebiasaan yang dapat menyebabkan makan berlebihan.

1. Melewatkan Sarapan Pagi

Seperti ungkapan, sarapan pagi akan membuat Anda terlihat seperti raja. Makan siang hanya dilakukan para menteri dan makan malam membuat Anda seperti seorang pengemis.

Ungkapan seperti ini tentunya dapat Anda gunakan untuk menghilangkan kebiasaan makan yang berlebihan dan kebiasaan. Bahkan para dokter menyarankan untuk Anda selalu sarapan pagi sebelum melakukan aktifitas dan kegiatan.

Jika Anda melewatkan sarapan pagi, maka saat siang hari Anda akan makan secara berlebihan. Ini akan memperburuk keseimbangan tubuh Anda dan akhirnya akan berakibat pada kesehatan.

READ:  6 Nutrisi Untuk Rambut Sehat

2. Menggunakan Piring dan Mangkuk Ukuran Besar

Hindari menggunakan piring dan mangkuk dalam ukran besar saat makan. Hal ini akan menyebabkan kecenderungan makan secara berlebihan dari biasanya.

Rasa ingin tambah dan tambah lagi sehingga akan membuat Anda berusaha untuk menghabiskan makanan pada piring atau mangkuk hingga akhir. Karena itu, kami sarankan untuk meggunakan piring yang berukuran sedang atau kecil.

Bahkan saat memasak, pastikan untuk menggunakan cangkir dan sendok dengan ukuran yang tepat sehingga menghindarkan Anda dari sisa makanan.

3. Menonton TV saat Makan

Jangan pernah melakukan aktivitas makan di depan televisi atau layar komputer Anda. Anda seharusnya menghargai waktu makan Anda, bukannya dengan melakukan aktivitas makan sambil menyaksikan tayangan televisi.

Ini akan membantu Anda mengontrol rasa ingin tambah di saat menonton siaran televisi dan membuat Anda lebih menikmati makanan . Anda juga akan mengunyah lebih baik dan akan mendapatkan sinyal dari tubuh jika perut Anda sudah dalam keadaan penuh.

4. Ajakan Teman

Kebanyakan Anda akan makan secara berulang-ulang dan berlebihan hanya untuk memenuhi ajakan rekan kerja atau teman untuk makan siang atau makan malam bersama. Tidakkah Anda sadari, saat itu juga akan terjadi kebiasaan makan yang berlebihan pada waktu yang bersamaan.

READ:  Hilangkan Kebiasaan Gigit Kuku dengan Cara Ini

Jika rekan kerja atau teman Anda mengajak untuk makan, sebaiknya tekankan pada mereka bahwa Anda telah makan siang atau ingin makan malam di rumah maka mereka akan lebih mengerti sehingga membuat Anda terhindar dari kebiasaan makan berlebihan.

5. Gemar Mencoba Makanan Baru

Hal ini terjadi karena terlalu banyaknya pilihan makan yang tersedia di meja  sehingga membuat Anda ingin mencoba semua makanan yang ada disana. Situasi seperti ini, membuat Anda ingin mencoba semua jenis makanan mulai dari yang berkualitas rendah hanya untuk memuaskan rasa ingin tahu terhadap rasa dari makanan tersebut.

Hal seperti ini tidak akan membantu mengurangi kebiasaan makan berlebihan, malah akan menambahnya. Karena itu untuk setiap menu di meja, pastikan untuk menyantap salah satunya saja.

6. Balas Dendam setelah Bekerja Seharian

Banyak wanita yang selalu melakukan hal ini. Setelah beraktifitas di luar rumah seharian dan makan saat siang hari, maka saat tiba di rumah mereka tidak akan pernah bisa melewatkan cemilan atau menyantap makanan rumah sehingga segala sesuatu yang ada di rumah akan mereka makan.

Untuk mengakali kebiasaaan ini, Anda dapa menyiapkan makanan yang mimiliki kandungan nutrisi dan gizi lebih banyak dibandingkan kalori. Salad dapat menjadi pilihan menu rumah Anda, karena akan membuat tubuh tetap sehat.

READ:  Tips Memilih Kacamata atau Lensa Kontak

7. Anda Tidak Suka Snack

Siapa bilang snack atau cemilan buruk untuk tubuh ? Anda selalu disarankan untuk mengkonsumsi cemilan seperti buah, salad, biskuit sehat setiap merasa lapar karena akan membuat perut terasa penuh dan menghindarkan Anda makan secara berlebihan.

Cemilan sehat juga efektif menahan rasa lapar bahkan saat Anda tidak makan siang dan malam.

8. Stress

Hal ini akan berlaku pada setiap orang yang mengalami depresi atau stress yang berlebihan baik masalah pekerjaan atau asmara. Ini sangat berbahaya untuk kesehatan dan akan berakibat pada tubuh Anda.

Lakukan konseling atau tes psikologi yang kan menghindarkan Anda dari makan berlebihan. Anda juga dapat mencoba coklat hitam dan es krim untuk meningkatkan suasana hati.

**

Demikian beberapa alasan dan kebiasaan yang membuat Anda makan berlebihan. Segala sesuatu yang berlebihan buruk untuk kesehatan, karena itu pastikan untuk menyantap dalam porsi yang wajar.

Selain itu dengan makan berlebihan, masalah kesehatan juga akan lebih mudah menyerang salah satunya obesitas. Semoga bermanfaat.