Kandungan Gizi dan Manfaat Kesehatan Aprikot

Manfaat Kesehatan AprikotAprikot adalah buah jingga-kuning cerah yang dikemas dengan banyak manfaat kesehatan.

Aprikot dalam bentuk apapun yang dapat dikonsumsi – segar, kaleng atau kering – sarat dengan vitamin dan nutrisi yang akan membantu Anda merasa lebih sehat setiap harinya.

Nah, yuk kita jelajahi efek positif aprikot bagi kesehatan, dilansir dari SymptomFind.com.

Vitamin dan Nutrisi

Aprikot merupakan sumber beberapa nutrisi, khususnya vitamin A. Bahkan, satu porsi aprikot memiliki hampir 20 persen dari nilai harian vitamin A. Mengonsumsi aprikot merupakan cara yang baik untuk mendapatkan sejumlah besar vitamin penting ini dengan cepat dan mudah. Selain itu, aprikot juga mengandung vitamin C.

Nutrisi penting lainnya yang ditemukan dalam aprikot termasuk serat, beta karoten, zat besi, tembaga dan kalium. Setiap nutrisi penting berperan dalam membantu untuk mencegah atau mengobati penyakit atau kondisi kesehatan lainnya.

Sementara itu, makan aprikot adalah cara yang baik untuk memuaskan rasa lapar Anda tanpa mengkonsumsi banyak kalori. Satu porsi aprikot umumnya hanya berisi sekitar 16 kalori.

Berikut adalah tinjauan singkat dari nutrisi yang tersedia dalam aprikot:

READ:  Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan

– Vitamin A
– Vitamin C
– Serat
– Beta karoten
– Besi
– Tembaga
– Kalium

Pencegahan Penyakit

Manfaat kesehatan potensial dari aprikot:

– Kesehatan mata yang lebih baik
– Mengurangi resiko katarak dan degenerasi makula
– Mengurangi resiko kanker
– Mengurangi kolesterol jahat (LDL)
– Meredakan gejala anemia tertentu seperti kelelahan atau sesak napas
– Berguna untuk melawan demam tinggi
– Dapat digunakan untuk mengobati penyakit kulit tertentu

Aprikot kaya vitamin A, sangat baik dikonsumsi untuk melindungi mata Anda. Mengambil vitamin A dalam jumlah memadai dapat membantu mencegah penyakit mata seperti katarak dan degenerasi makula terkait usia.

Beberapa studi telah menunjukkan bahwa asupan tinggi vitamin A dapat mengurangi resiko terkena katarak sebanyak 40 persen. Vitamin A juga dapat membantu mencegah penyakit seperti kanker.

Vitamin A bekerja dengan bertindak sebagai antioksidan kuat, menghilangkan radikal bebas dari tubuh. Zat-zat berbahaya ini dapat merusak sel-sel sehat dan jaringan dalam tubuh, yang sering dapat menyebabkan kanker.

Nutrisi melimpah lainnya dalam aprikot adalah beta karoten. Beta karoten sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung, terutama karena dapat membantu mencegah oksidasi kolesterol jahat (LDL), yang diketahui menyebabkan penyakit jantung.

READ:  10 Makanan Super untuk Konsumsi Setiap Hari

Orang yang menderita anemia bisa memperoleh manfaat dari konsumsi aprikot. Kaya akan zat besi dan tembaga, aprikot dapat membantu pembentukan hemoglobin. Hal ini dapat mengakibatkan pengurangan gejala anemia tertentu, seperti kelelahan atau sesak napas.

Dalam beberapa kasus, orang yang mengalami demam tinggi diberikan aprikot sebagai bagian dari pengobatan. Aprikot mengandung banyak vitamin, mineral, kalori dan air yang dibutuhkan tubuh untuk membantu melawan demam. Selanjutnya, mengkonsumis aprikot dapat membantu detoksifikasi tubuh, yang juga dapat menurunkan demam.

Penyakit kulit tertentu juga dapat diobati dengan minyak dari aprikot. Dengan menggosok pada daerah yang terkena, minyak aprikot mungkin dapat meringankan penyakit kulit seperti eksim dan kudis.

Manfaat Kesehatan Lainnya

Aprikot merupakan sumber dari sejumlah manfaat kesehatan lain yang tidak terkait dengan pencegahan penyakit tapi masih sama pentingnya. Misalnya, aprikot kaya serat, yang benar-benar membantu untuk sembelit dan gangguan pencernaan. Serat membantu mempromosikan buang air besar secara teratur dan lancar dan dapat membantu pencernaan makanan.

READ:  Bagaimana Memilih Makanan Tepat Saat Hamil

Banyak orang juga menggunakan aprikot dalam perawatan kulit mereka. Minyak dari aprikot dapat digosok ke kulit untuk membantunya tetap halus dan mengkilap. Minyak ini diserap sangat cepat dan menyeluruh.

Minyak aprikot merupakan pelembab yang dapat membantu mencegah kulit gatal karena paparan dingin dan meringankan luka akibat terbakar matahari.

Perhatian!

Ada satu hal penting untuk diingat ketika mengkonsumsi aprikot. Meskipun sangat jarang, ada beberapa kasus keracunan makanan akibat mengkonsumsi terlalu banyak biji aprikot. Untuk amannya, pastikan untuk menyingkirkan biji sebelum mengkonsumsinya.

Meskipun aprikot baik bagi kesehatan, namun tidak seharusnya digunakan secara eksklusif untuk mengobati salah satu kondisi yang dijelaskan di atas. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menambahkan sejumlah besar aprikot pada diet Anda untuk mengobati atau mencegah jenis penyakit tertentu.