Manfaat Tersembunyi dari Mengunyah Permen Karet

Manfaat Mengejutkan dari Permen KaretMengunyah permen karet adalah salah satu hal yang biasanya dilakukan tanpa berpikir saat bekerja, saat mengemudi atau saat duduk di dalam kelas.

Anda mungkin melakukannya untuk menangkal bau mulut, atau untuk memenuhi keinginan terhadap sesuatu yang manis.

Mungkin Anda tidak pernah berpikir, tapi mengunyah permen karet dapat memiliki efek positif pada kesehatan dan bahkan dapat mencegah berkembangnya kondisi tertentu.

Loading...

Manfaat Kognitif Permen Karet

– Permen karet dapat membantu konsentrasi

Sebelum menuju kantor, Anda mungkin harus meneguk satu atau dua cangkir kopi untuk sepenuhnya bangun dan merasa waspada. Alih-alih kafein, mengunyah permen karet ternyata juga memberikan efek yang sama.

Studi menunjukkan bahwa mengunyah permen karet dapat memberikan otak Anda dorongan dan membantu konsentrasi. Dorongan yang akan berlangsung selama sekitar 20 menit, namun cukup untuk membangunkan otak Anda dan bersiap menjalani hari.

– Permen karet mint membangunkan Anda

Jika Anda benar-benar merasa mengantuk, kunyahlah permen karet rasa mint. Para peneliti di Coventry University telah menemukan bahwa orang yang mengunyah permen karet mint – cenderung merasa kurang mengantuk daripada sebelumnya.

Jadi jika Anda terlihat seperti belum mendapatkan tidur malam yang cukup, kunyahlah permen karet mint.

– Permen karet meningkatkan aliran darah ke otak

Mengunyah permen karet juga dapat meningkatkan aliran darah ke otak sebesar 25 hingga 40 persen. Hal ini penting karena peningkatan aliran darah berarti peningkatan jumlah oksigen yang dikirim ke otak. Peningkatan oksigen, pada gilirannya, berarti memori dapat bekerja lebih efisien.

READ:  Berapa Batas Wajar Konsumsi Kafein Bagi Wanita Hamil?

Andrew Sholey, seorang profesor di British Sciences Institute di Australia, telah menunjukkan bahwa memori jangka pendek dapat meningkat hingga 35 persen hanya dengan mengunyah permen karet.

– Permen karet membantu Anda memusatkan perhatian

Studi lain menunjukkan bahwa mengunyah permen karet dapat meningkatkan rentang perhatian, mendorong waktu reaksi cepat dan bahkan meningkatkan suasana hati pengunyah.

Penelitian yang melibatkan siswa menunjukkan bahwa mereka yang mengunyah permen karet saat mengambil tes cenderung memiliki skor yang lebih tinggi dari rekan-rekan mereka. Siswa juga cenderung mengambil sedikit istirahat dan lebih memperhatikan di dalam kelas saat mengunyah permen karet.

Efek Terhadap Nafsu Makan

– Permen karet dapat menekan nafsu makan

Sebuah studi yang dilakukan di Louisiana State University menunjukkan bahwa orang yang mengunyah permen karet setelah makan siang kurang memiliki keinginan makan di kemudian hari. Subjek kurang cenderung untuk ngemil makanan ringan berkalori tinggi, jika mereka telah mengunyah permen karet satu jam, selama tiga jam setelah makan siang.

– Permen karet mengurangi keinginan terhadap makanan manis

READ:  6 Alasan Mengapa Tidur akan Membuat Anda Lebih Langsing

Studi yang sama menunjukkan bahwa mengunyah permen karet juga dapat mengurangi keinginan terhadap makanan manis. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa bahkan orang-orang yang mengunyah permen karet bebas gula kurang cenderung untuk ngemil yang manis-manis.

Manfaat Kesehatan Lainnya

– Permen karet dapat mencegah pembusukan gigi

Tidak ada cara yang lebih baik untuk mencegah pembusukan gigi dibandingkan dengan menyikat gigi secara teratur. Tapi Anda tidak bisa selalu menggosok gigi setiap kali selesai makan, permen karet adalah cara terbaik setelahnya.

American Dental Association (ADA) merekomendasikan untuk mengunyah sepotong permen karet bebas gula selama 20 menit setelah makan jika Anda tidak dapat menyikat gigi.

Mengunyah permen karet bisa merangsang produksi air liur dan aksi fisik mengunyah dan mendesirkan air liur di sekitar mulut dapat membasuh setiap bakteri yang mungkin ada pada gigi.

– Mengunyah dapat mencegah refluks asam

Peningkatan produksi air liur juga dapat membantu mencegah refluks asam serta gejala lain dari sakit maag.

Studi menunjukkan bahwa air liur dapat bertindak seperti antasida di perut dan tindakan menelan air liur dapat merangsang kontraksi dinding otot, yang membantu Anda mencerna makanan.

Untuk hasil terbaik, kunyahlah permen karet bebas gula.

– Permen karet dapat membantu usus pulih lebih cepat setelah operasi

READ:  Kenali si Pembohong Patologis, Apakah Teman Anda Salah Satunya?

Ini adalah salah satu manfaat dari permen karet yang mungkin benar-benar mengejutkan Anda. Permen karet dapat membantu usus Anda pulih lebih cepat setelah pemindahan bagian dari usus besar atau pembedahan perut lainnya.

Studi menunjukkan bahwa pasien yang mengunyah permen karet setelah operasi abdominal mayor mengambil lebih sedikit waktu untuk memiliki pergerakan gas dan gerakan usus dibandingkan mereka yang tidak mengunyah permen karet.

Para pasien yang mengunyah permen karet juga keluar dari rumah sakit lebih cepat. Para peneliti mengatakan bahwa hal ini karena permen karet adalah cara untuk mengelabui tubuh sehingga berpikir bahwa Anda sedang makan.

Ini merangsang sistem pencernaan serta produksi air liur dan melepaskan hormon gastrointestinal.

Lain kali saat Anda meraih camilan tinggi kalori – atau bahkan secangkir kopi, ambil permen karet sebagai gantinya. Anda tidak hanya akan menyimpan beberapa kalori, Anda juga akan mendapatkan manfaat mengejutkan dari permen bagi kesehatan Anda.