Biji Selasih dan Seribu Satu Khasiatnya untuk Kesehatan

Manfaat Biji Selasih Biji selasih atau Basilikum/Ocimum merupakan tanaman asli negeri Thailand, kemudian dalam perkembangannya banyak dibudidayakan ke seluruh dunia seperti India dan wilayah Asia Selatan.

Tanaman ini banyak memiliki manfaat dari akar muda, daun, bunga dan yang paling umum dipakai sebagai pengobatan tradisional adalah bijinya sebagai rempah-rempah serta penyegar (tonikum).

Dalam masyarakat China, biji selasih banyak dimanfaatkan sebagai penawar sakit demam karena kandungan zat-zat tertentu yang ada di dalamnya bisa menurunkan panas tubuh, baik untuk merawat gigitan serangga, obat batuk dan penambah selera makan.

Loading...

Biji selasih selain memiliki rasa yang enak juga dikonsumsi kapan pun tidak berdampak buruk terhadap kesehatan, walaupun begitu saat yang paling tepat untuk minum/makan olahan hidangan berbahan dasar biji selasih adalah pada malam hari sebelum tidur.

Dipercaya memiliki efek berguna seperti antibiotik yang bagus dalam melawan bakteri juga beberapa penelitian kesehatan terbaru menemukan bahwa biji selasih bisa membantu dalam pengontrolan kadar gula darah tinggi khususnya pada penderita diabetes tipe 2.

Pada umumnya biji selasih kering atau yang sudah direndam dalam air mudah diperoleh di pasar-pasar tradisional atau supermarket, harganya pun relatif murah, hanya perlu mengeluarkan uang Rp.2.000 per bungkus. Biji selasih cocok dicampur/diolah menjadi minuman segar saat berbuka puasa, disamping rasanya enak, khasiatnya pun banyak.

READ:  Manfaat Yogurt Untuk Kulit Cantik dan Bersinar

Manfaat Biji Selasih

Secara garis besar, manfaat biji selasih terutama untuk kesehatan tubuh kita, dapat dijelaskan berikut ini :

1) Sebagai obat herbal

Biji selasih banyak digunakan untuk campuran beberapa macam hidangan seperti jus, es buah/es campur, pudding maupun jelly.

Biji selasih dalam hal ini banyak mengandung nutrisi terkonsentrasi seperti karbohidrat, vitamin, mineral, lemak dan serat sehingga sangat bagus digunakan sebagai herbal pereda gangguan pencernaan, sakit tenggorokan, sembelit dan diare.

2) Mengontrol kadar gula darah

Berfungsi mengontrol kadar gula darah tinggi pada mereka yang terkena sakit diabetes tipe 2. Menurut beberapa penelitian kesehatan, biji selasih dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil.

3) Membantu menahan lapar

Biji selasih sangat bagus diberikan kepada mereka yang sedang melakukan program diet karena berfungsi membantu menahan rasa lapar.

4) Membantu insomnia

Khasiat biji selasih bagus untuk mengurangi kegelisahan atau pun susah tidur. Bagi Anda yang menderita penyakit gelisah berlebihan atau susah tidur, sangat baik secara rutin mengkonsumsi beberapa biji selasih ataupun makanan/minuman berbahan dasar bisi selasih. Karena biji selasih mempunyai khasiat menenangkan.

READ:  Efek Samping Terlalu Sering Minum Teh Oolong

5) Khasiat lain biji selasih

Khasiat biji selasih lainya menurut beberapa penelitian kesehatan, adalah dapat merangsang penyerapan, melancarkan sirkulasi darah, meredakan penderita kejang, sebagai penurun demam, sebagai pembersih racun dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Menggunakan Selasih sebagai Obat Herbal

Cara penggunaan biji selasih sebagai pengobatan herbal adalah sebagai berikut:

1. Untuk mengatasi penyakit radang lambung, sediakan 5 gram biji selasih lalu rebuslah dengan suhu air 200 cc, campurlah dengan 1 sendok makan madu murni. Minum ramuan ini selagi hangat-hangat kuku, lakukan rutin 2 kali dalam sehari, pagi dan malam hari.

2. Sebagai ramuan kecantikan, tumbuklah biji selasih hingga halus, seduh dengan air panas secukupnya. Aduk rata hingga terbentuk pasta, dinginkan. Gunakan sebagai lulur pada wajah dan leher Anda, lakukanlah 1 hari sekali yaitu menjelang mandi sore.

3. Untuk obat sakit gigi, ambilah 10 gr biji selasih, rebuslah bersama 4 butir cengkeh dengan air mendidih secukupnya. Lalu minumlah air tersebut selagi hangat-hangat kuku selama masa sakit hingga sembuh betul.

READ:  Soda Bergula, Fruit Punch, dan Resiko Batu Ginjal

4. Sebagai penenang, Anda yang sering mengalami kegugupan, rasa khawatir berlebihan dan mudah marah, biji selasi dapat dijadikan obat penenang, caranya seduhlah 5 gr biji selasih dengan air 200 cc. Lalu minumlah selagi hangat, bisa ditambah dengan campuran madu dan perasan air jeruk nipis.

**

Semoga bermanfaat untuk menjaga kesehatan Anda dan keluarga tercinta. Selamat mencoba.