10 Bangunan Masjid Paling Megah di Dunia

Bangunan Masjid Paling Megah di DuniaMasjidil Haram, Arab Saudi

Masjidil haram merupakan tempat tersuci bagi Umat Islam. Merupakan titik tumpuan shalat umat Islam yang berpusat di Ka’bah. Daya tampung masjid ini mampu mencapai jutaan jamaah, umat muslim dari seluruh dunia berkunjung ke Masjidil Haram selama musim haji dan umrah.

Masjid Nabawi, Arab Saudi

Masjid Nabawi di Madinah merupakan masjid tersuci kedua dan salah satu yang terbesar di dunia. Salah satu dari dua fitur yang paling penting dari masjid ini adalah bahwa lokasi makam Nabi Muhammad S.A.W, Khalifah Abu Bakar, dan Khalifah Umar berada di tengah masjid.

Fitur penting lainnya dari masjid ini yaitu bahwa pahala yang diberikan oleh Allah S.W.T (yang Maha Kuasa dan Maha Agung) untuk shalat yang dilakukan di masjid ini adalah 1.000 kali lebih banyak dari masjid lain di dunia, termasuk Masjid Al-Haram di Mekah dan Masjid Al-Aqsa di Yerusalem.

Masjid Sultan Ahmed, Turki

Masjid Sultan Ahmed, merupakan masjid bersejarah di Istanbul. Dikenal dengan sebutan Masjid Biru karena ubin biru yang mengelilingi dinding interiornya. Masjid ini dibangun antara 1609 dan 1616 tahun, pada masa pemerintahan Ahmed I.

Seperti halnya kebanyakan masjid lainnya, masjid ini juga terdiri dari makam pendirinya. Selain masih digunakan sebagai tempat beribadah, Masjid Sultan Ahmed juga menjadi daya tarik wisata populer di Istanbul karena keindahannya.

READ:  5 Ide Hadiah Natal yang Berkesan

Masjid Faisal, Pakistan

Masjid Faisal merupakan masjid paling besar di Pakistan. Selesai dibangun pada tahun 1986, dan juga dikenal sebagai Shah Faisal Masjid. Masjid ini dirancang oleh seorang arsitek Turki, Vedat Dalokay dengan bentuk bangunan yang unik menyerupai tenda padang pasir suku Bedouin.

Masjid Faisal terletak di tempat yang tinggi dari darat dengan latar belakang yang indah dari Margalla Hills, kaki barat Pengunungan Himalaya. Karena tempatnya yang tinggi, Anda bisa melihatnya meski dari kejauhan pada siang dan malam hari.

Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin, Brunei Darussalam

Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin adalah masjid kerajaan Islam yang terletak di Bandar Seri Begawan, ibukota Kesultanan Brunei. Masjid ini dianggap sebagai salah satu masjid paling indah di Asia Pasifik dan merupakan daya tarik wisata utama di Brunei.

Bangunan ini selesai pada tahun 1958 dan merupakan contoh arsitektur Islam modern. Kubahnya terdiri dari emas yang selalu bersinar terutama pada malam hari.

Selain kubah yang dilapisi emas murni, masjid ini juga dihias oleh pilar marmer dari Italia, lantai granit asal Sanghai, lampu kristal dari Inggris dan karpet yang langsung diimpol dari Arab Saudi.

Masjid Kristal, Malaysia

Masjid Kristal adalah sebuah masjid yang terletak di Pulau Wan Man, Kuala Terengganu, Malaysia. Masjid ini terdiri dari sebuah struktur besar yang terbuat dari baja, kaca dan kristal.

READ:  19 Pilihan Kado Istimewa dari Korea

Dibangun antara tahun 2006 dan 2008, dan secara resmi dibuka pada tanggal 8 Februari 2008 oleh Yang di Pertuan Agung, Sultan Mizan Zainal Abidin dari Terengganu. Masjid Kristal memiliki kapasitas untuk menampung lebih dari 1.500 jamaah pada satu waktu.

Masjid ini termasuk ke dalam salah satu masjid paling indah di dunia, maka dari itu Masjid Kristal menjadi objek pariwisata yang menarik untuk dikunjungi.

Masjid Kul-Sharif, Rusia

Masjid Kul-Sharif terletak di Kazan Kremlin, Rusia. Masjid ini dikenal sebagai masjid terbesar di Rusia, bahkan di Eropa. Dinamakan Kul-Sharif sesuai dengan nama imam yang bekerja disana, yang terbunuh akibat mempertahankan bangunan masjid pada tahun, namun pada 1552 masjid hancur karena adanya serangan.

Rekonstruksi masjid dimulai pada tahun 1996, mencakup perpustakaan serta museum di dalamnya.

Masjid Raya Djenne, Mali

Masjid Raya Djenne dianggap oleh banyak arsitek sebagai salah satu prestasi terbesar dari gaya arsitektur Sudano-Sahel. Masjid ini terletak di kota Djenne, Mali, di dataran banjir Sungai Bani. Selain sebagai pusat komunitas Djenne, masjid ini juga merupakan salah satu landmark paling terkenal di Afrika.

READ:  Ini Dia, Ide yang Membuat Menonton Film Semakin Menyenangkan!

Masjid Agung Sheikh Zayed, UEA

Masjid ini merupakan salah satu masjid terbesar yang mampu menampung kapasitas sebanyak 41.000 jamaah. Masjid yang terletak di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab ini terdiri dari 82 kubah yang dilapisi emas 24 karat dan setiap ujungnya menyerupai lilin.

Tidak hanya sampai disitu, masjid ini juga dihiasi permadani rajutan tangan terbesar di dunia. Keindahan masjid Agung Sheikh Zayed semakin bertambah karena pantulan cahaya dari kolam yang mengelilingi masjid.

Paduan antara warna putih dan emas bersinar mencolok saat terpapar sinar matahari dan mencerminkan fase bulan pada malam hari.

Masjid Jame Asr Hassanil Bolkiah, Brunei Darussalam

Masjid ini merupakan salah satu masjid megah yang terletak di Bandar Sri Begawan, Brunei Darussalam. Masyarakat setempat juga mengenal masjid ini sebagai Masjid Kiarong dan dianggap sebagai salah satu monumen termegah bagi umat Islam.

Desain seni dan interior masjid ini menunjukkan ungkapan kedalaman cinta untuk membangun simbol indah dari pengabdian kepada Islam.