Latihan Otak untuk Meningkatkan Daya Ingat

Latihan Otak untuk Meningkatkan Daya IngatBanyak orang mengalami sedikit kesulitan dalam mengingat hal-hal dari waktu ke waktu.

Mungkin Anda seorang mahasiswa yang mengalami kesulitan mengingat rincian pelajaran atau bacaan tertentu. Atau mungkin Anda mengalami kesulitan dalam mengingat nama atau tanggal, sehingga Anda kadang-kadang harus menuliskannya di punggung tangan Anda.

Amnesia, penyakit Alzheimer, trauma otak, beberapa kondisi psikologis dan penyalahgunaan narkoba dan alkohol, semua bisa menjadi penyebab signifikan hilangnya daya ingat. Selain itu, proses penuaan alami juga ikut mempengaruhi.

Loading...

Dalam hal apapun, tidak ada salahnya melakukan beberapa latihan otak untuk meningkatkan daya ingat Anda. Simak artikel berikut untuk tahu apa saja latihan otak yang dapat Anda lakukan dalam upaya meningkatkan daya ingat Anda.

Ada beberapa latihan otak yang dapat Anda lakukan untuk membantu meningkatkan daya ingat Anda. Beberapa aspek terbesarnya, latihan ini mudah masuk ke dalam kegiatan sehari-hari Anda, juga bisa menyenangkan dan bermanfaat.

Nah, buatlah perbedaan dalam seberapa baik Anda mengingat suatu informasi dengan melakukan latihan otak berikut, dilansir dari SymptomFind.com:

Puzzle

Bermain puzzle merupakan cara terbaik untuk menggunakan kekuatan otak Anda dalam mengingat dan menghubungkan. Tidak selalu harus puzzle. Anda juga dapat melakukan teka-teki silang dan teka-teki kata dalam rangka meningkatkan daya ingat Anda.

READ:  8 Antivirus Alami, Solusi Atasi Flu dan Pilek

Cobalah mengganti beberapa jam dari waktu Anda di depan TV atau komputer setiap minggunya dengan bermain puzzle.

Game

Bermain game tidak hanya menyenangkan tetapi juga dapat menjadi penguat daya ingat. Namun, perlu diingat bahwa permainan terbaik untuk otak Anda adalah yang melibatkan pemecahan masalah atau daya ingat.

Selain permainan papan dan permainan strategi, beberapa video game dan game komputer terbaru juga termasuk dalam kategori ini.

Cobalah untuk memilih beberapa permainan yang melibatkan persaingan dengan orang lain atau sensitivitas waktu, karena ini akan mempertajam kecepatan dan kemampuan mengingat.

Membaca

Membaca buku yang bagus, koran atau majalah bisa menjadi cara yang bagus untuk merangsang otak Anda. Sementara bacaan apapun baik adanya, otak Anda akan bekerja lebih keras jika Anda memilih bahan yang menantang untuk dibaca.

Cobalah untuk menyisihkan waktu untuk membaca setiap hari untuk membantu Anda meningkatkan daya ingat Anda.

Belajar hal-hal baru

Salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk otak Anda adalah memaparkan diri Anda pada hal-hal baru. Mengambil kelas memasak, belajar memainkan alat musik, melakukan hobi baru atau mempelajari keterampilan baru adalah cara-cara yang baik untuk menantang otak Anda.

READ:  Asuransi Otak dan Melatih Daya Ingat

Anda juga bisa mencoba untuk mempelajari bahasa baru. Setelah menghafal kata-kata baru, struktur kalimat dan aturan tata bahasa akan benar-benar merangsang daya ingat Anda.

Latihan fisik

Banyak orang mungkin akan terkejut mengetahui bahwa tidak semua latihan otak harus dilakukan dengan puzzle, permainan atau kegiatan berbasis pemikiran lainnya. Bahkan, melakukan latihan fisik juga bermanfaat untuk otak dan daya ingat Anda.

Sebuah studi dalam Prosiding National Academy of Sciences menemukan bahwa individu yang melakukan latihan aerobik secara teratur mengalami peningkatan signifikan aliran darah ke daerah otak mereka yang berkaitan dengan daya ingat hanya dalam waktu tiga bulan.

Selain itu, mereka mencetak skor lebih baik pada tes memori. Meskipun belum terbukti, banyak ahli menduga bahwa latihan fisik juga dapat merangsang pertumbuhan sel-sel baru di daerah otak yang berkaitan dengan daya ingat.

Bersosialisasi

Penelitian telah menemukan hubungan yang kuat antara kesehatan otak dan kepribadian. Jika Anda ingin meningkatkan daya ingat Anda, pastikan untuk menjaga kehidupan sosial Anda tetap aktif, baik yang melibatkan pertemanan dan hubungan dengan anggota keluarga, bergabung dengan klub lokal atau menjadi relawan.

READ:  Tips dan Cara Meningkatkan Otak Anak Dengan Makanan

Berada di sekitar orang lain adalah cara yang baik untuk tetap terstimulasi secara intelektual dan untuk meningkatkan kemampuan daya ingat Anda.