Inilah 5 Sub-Unit K-pop Terbaik

Sub-Unit K-pop TerbaikSelama beberapa tahun terakhir, pecinta K-pop telah dihibur oleh banyaknya sub-unit dari sebuah grup. Ini merupakan strategi sederhana yang dilakukan oleh banyak agensi.

Tersusun dari beberapa anggota di unit yang lebih kecil, memberi mereka nama baru, dan mempromosikannya sebagai suatu kelompok yang terpisah dengan jumlah anggota yang lebih sedikit.

Gagasan pengelompokan tersebut telah terbukti cukup efektif, terutama dampak langsung pada keberhasilan kelompok atau grup asli dari sub-unit tersebut. Ada manfaat tertentu yang bisa diperoleh dengan membentuk sub-unit, pertama yaitu memberikan kesempatan kepada anggota lain yang tidak begitu dikenal publik untuk menyoroti bakat yang dimilikinya.

Loading...

Selain itu sub-unit juga merupakan salah satu solusi terbaik untuk menciptakan image yang sama sekali berbeda guna memperluas basis penggemar di seluruh dunia.

Di bawah ini adalah 5 sub-unit K-pop terbaik di Korea Selatan:

1. Super Junior K.R.Y

Memiliki jumlah anggota 13 orang, Super Junior dikatakan sebagai grup idola terbesar di dunia K-Pop. Hal ini membuat masyarakat umum kesulitan untuk mengenali seluruh anggota, kebanyakan orang awalnya hanya mengenal anggota yang lebih populer seperti Leeteuk, Siwon, dan Heechul.

READ:  Kimchi, Acar Korea Kaya Manfaat

Oleh karena itu mereka mulai membentuk Super Junior KRY, dibentuk pada tahun 2006 yang terdiri dari Kyuhyun, Ryeowook dan Yesung.

Ini adalah sub-unit pertama dalam K-pop dan ketiganya merupakan anggota Super Junior yang menempatkan penekanan pada bakat vokal mereka, serta melakukan pekerjaan yang luar biasa dengan menciptakan image bernyanyi yang kuat dalam kelompok.

Super Junior KRY merupakan kelompok sub-unit idol pertama, dan merupakan salah satu yang terbaik di Korea.

2. G-Dragon and TOP

GD & TOP adalah album debut dari artis Korea Selatan G-Dragon & TOP, sub-unit ber-genre hip-hop dari grup populer Big Bang. Album tersebut dirilis pada tanggal 24 Desember 2010.

Ketika keduanya mempersiapkan album Big Bang berikutnya bersama dengan tiga anggota lainnya, G-Dragon dan TOP mulai bereksperimen dengan gaya yang berbeda.

Awalnya mereka hanya mencoba “kombinasi” baru untuk membuat musik mereka, namun melihat respon positif terhadap sub-unit ini, Yang Hyun-seok, CEO YG Entertainment kemudian memberi kesempatan untuk duo ini merilis album. Kebanyakan lirik dari album tersebut ditulis oleh G-Dragon dan TOP, mereka merasa perlu untuk menyampaikan sebuah cerita kepada para penggemar mereka.

READ:  Ramyeon, Mie Instan Ala Korea

3. SS501 Proyek Grup

Pada Oktober 2008, Kim Hyun Joong mendapatkan peran utama dalam sebuah drama Korea berjudul Boys Over Flower dan memainkan karakter sebagai Yoon Ji Hoo, satu dari empat pria terkaya dalam drama tersebut. Park Jung Min juga disibukkan dengan debut musikalnya di Grease sebagai “Danny Park” dan sukses meraup berbagai penghargaan.

Kesibukan dua anggota SS501 tersebut kemudian membuat tiga anggota yang tersisa membentuk ‘SS501 Proyek Grup’ atau sub-unit mereka dengan Heo Young Saeng sebagai pemimpin. Mereka merilis proyek album berjudul “UR Man” pada bulan November 2008.

Sub-unit ini lalu memberikan kontribusi dengan menyanyikan soundtrack untuk drama Boys Over Flower dan menerima beberapa penghargaan seperti ” Song of the Month”, “Best OST Award”, dan “Best TV Drama Song of the Year”.

4. Infinite H

Pada Agustus 2012, Woolim Entertaintment mengejutkan sebagian besar pecinta K-pop dengan pernyataannya yang mengatakan bahwa sub-unit resmi pertama dari boy band Infinite akan dibentuk. Terdiri dari dua anggota bernama Dongwoo dan Hoya yang kemudian memulai debutnya dengan mini album yang berjudul “Fly High”.

READ:  Perbedaan Dorama Jepang dan Drama Korea

Hal ini dikatakan sebagai suatu wujud terima kasih kepada penggemar Infinite yang senantiasa memberikan cinta dan dukungannya. Setelah music video Special Girl dirilis, lagu tersebut langsung mencapai puncak teratas di berbagai chart musik di Korea Selatan.

5. TaeTiSeo

TaeTiSeo merupakan sub-unit dari girl band SNSD yang dibentuk pada tahun 2012. TaeTiSeo terdiri dari tiga vokal terbaik yang dimiliki SNSD, yaitu Taeyeon, Tiffany dan Seohyun.

Sub-unit ini belum terlalu lama terbentuk namun dengan cepat mampu menarik begitu banyak perhatian bukan hanya di Korea tetapi dari seluruh dunia.