5 Khasiat Biji bunga Matahari untuk Kulit dan Kesehatan Tubuh

Biji Bunga MatahariBunga matahari (Helianthus annuus L.) merupakan salah satu jenis tumbuhan semusim dari suku kenikir-kenikiran (Asteraceae) yang akhir-akhir ini sangat populer sebagai tanaman hias yang banyak menghasilkan minyak.

Bentuk bunga ini sangat khas : besar, berwarna kuning terang, dimana kepala bunganya bisa mencapai diameter 30 cm. Bunga ini termasuk ke dalam jenis bunga majemuk, tersusun dari ratusan hingga ribuan bunga kecil pada satu bongkol.

Ciri khas lain dari bunga ini adalah selalu menghadap ke arah matahari atau disebut dengan istilah heliotropisme. Bunga matahari terkenal sebagai bunga nasional negara Ukraina dan bunga resmi negara bagian Kansas, Amerika Serikat.

Loading...

Bunga matahari selain memiliki bentuk dan mahkota bunga yang sangat cantik, juga mempunyai biji-biji bunga yang bermanfaat bagus untuk kesehatan tubuh. Berikut kami bagikan manfaat biji bunga matahari:

1) Antioksidan Kuat

Minyak dari biji bunga matahari banyak bermanfaat untuk kesehatan tubuh karena kandungan antioksidan kuat yang memiliki dampak antiinflamasi dan sangat berguna bagi orang-orang dengan gangguan kesehatan seperti arthritis, asma dan eksim.

READ:  8 Cara Alami Menghilangkan Sakit Gigi

Kandungan vitamin E pada biji ini banyak menyimpan kolesterol baik yang bisa mencegah tubuh dari oksidasi (kolesterol jahat yang memblokir arteri ketika teroksidasi). Senyawa lain yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh seperti pitosterol dalam vitamin E, baik untuk membantu menurunkan kolesterol darah.

2) Mineral untuk Kesehatan

Kandungan mineral dalam biji bunga matahari sangat baik bagi kesehatan. Mineral magnesium yang banyak terdapat pada biji bunga matahari memberikan manfaat bagus untuk menurunkan tekanan darah (hipertensi) dan meredakan sakit kepala yang disebabkan oleh migrain.

Juga mineral selenium dalam biji bunga matahari, mempunyai peranan yang sangat penting untuk memperbaiki DNA dalam sel tubuh yang rusak dan membantu mencegah pertumbuhan sel-sel kanker ganas.

3) Kecantikan Kulit dan Wajah

Seperti yang sudah diketahui bahwa vitamin E sangat baik dalam menjaga serta merawat kecantikan kulit tubuh dan wajah serta kesehatannya. Vitamin E merupakan jenis antioksidan yang cocok digunakan untuk mengusir radikal bebas dalam seluruh tubuh kita.

Dengan kadar vitamin E tinggi di dalam minyak biji bunga matahari, bisa memberikan manfaat luar biasa dalam retribusi pencerahan kulit sehat dan segar karena ia berfungsi baik di dalam mempertahankan kekencangan serta membantu memperlambat penuaan dini.

READ:  Manfaat Mengkonsumsi Biji Bunga Matahari

4) Banyak mengandung nabati

Ini berarti jika Anda memanfaatkannya terutam kandungan vitamin E yang ada di dalam minyak biji bunga matahari, apalagi jika diolah dengan sistem tradisional/alami. Bukan hanya baik digunakan sebagai perawatan kulit saja melainkan vitamin E di dalamnya cukup bagus sebagai media perawatan kesehatan rambut.

5) Kesehatan jantung dan pembuluh darah

Vitamin E dalam biji bunga matahari berperan aktif untuk pencegahan penyakit kardiovaskular. Sebagai antioksidan vitamin E berfungsi untuk mencegah oksidasi kolesterol oleh radikal bebas.

Radikal bebas bisa menyebabkan aterosklerosis (penyumbatan pembuluh darah oleh plak kolesterol), dari sini berakibat penyumbatan pada arteri, sehingga memicu timbulnya penyakit jantung dan stroke.

Manfaat lain yang bisa diperoleh dari biji bunga matahari selain seperti tersebut di atas adalah membantu pertumbuhan sel-sel baik yang terdapat di dalam tubuh anak-anak, mengurangi resiko diabetes, melindungi kesehatan syaraf, mengurangi resiko kanker, serta menjaga kesehatan otak dan tulang,

**

Jika Anda ingin memperoleh khasiat dan manfaat luas tentang kegunaan biji-biji bunga matahari, dapat memperolehnya melalui makanan/minuman olahan berbahan dasar bunga matahari seperti jamu tradisional, mencoba makanan ringan dari biji bunga matahari seperti kwaci jumbo biji bunga matahari.

READ:  Kandungan Biji Bunga Matahari Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Produk olahan biji bunga matahari itu bisa memberi solusi kesehatan yang bagus untuk tubuh, wajah dan rambut Anda.