Nikmati Segarnya Jus Kiamboy dan Dapatkan Manfaat Sehatnya

Jus KiamboyJus dari buah – buahan segar bisa dijadikan sebagai minuman yang menyegarkan apalagi kalau dinikmati di siang hari saat kita lelah beraktifitas di dalam maupun di luar rumah karena jus buah – buahan ini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh.

Agar jus yang didapat memiliki manfaat sempurna baik itu dari rasa maupun kegunaan, dapat dikombinasikan dengan menambahkan sayur – sayuran segar, susu dan gula/madu.

Salah satu jenis jus buah yang memiliki seribu satu manfaat dan rasa yang sangat segar adalah jus kiamboy. Kiamboy adalah sejenis manisan buah kering dari buah plum yang dikeringkan dengan campuran rasa manis, asem dan asin.

Loading...

Ada tiga jenis manisan kiamboy yang umum dipasarkan di toko – toko makanan yaitu yang berwarna putih rasanya manis, sedikit asam dan tidak terlalu asin, yang berwarna merah rasa sedikit lebih asin dan asam serta yang berwarna abu – abu mirip buah plum yang dikeringkan, tanpa biji dan rasanya manis.

Kiamboy banyak mengandung vitamin C sehingga sering mengonsumsi manisan ini dapat bermanfaat sebagai obat untuk menyembuhkan panas dalam dan sariawan.

READ:  Tips Memilih Tabir Surya dari Ahli Dermatologi

Kiamboy dapat diolah menjadi beraneka ragam jenis makanan dan minuman, keduanya sama – sama memiliki manfaat untuk kesehatan badan hanya saja berbeda dari rasa, ada yang senang langsung memakannya tetapi banyak juga yang mengkonsumsi kiamboy dengan cara diolah menjadi makanan/minuman lain seperti jus ini.

Untuk rasa dari hasil olahan aneka makanan dan minuman dari kiamboy, tidak perlu diragukan lagi, semua lezat dan segar membuat lidah ketagihan.

Resep Jus Kiamboy

Salah satu resep sederhana jus kiamboy dapat diberikan sebagai berikut :

Bahan – bahan yang diperlukan :

  • 4 buah kiamboy merah keluarkan bijinyaatau sesuai dengan selera (bisa 6 biji)
  • 200 ml air matang
  • 3 sdm madu
  • Es batu secukupnya

Cara membuatnya adalah :

1) Potong kecil – kecil manisan kiamboy, sebelumnya keluarkan bijinya

2) Masukkan semua bahan ke dalam gelas lalu blender sampai hancur dan bersatu

3) Tuangkan jus kiamboy ke dalam gelas dan siap disajikan, untuk 1 porsi.

Manfaat Sehat Buah Plum

Buah plum sebagai bahan dasar dari pembuatan manisan kiamboy, menurut beberapa penelitian memiliki manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan.

READ:  Bagaimana Mengobati Flu Secara Alami?

1) Buah plum memiliki kandungan kalsium dan beberapa vitamin tinggi. Sedangkan untuk plum yang sudah diolah dan dikeringkan menjadi makanan lain seperti manisan kiamboy, memiliki kandungan mineral tinggi yang membuat tulang – tulang mereka lebih kuat/padat terutama di bagian ulna yaitu salah satu dari dua tulang panjang yang terletak di bagian lengan bawah dan tulang belakang.

2) Osteoporosis adalah salah satu jenis penyakit tulang yang hanya dapat dicegah dengan banyak minum susu. Beberapa peneliti kesehatan menyarankan agar tidak menunggu sampai anda mengalami penyakit ini, sehingga perlu bantuan perawatan intensif dari seorang dokter.

Lakukan pencegahan sedini mungkin, seperti rutin makan buah plum dapat membantu pembentukan tulang kuat. Plum dapat dimakan dalam bentuk apapun, buah segar atau diolah menjadi makanan/minuman lain seperti pelengkap kue, manisan dan jus segar.

3) Plum dapat mengatasi sembelit. Rutin mengkonsumsi segarnya buah plum sekitar 10 buah per hari, niscaya saluran pencernaan anda sehat.

4) Buah plum juga mengandung vitamin C dosis tinggi sehingga bagus untuk kesehatan mulut dan gusi, anda terhindar dari sakit sariawan dan gangguan penyakit mulut lainnya.

READ:  3 Tips Sehat Berenergi saat Berpuasa

Banyak manfaat dari buah plum baik itu dalam keadaan segar atau setelah diolah menjadi makanan/minuman lain sehingga sangat dianjurkan untuk anda sekeluarga mengkonsumsinya entah itu sebagai makanan pokok untuk pencegahan/pengobatan si sakit atau hanya sebagai makanan biasa seperti pencuci mulut atau cemilan keluarga.

Yang jelas, dengan selalu menyediakan buah ini di rumah, sudah membantu keluarga tercinta untuk membentuk mereka menjadi keluarga yang sehat.