6 Aplikasi Pisang untuk Kulit Sehat Cantik

6 Aplikasi Pisang untuk Kulit CantikPisang merupakan buah yang sangat sehat, yang memberikan banyak manfaat kesehatan. Pisang mengandung banyak nutrisi, termasuk vitamin A, B, C dan E bersama dengan mineral seperti kalium, seng, besi dan mangan.

Hanya dengan mengkonsumsinya, pisang membantu menjaga tubuh Anda agar tetap prima, sedangkan aplikasinya pada rambut dan kulit akan membantu Anda menjaganya tetap cantik.

Buah pisang memiliki zat gizi yang penting untuk kulit. Mengandung sejumlah besar vitamin C dan B6 yang memainkan peran penting dalam menjaga integritas dan elastisitas kulit.

Loading...

Selain itu, sejumlah besar antioksidan dan mangan yang ada dalam pisang melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas oksigen, penyebab penuaan dini pada kulit.

Jadi manfaat besar dari pisang adalah kulit tampak lebih muda. Pisang memiliki sekitar 75 persen berat air didalamnya. Jadi pisang membantu melembabkan kulit Anda dan mencegah dari kekeringan.

Berikut adalah beberapa manfaat pisang bagi kulit:

1. Pelembab Alami

Pisang adalah pelembab alami yang baik bagi kulit Anda. Vitamin A dalam pisang mengembalikan kelembaban yang hilang dan memperbaiki kulit yang rusak, kusam dan kering.

Untuk melembabkan kulit kering dan kusam, hancurkan pisang matang dan terapkan pada wajah Anda. Hindari kontak dengan mata. Biarkan pada kulit Anda selama 20-25 menit dan kemudian cuci dengan air hangat. Anda akan langsung merasakan kulit tampak halus dan kenyal.

READ:  Tips Merawat dan Membersihkan Perhiasan Emas

Jika Anda memiliki kulit kering dan mudah terkelupas, Anda juga dapat menambahkan madu pada masker wajah ini. Masker pisang dan madu juga membantu dalam menyingkirkan pigmentasi kulit.

Masker wajah lain yang mudah untuk mendapatkan kulit lembab adalah setengah pisang matang tumbuk dicampur dengan 1 sdm. yogurt dan 1 sdt. minyak vitamin E. Oleskan pada wajah bersih dan bilas setelah 30 menit.

2. Kulit Bercahaya

Pisang mengandung sejumlah vitamin C di dalamnya yang membantu dalam menjaga cahaya alami dan muda pada kulit.

Berikut adalah beberapa masker pisang wajah yang dapat Anda gunakan untuk mendapatkan kembali cahaya alami wajah Anda:

– Hancurkan setengah pisang matang dan campurkan dengan 1 sdm. bubuk/pasta cendana dan 1/2 sdt. madu. Diamkan selama 20-25 menit dan cuci dengan air hangat. Masker wajah ini bermanfaat bagi kulit berminyak karena cendana membantu membersihkan sebum dan minyak berlebih dari kulit sekaligus menjaganya tetap lembab.

– Tumbuk satu pisang matang dan campur dengan sari buah lemon (sekitar 2-3 sdm.). Biarkan selama 25 menit. Masker ini penuh dengan vitamin C yang akan menyingkirkan kekusaman dan membantu mengurangi bintik-bintik dan noda.

3. Scrub Pisang

Pisang sarat dengan anti-oksidan, dicampur dengan beberapa bahan, tidak hanya membantu menyingkirkan sel kulit mati, tetapi juga meremajakan kulit.

Berikut adalah beberapa scrub pisang yang dapat Anda buat dengan menggunakan bahan-bahan yang tersedia di dapur Anda:

READ:  5 Resep Masker Rambut dari Pisang

– Ambil pisang tumbuk dan 1 sdm. gula, campurkan dengan baik. Oleskan pada kulit Anda dan gosokkan dengan gerakan memutar. Pisang akan melembabkan kulit kering sementara butiran gula akan menyingkirkan kulit mati.

– Hancurkan pisang matang, tambahkan 2-3 sendok makan gandum, 1 sdm. madu dan 1 sdm. susu. Oleskan pada wajah Anda dan biarkan selama 5 menit, lalu perlahan-lahan pijat kulit Anda. Cuci dengan air dingin. Jika Anda memiliki kulit sangat kering, Anda dapat mengganti susu dengan krim segar.

– Ambil setengah pisang matang, 1 sdm. santan, 2 sdm. beras, baurkan semuanya bersama-sama untuk mendapatkan pasta tebal. Pijat lembut wajah Anda dengan pasta ini dan cuci dengan air dingin setelahnya.

– Untuk membuat body scrub, tumbuk 2 pisang dan 4-5 stroberi dengan menggunakan blender. Campur 3 sendok makan gula dan gunakan sebagai scrub saat Anda mandi.

4. Anti-Penuaan

Nutrisi dalam pisang membantu dalam memerangi keriput dan membuat kulit awet muda. Untuk masker wajah anti-penuaan yang sarat dengan vitamin A dan E, tumbuk bersama alpukat dan pisang. Terapkan dan biarkan selama 25 menit, lalu bilas.

Kulit akan menjadi lembut dan awet muda. Vitamin E dalam alpukat dikombinasikan dengan nutrisi dalam pisang untuk melawan radikal bebas dan memperbaiki kerusakan.

Masker wajah sederhana lain untuk melawan efek penuaan adalah tumbuk 1/4 pisang sampai sangat kental dan tambahkan satu sendok teh air mawar. Oleskan pada wajah dan leher dan bilas setelah 30 menit.

READ:  Manfaat Kulit Pisang untuk Wajah Cantik dan Kulit Sehat

5. Perawatan Kaki

Sifat melembabkan pisang dapat digunakan untuk menyingkirkan tumit pecah-pecah. Yang perlu Anda lakukan adalah bubur dari dua buah pisang matang dan terapkan pada kaki yang bersih dan kering. Biarkan selama 10 menit dan bilas.

Bubur pisang akan menembus jauh ke dalam kulit kering dan pecah-pecah, membuat kaki lembut dan elastis.

6. Mata Bengkak

Hancurkan setengah pisang dan terapkan di sekitar mata bengkak. Biarkan selama 15-20 menit dan kemudian bilas dengan air dingin. Bengkak tersebut akan lenyap seketika. Pisang kaya akan kalium, menarik keluar kelebihan cairan dari bawah kulit dan mengurangi pembengkakan dengan segera.

**

Anda juga dapat menerapkan kulit pisang sebagai pengganti pisang tumbuk. Tips ini juga dapat digunakan setiap kali Anda menerapkan face pack dan berpikir ingin menggunakan irisan mentimun pada mata Anda.