Tips Melakukan Perjalanan Wisata ke Green Canyon

Green Canyon Green Canyon atau yang juga sering disebut Cukang Taneuh oleh warga setempat merupakan obyek wisata yang terletak di Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Jika dalam waktu dekat ini Anda memiliki rencana untuk mengunjungi obyek wisata Green Canyon, Anda tidak boleh mengacuhkan tips-tips berikut ini:

Rute

Apabila Anda melakukan perjalanan dari Jakarta, sebaiknya Anda memilih alternatif jalan paling memungkinkan dengan menggunakan mobil melalui Bandung menuju Tasikmalaya.

Dari Tasik, Anda akan menemui dua alternatif jalur yang bisa Anda ditempuh, pertama dengan melalui jalur timur melewati Kota Tasik, Ciamis, Kota Banjar, Pangandaran, Parigi dan kemudian Cijulang.

Jarak yang Anda tempuh melalui jalur ini adalah sekitar 170 km. Pilihan jalur lainnya yaitu jalur selatan, ketika Anda memilih jalur ini, Anda akan melewati Kota Tasik, Cipatujah, kemudian sampai ke Cijulang, dengan jarak sekitar kurang lebih 60 km.

Rute jalur selatan memang memiliki jarak tempuh yang lebih pendek, namun tidak disarankan bagi Anda yang ingin sampai dengan cepat ke tujuan. Padatnya aktivitas hilir mudik truk pengangkut pada jalur tersebut membuat jalan rusak parah dan justru akan membuat perjalanan Anda memakan waktu yang lebih lama.

READ:  Saint Tropez, Tujuan Utama Liburan Kaum Jetset

Waktu

Selain rute, Anda juga perlu memperhatikan waktu keberangkatan. Akhir pekan adalah hari dimana lokasi wisata Green Canyon dipenuhi pengunjung, jika Anda tidak ingin mengantri, hindari datang pada akhir pekan.

Akan tetapi jika Anda hanya memiliki waktu berlibur di akhir pekan, disarankan untuk datang lebih cepat. Green Canyon dibuka sejak pukul 07.30 hingga 16.00 WIB.

Tidak disarankan untuk berkunjung pada saat musim hujan, karena pada musim itu kemungkinan besar Green Canyon ditutup akibat debit air yang meningkat. Musim kemarau adalah waktu terbaik untuk berkunjung karena air sungai akan berwarna hijau jernih dan tenang.

Biaya

Jangan membawa terlalu banyak uang, sediakan dalam jumlah yang cukup ketika akan berwisata ke Green Canyon. Satu-satunya transportasi yang bisa digunakan dari dermaga menuju Green Canyon adalah perahu, Anda dapat menyewanya dengan harga Rp 125.000 dengan jumlah maksimal untuk enam orang.

Anda juga bisa berenang, tetapi akan dikenakan biaya tambahan. Sebaiknya Anda melakukan perjalanan dengan rombongan keluarga atau teman, dengan begitu Anda dapat lebih menghemat biaya penyewaan perahu.

READ:  Bulan Madu Ke Australia, Kenapa Tidak?

Perlengkapan

Jika Anda berencana untuk berenang di Green Canyon, jangan lupa untuk menyiapkan baju ganti. Selain itu jika perlu siapkan kamera anti air, Anda tentu saja ingin mengabadikan momen menyenangkan di sana.

Untuk keamanan, tukang perahu di Green Canyon telah menyiapkan pelampung atau life jacket bagi pengunjung.

Fasilitas

Jika Anda tidak sempat membuat bekal, Anda tidak perlu khawatir karena ada terdapat banyak warung makan yang berdekatan dengan lokasi parkir. Anda juga bisa mencari cendera mata misalnya kaos yang berada di lokasi yang sama.

Penginapan

Di sana Anda bisa memilih beberapa pilihan tempat untuk menginap. Jika Anda merasa belum begitu lelah, Anda bisa melakukan perjalanan menuju Pangandaran dengan waktu tempuh kurang lebih satu jam.

Terdapat beberapa pilihan penginapan di sana dengan berbagai harga. Namun jika Anda tidak sanggup lagi melakukan perjalanan, Anda dapat menginap di kawasan Panti Batu Karas, jarak tempuhnya tidak lama, hanya sekitar 15 menit dari Green Canyon.

Apabila anggaran Anda terbatas, jangan ragu untuk mencoba Bonsai Bungalow. Biaya per malam sekitar Rp 300.000 untuk menampung tiga orang. Fasilitas yang ditawarkan juga cukup baik, seperti kamar AC, kamar mandi dalam, dan sarapan roti.

READ:  Menikmati Indahnya Panorama dari atas Rumah Pohon Di Solok

Jika Anda lebih dari tiga orang, Anda dapat menyewa Bonsai Bungalow yang lebih besar yang mampu menampung 6 orang dengan harga Rp 600.000 per malam.