Khasiat di Balik Pahitnya Biji Mahoni

Khasiat Biji MahoniMahoni (atau nama latinnya Swietenia mahagoni jacq) banyak tumbuh liar di hutan dan tempat-tempat lain terutama dekat dengan daerah pantai, bahkansekarang telah dibudidayakan pengembangannya di tepi jalan kota-kota besar sebagai pohon pelindung.

Tanaman ini aslinya berasal dari Hindia Barat kemudian menyebar ke seluruh dunia, karena mudah tumbuh subur terutama di tanah gembur berpasir atau tanah-tanah dekat dengan pantai.

Seperti kebanyakan pohon kategori obat, mahoni berasa sangat pahit karena di dalamnya tersimpan khasiat alami yang bagus digunakan sebagai obat beragam keluhan penyakit, di antaranya adalah kandungan flavonoid dan saponin.

Loading...

Kandungan flavonoid ini berguna untuk:

  • melancarkan peredaran darah
  • mencegah tersumbatnya saluran darah
  • mengurangi kadar kolesterol dan penimbunan lemak pada dinding pembuluh darah
  • membantu mengurangi rasa sakit, pendarahan, lebam
  • berfungsi sebagai antioksidan.

Kandungan saponin berguna sebagai:

  • pencegah penyakit sampar
  • mengurangi lemak tubuh
  • meningkatkan sistem kekebalan
  • memperbaiki tingkat gula darah
  • menguatkan fungsi hati
  • memperlambat proses pembekuan darah.

Dalam ilmu farmakologi Cina dan sistem pengobatan tradisional kuno menyebutkan bahwa tanaman mahoni memang pada dasarnya memiliki sifat pahit, dingin, antipiretik (penurun panas), antijamur dan mampu menurunkan penyakit tekanan darah tinggi. Efek farmakologis terutama diperoleh dari penggunaan biji mahoni yang dikeringkan, digiling halus hingga menjadi serbuk.

READ:  Hati-Hati, Jus Buah Juga Bergula Tinggi

Adapun khasiat biji mahoni secara garis besar dapat dijelaskan sebagai berikut:

1) Mengatasi hipertensi

Khasiat biji mahoni sangat bagus dipakai dalam mengatasi hipertensi, gangguan gula darah, kurang nafsu makan, demam dan membantu menjaga daya tahan tubuh tetap sehat.

Cara mengolahnya, biji ditumbuk atau dihaluskan menjadi serbuk lalu diseduh dengan air panas satu cangkir, secara rutin diminum selama masa sakit.

2) Fungsi astringent

Tanaman ini mempunyai kemampuan sebagai astringent (daya mengeringkan yang tinggi) berfungsi mengendapkan protein selaput lendir usus dan membentuk suatu lapisan yang melindungi usus, sehingga bisa menghambat asupan glukosa dan laju peningkatan glukosa darah.

3) Pengobatan beragam penyakit

Biji mahoni banyak dimanfaatkan sebagai bahan dasar ramuan di dalam mengobati beragam penyakit. Serbuk mahoni memiliki khasiat membantu proses penyembuhan dan vitalitas tubuh.

Selain serbuk, dapat juga langsung mengonsumsi biji mahoni muda namun sebelumnya buang kulit luarnya yang berbentuk pipih.

4) Mengobati sakit hipertensi/darah tinggi dan low appetite

Caranya sangat mudah yaitu gunakan 8 gram biji mahoni baru yang diseduh dengan 2 gelas air panas (baru mendidih), kemudian didinginkan setelah sebelumnya disaring dan dibagi menjadi 2 bagian.

READ:  8 Obat yang Tidak Akan Dikonsumsi Dokter

Larutan ini dikonsumsi setiap pagi dan sore hari. Dapat dicampur dengan menggunakan 1/2 sendok teh bubuk kayu mahoni dan 1 sendok makan madu murni, aduk lalu minum selagi masih hangat 2-3 kali sehari dalam satu minggu.

5) Mengobati sakit diabetes

Gunakan 1/2 sendok teh bubuk biji mahoni dan 1/3 cangkir air panas, minum selagi hangat kurang lebih 30 menit sebelum makan dalam 2-3 kali sehari.

Karena rasanya terlalu pahit, sehingga beberapa orang yang sensitif dengan rasa tidak bisa mengkonsumsi biji mahoni baik itu setelah diolah maupun mentah. Akhirnya dilakukan pengembangan yaitu menjadikannya sebagai obat tradisional (melalui proses ditumbuk hingga berbentuk serbuk kemudian dicampur dengan beberapa bahan penghilang rasa pahit) sehingga menjadi obat serbuk/ramuan yang siap diseduh atau dikonsumsi untuk pencegahan maupun pengobatan beberapa jenis penyakit.

Itulah sebagian khasiat biji buah mahoni untuk kesehatan, dapat Anda pergunakan atau rekomendasi sebagai obat tradisional dalam keluarga untuk mendapatkan khasiat yang terkandung dan banyak dijumpai dalam sebutir buah mahoni.

READ:  Ini Dampak Buruk di Balik Wi-Fi

Selamat mencoba !