5 Aturan Dasar dalam Menyisir Rambut

Aturan Dasar dalam Menyisir RambutApabila Anda mengalami masalah rambut seperti kerontokan, ketombe yang mengganggu ataupun rambut kering yang sulit diatur, terkadang Anda akan menumpahkan kesalahan pada produk shampoo yang Anda pakai, mengatakan bahwa produk tersebut tidak cocok dengan kulit kepala atau jenis rambut Anda.

Namun ternyata sebenarnya masalah rambut tersebut bisa saja disebabkan oleh cara Anda menyisir rambut. Cara penyisiran yang kurang tepat dapat berdampak buruk bagi kesehatan rambut Anda dan membuatnya semakin bermasalah.

Oleh karena itu, ada beberapa cara tepat yang perlu Anda perhatikan saat sedang menyisir rambut:

Loading...

Hindari menyisir rambut dari akar ke ujung

Setiap orang pasti akan melakukan hal ini setiap kali menyisir rambut, dimulai dari bagian kulit kepala sampai ujung rambut. Sebenarnya Anda tidak perlu menyisir rambut Anda dari kulit kepala hingga ujung rambut.

Mengapa? karena cara ini dapat merusak folikel rambut Anda. Cobalah untuk melakukan hal sebaliknya, menyisir rambut dimulai beberapa sentimeter dari ujung rambut ke atas lalu setelah itu lepas sisir. Uraikanlah helai rambut yang kusut kemudian sisir secara perlahan. Sisir lagi beberapa sentimeter dari ujung rambut sampai ke kulit kepala.

READ:  Diet Pernapasan, Cara Diet dalam 2 Menit

Cara ini sangat efektif untuk menghilangkan kusut tanpa menyebabkan kerusakan yang tidak perlu serta memberikan tekanan yang lebih sedikit pada rambut Anda.

Jangan menyisir rambut dalam keadaan basah

Menyisir rambut saat masih basah dapat memperburuk masalah rambut Anda. Hal ini akan membuat serat rambut Anda terisi dengan uap air yang kemudian dapat menyebabkan rambut Anda menegang, dan pada akhirnya akan mudah rontok dan patah.

Maka dari itu, sebaiknya tunggulah sampai rambut Anda mengering secara alami lalu setelah itu baru Anda boleh menyisirnya.

Jauhkan jenis sisir Paddle Brush

Setiap orang, terutama wanita biasanya memiliki sisir besar berbentuk kotak yang setiap giginya berukuran besar. Sisir yang biasanya disebut paddle brush ini disukai karena mudah untuk digunakan dan dianggap dapat mengurangi kerontokan rambut.

Padahal jenis sisir ini rupanya memberikan tekanan yang lebih besar dan keras pada helai rambut Anda. Dimana tekanan tersebut dapat menyebabkan rambut lebih mudah rontok.

Jangan terlalu sering menyisir rambut

Wanita terkadang menganggap bahwa menyisir rambut dengan frekuensi yang terlalu banyak merupakan salah satu bentuk perawatan agar rambut menjadi lebih halus dan lembut.

READ:  5 Tahap Menjalin Hubungan Cinta

Ini merupakan anggapan yang salah, karena keseringan menyisir rambut hanya akan memperburuk masalah rambut Anda. Jadi sebaiknya Anda lebih memperhatikan kualitas daripada kuantitas.

Bersihkan sisir Anda

Kebersihan selalu menjadi bagian terpenting dalam segala hal. Jadi jangan membiarkan sisir Anda kotor terlalu lama, paling tidak Anda harus mencucinya sekali dalam seminggu. Hal ini akan menghindari residu rambut sebelumnya kembali menempel pada kulit kepala Anda.

**

Sebenarnya, masalah rambut seperti kerontokan merupakan hal yang wajar dialami oleh setiap orang, karena semakin lama rambut akan semakin menua dan mati. Biasanya, ada 80 hingga 100 helai rambut yang terlepas dari kulit kepala Anda setiap hari.

Namun Anda tidak perlu panik, karena mulai saat ini Anda bisa mencoba mengatasi masalah tersebut dengan melakukan perawatan menggunakan bahan-bahan alami sederhana dan melakukan tips-tips di atas.