Cranberry, Buah Mungil Kaya Manfaat

Manfaat Kesehatan CranberryCranberry berada di atas daftar makanan sehat karena kandungan gizi dan antioksidannya yang tinggi, dan sering disebut sebagai “super food.” Belum lagi, setengah cangkir cranberry mengandung hanya 25 kalori!

Kemungkinan manfaat kesehatan dari mengkonsumsi cranberry termasuk penurunan resiko infeksi saluran kemih, pencegahan beberapa jenis kanker, peningkatan fungsi kekebalan tubuh, penurunan tekanan darah dan banyak lagi.

Yuk, simak rincian kandungan gizi dan manfaat kesehatan dari cranberry, dilansir dari News Medical Today.

Loading...

Kandungan Gizi Cranberry

Cranberries merupakan sumber vitamin C, serat dan vitamin E yang baik

– Vitamin C
Suatu antioksidan alami yang kuat yang mampu memblokir beberapa kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, serta meningkatkan daya tahan tubuh terhadap agen infeksi, menurut University of Maryland Medical Center.

– Serat
Menurut Department of Internal Medicine dan Nutritional Sciences Program dari University of Kentucky, asupan serat yang tinggi berkaitan dengan lebih rendahnya resiko signifikan terserang penyakit jantung koroner, stroke, hipertensi, diabetes, obesitas, dan penyakit pencernaan tertentu.

READ:  Mengupas Manfaat Kesehatan Ginseng Merah Korea

Peningkatan asupan serat juga telah terbukti dapat menurunkan tekanan darah dan kolesterol, meningkatkan sensitivitas insulin, dan meningkatkan penurunan berat badan bagi penderita obesitas.

– Vitamin E
Suatu antioksidan yang larut dalam lemak yang terlibat dalam fungsi kekebalan tubuh. Vitamin E membantu mencegah atau menunda penyakit kronis yang berhubungan dengan radikal bebas.

Cranberry juga mengandung vitamin K, mangan, dan susunan fitonutrien, bahan kimia alami dalam tanaman yang membantu melindungi tubuh dari radikal bebas berbahaya dan menawarkan sifat anti-inflamasi dan pencegah-kanker.

Manfaat Kesehatan Cranberry

Beberapa kemungkinan manfaat kesehatan dari cranberry meliputi:

– Infeksi Saluran Kemih (ISK)
Cranberry mungkin paling dikenal karena perannya dalam mencegah ISK, terutama bagi mereka dengan infeksi berulang. Tingginya tingkat proanthocyanidin (PAC) dalam cranberry membantu mengurangi adhesi bakteri tertentu pada dinding saluran kemih, yang pada gilirannya melawan infeksi.

– Penyakit Kardiovaskular
Beberapa bukti menunjukkan bahwa polifenol dalam cranberry dapat mengurangi resiko penyakit kardiovaskular dengan mencegah platelet -menumpuk dan mengurangi tekanan darah melalui mekanisme anti-inflamasi.

READ:  6 Manfaat Sehat dari Jus Merah, Cranberry

– Kanker
Penelitian telah menunjukkan bahwa cranberry bermanfaat dalam memperlambat perkembangan tumor dan telah menunjukkan efek positif terhadap kanker prostat, hati, payudara, ovarium, dan usus besar.

– Dental
Proanthocyanidin yang sama dalam cranberry, yang membantu mencegah infeksi saluran kemih, juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan mulut dengan mencegah bakteri mengikat pada gigi, menurut peneliti di Center for Oral Biology and Eastman Department of Dentistry di University of Rochester Medical Center. Cranberry juga dapat bermanfaat dalam mencegah penyakit gusi.

Tips Menikmati Cranberry

– Buat campuran dengan kacang tanpa garam, biji-bijian, dan cranberry kering.
– Sertakan segenggam kecil cranberry beku dalam smoothie buah.
– Tambahkan cranberry kering ke dalam oatmeal atau sereal gandum.
– Masukkan dan aduk cranberry kering atau segar ke dalam muffin atau resep kue favorit Anda.
– Sertakan cranberry segar dalam dessert.