Panduan Latihan Kegel untuk Wanita

Panduan Latihan Kegel untuk WanitaMemiliki bayi dapat mengubah tubuh Anda dengan cara yang mungkin tidak pernah Anda pikir sebelumnya.

Tentu saja, berat badan Anda akan bertambah dan perut Anda akan meregang, tapi otot-otot dasar panggul Anda juga dapat melemah, yang dapat menyebabkan masalah serius jika Anda tidak menguatkannya. Latihan kegel merupakan cara yang tepat untuk melakukannya.

Apa itu Latihan Kegel?

Latihan kegel memperkuat otot-otot dasar panggul Anda, yang dapat melemah akibat persalinan dan kehamilan atau bahkan akibat kelebihan berat badan atau penuaan.

Loading...

Seiring waktu, jika otot panggul Anda menjadi terlalu lemah, bisa runtuh dan akhirnya menonjol ke dalam vagina Anda. Ini disebut pelvic floor prolapse, yang dapat menyebabkan kebocoran urin dan ketidaknyamanan panggul. Latihan Kegel dapat mencegah perkembangannya.

Latihan Kegel juga baik untuk:

– Orang yang menderita fecal incontinence
– Wanita yang menderita urinary stress incontinence
– Wanita yang memiliki masalah konsisten mencapai orgasme

Latihan kegel dapat dilakukan di mana saja: di mobil, di tempat kerja atau di rumah. Latihan Kegel juga bisa dilakukan saat Anda sedang hamil, baik jika Anda ingin menjaga otot panggul Anda agar kuat saat persalinan.

READ:  Kriteria Wanita Ideal Idaman Para Pria

Bagaimana melakukan Latihan Kegel?

Otot-otot dasar panggul merupakan seperangkat otot di bawah kandung kemih, rahim dan usus besar. Otot ini bergerak secara bersamaan ketika Anda merileks dan mengontraknya, sehingga dengan melatih satu otot, Anda melatih semua otot.

Nah! Untuk melakukan latihan kegel yang tepat, ikuti langkah berikut:

– Berbaringlah di lantai, atau duduk jika Anda lebih suka.
– Kontraksikan otot panggul Anda dan tahan selama lima detik.
– Sekarang rileks selama lima detik.
– Ulangi latihan ini empat atau lima kali berturut-turut, tiga sampai empat kali sehari.

Setelah melakukan Latihan Kegel secara teratur setiap hari, Anda akan melihat hasilnya dalam 8 hingga 12 minggu.

Tips!

Seperti halnya olahraga lainnya, selalu ada tips dan trik yang harus Anda ketahui sebelum Anda mulai.

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda melakukan Latihan Kegel dengan benar:

– Jangan melakukan Latihan Kegel pada kandung kemih penuh atau saat buang air kecil. Tak apa jika Anda hanya ingin mencari tahu mana otot panggul Anda. Jika menjadi kebiasaan, bisa menyebabkan otot panggul melemah, kebocoran urin atau pengosongan kandung kemih yang tidak komplit, yang menyebabkan peningkatan resiko infeksi saluran kemih.

READ:  Mengenal Kreatin

– Ketika melakukan Latihan Kegel, pastikan bahwa Anda tidak menahan napas. Tetap santai dan bernapas lega.

– Ada otot-otot tertentu yang Anda tidak ingin untuk kontraksikan saat melakukan Latihan Kegel. Perut, paha dan bokong harus rileks. Jika tidak, akan terasa tidak nyaman ketika melakukan latihan ini dan Anda mungkin tidak dapat melatih otot-otot yang Anda inginkan.

– Jangan latihan berlebihan. Ini tidak akan memberikan hasil yang lebih cepat. Hal ini dapat menyebabkan aus, atau melemahkan, otot-otot dasar panggul, menyebabkan kebocoran urin dan kelelahan otot.

Jika Anda mengalami masalah melakukan Latihan Kegel atau Anda tidak yakin apakah latihan bekerja, jangan malu untuk berkonsultasi dengan dokter. Ia dapat memberikan nasihat mengenai apa yang harus dilakukan atau apa yang salah.

Dalam beberapa kasus, teknik biofeedback mungkin perlu diberikan sehingga Anda tahu otot mana yang bekerja dan bagaimana latihan yang benar.