4 Tips Belajar Memasak yang Menyenangkan

Tips Belajar Memasak Belajar memasak? mengapa tidak? Meski mungkin sebagian dari anda sudah bisa memasak, namun bukan hal yang salah untuk terus meningkatkan keahlian memasak.

Mudahnya membeli makanan membuat orang terkadang menjadi malas untuk belajar memasak. Hal ini berbeda di negara-negara empat musim dimana makan di luar bukanlah sesuatu yang murah dan banyak dari mereka yang lebih memilih memasak.

Belajar memasak bukannya sesuatu yang sulit, karena semua hal tentu memiliki proses yang dengan ketekunan, membuat masakan tidaklah lagi menjadi hal yang mustahil.

Beberapa manfaat memasak adalah melatih sensitivitas dalam berpikir, karena meracik masakan tidak hanya berpatokan dari resep saja, namun juga sense yang tepat. Selain itu, memasak dapat memberi keuntungan untuk kita sendiri dalam membuat masakan yang sesuai selera dan aman karena kita sendiri  yang mengolah bahan-bahannya.

Terutama bagi anda yang sudah berumah tangga, membuat masakan untuk pasangan maupun keluarga tercinta akan terasa lebih special ketimbang membelinya dari luar.

Belajar memasak terkadang tidak menyenangkan terutama apabila masakan tidak jadi sesuai harapan. Untuk anda yang menginginkan kegiatan belajar memasak yang seru dan menyenangkan, ikuti tips dari kami seperti berikut.

READ:  Waspadai Wasir Paska Melahirkan

1. Buku resep cantik

Cara termudah belajar memasak adalah dengan menyimak resep yang dengan mudah dapat kita dapatkan dari internet maupun media cetak. Untuk anda yang hobi melakukan hal ini, terkadang resep-resep tidak tersusun rapi dan sulit ditemukan saat kita membutuhkannya.

Kumpulkam resep dari media cetak dalam satu folder di binder maupun dengan menyimpannya dengan rapi di map. Cetak juga resep-resep favorit anda dari internet.

Untuk yang hobi mencatat resep, buatlah buku resep dengan kreasi anda sendiri dengan mengelompokkan resep berdasarkan jenisnya, seperti makanan, kue hingga minuman.

Hias juga buku resep kesayangan anda dengan cantik dan warna-warna cerah hingga membuat anda ingin selalu membukanya dan terus belajar memasak.

2. Perangkat memasak yang fungsional

Memasak tentu membutuhkan beberapa perangkat wajib. Tidak hanya perangkat besar seperti panci, wajan hingga alat memasak elektronik seperti oven dan blender, namun juga perangkat kecil seperti gelas pengukur, pisau dan lain sebagainya.

Untuk memudahkan belajar memasak, anda dapat menemukan beberapa perangkat yang fungsional, yang saat ini mudah ditemukan di pasaran. Anda daat membelinya di toko-toko peralatan rumah tangga hingga toko yang menjual barang-barang unik.

READ:  7 Tips Dasar Memasak bagi Pemula

Pembentuk telur rebus misalnya, atau cetakan kue berbagai bentuk, hingga alat-alat praktis lainnya dapat anda gunakan untuk mempermudah kegiatan belajar memasak anda.

3. Ajak orang lain

Belajar memasak sendiri terkadang tidak menyenangkan karena ada saatnya, dimana kita membutuhkan bantuan untuk beberapa langkah memasak.

Ajak pasangan, sahabat, anggota keluarga atau anak anda untuk ikut dalam kegiatan belajar memasak. Selain itu, sangat mungkin mereka memiliki tips maupun ide-ide seru dalam proses memasak.

4. Ciptakan suasana yang menyenangkan

Tak dapat dipungkiri, memasak terkadang membuat stress karena beberapa langkah dalam prosesnya tidak cukup mudah. Selain memerlukan konsentrasi tinggi, anda dapat menciptakan suasana yang menyenangkan.

Anda dapat memulainya dengan rajin membersihkan dapur karena dapur yang kotor dan berantakan dapat mengurangi mood ketika memasak. Selain itu, anda juga dapat memutar musik favorit anda hingga aktivitaspun menjadi lebih menyenangkan

***

Selamat belajar memasak!