10 Manfaat Kesehatan Tai Chi bagi Lansia

10 Manfaat Kesehatan Tai Chi bagi LansiaTai Chi adalah seni penyembuhan kuno yang telah digunakan selama berabad-abad untuk membantu mempromosikan aliran energi ke seluruh tubuh.

Merupakan jenis pengobatan alternatif yang berasal dari Cina, Tai Chi secara rutin digunakan di Amerika Serikat sebagai bentuk pengobatan komplementer dan alternatif.

Tai Chi adalah praktek yang bergantung pada hubungan pikiran-tubuh untuk membantu menciptakan keseimbangan yang sehat dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Dikatakan sebagai “meditasi bergerak” oleh banyak ahli kesehatan, sebagian besar praktisi mendukung penggunaan Tai Chi oleh individu lansia untuk membantu meningkatkan kesehatan fisik dan emosional.

Tai Chi dapat dilakukan bahkan oleh orang yang memiliki keterbatasan fisik. Karena terdiri dari serangkaian gerakan santai, lambat, Tai Chi merupakan kegiatan yang tidak akan menempatkan beban tambahan pada otot yang melemah.

Gerakan Tai Chi membantu mendorong postur tubuh yang tepat dan mengandalkan gerakan lembut konstan, yang memaksa individu untuk berkonsentrasi dan bernapas dalam-dalam, dua teknik penting yang sering diabaikan dalam komunitas lansia.

Ada banyak studi mengenai manfaat Tai Chi yang dilakukan dalam beberapa tahun terakhir. Meskipun penelitian menunjukkan efek kesehatan yang positif dalam berbagai kelompok, beberapa hasil yang paling menjanjikan telah diamati pada pasien usia lanjut.

1. Mengurangi Rasa Sakit

Tai Chi mungkin paling dikenal karena kemampuannya mengurangi sensasi rasa sakit pada orang tua. Seiring bertambahnya usia, penyakit menjadi lebih menetap.

Akibatnya, mereka bisa menderita kekakuan sendi, atrofi otot, kelemahan, rentang gerak yang terbatas dan kehilangan keseimbangan. Kombinasi dari kondisi ini sering menyebabkan perkembangan nyeri pada tulang, otot dan sendi.

Gerakan lembut namun stabil dari Tai Chi dimaksudkan untuk mengembangkan otot yang lebih baik, meningkatkan fleksibilitas dan memperkuat otot-otot yang lemah tanpa menyebabkan beban tambahan bagi tubuh.

READ:  Cara Jogging yang Benar Agar Bebas Nyeri

2. Melawan Depresi

Depresi adalah suatu kondisi umum yang mempengaruhi persentase besar populasi lansia. Mereka yang tinggal di panti jompo sering melaporkan gejala depresi.

Selain perasaan kesepian dan putus asa, banyak orang tua yang terganggu dengan berbagai kondisi medis yang menyebabkan nyeri kronis. Semua faktor ini dapat berkontribusi terhadap depresi. Tai Chi dapat membantu melawan depresi dalam berbagai cara.

Tai Chi bukan saja memberikan manfaat dari latihan, tetapi para lansia membentuk hubungan baru, yang keduanya dapat meminimalkan depresi. Tai Chi dapat menghilangkan stres, mengurangi kecemasan dan memperbaiki kualitas tidur, yang semuanya dapat membantu dalam pengobatan depresi.

3. Meringankan Ketidaknyamanan Arthritis

Tai Chi dapat sangat membantu dalam mengurangi gejala arthritis pada pasien usia lanjut. Direkomendasikan oleh Arthritis Foundation, Tai Chi membantu melonggarkan sendi dan meningkatkan jangkauan gerak pada pasien arthritis lansia.

Banyak gerakan Tai Chi berfokus pada peningkatan fleksibilitas lutut, salah satu bagian yang paling umum bagi penderita arthritis.

Selain itu, gerakan yang berfokus pada tubuh bagian atas meregangkan otot-otot bahu dan lengan, sehingga meningkatkan rentang gerak dan fleksibilitas. Hal ini biasanya diikuti dengan penurunan gejala arthritis.

4. Mendorong Pernapasan Dalam

Seni Tai Chi didasarkan pada teori pernapasan dalam. Ketika melakukan gerakan Tai Chi, individu harus berpartisipasi dalam pernapasan selaras yang berfokus pada menghembuskan napas perlahan-lahan melalui mulut.

Jenis pernapasan ini membantu melepaskan ketegangan yang tersimpan pada otot. Pasien lansia yang berlatih Tai Chi secara teratur bisa mendapatkan keuntungan dari peningkatan kesehatan secara keseluruhan sebagai hasil dari pernapasan dalam, yang meningkatkan fungsi paru-paru, pernapasan dan laju aliran oksigen.

READ:  Apa itu Glutathione?

5. Menurunkan Tekanan Darah

Tai Chi diyakini memiliki sifat kuat yang mengurangi stres. Karena teknik ini sangat erat kaitannya dengan meditasi, efek kesehatan yang positif yang terjadi karena hubungan pikiran-tubuh juga serupa.

Ketika melakukan gerakan Tai Chi, perasaan stres dan kecemasan secara signifikan berkurang, seperti ketegangan otot dan tekanan mental. Hal ini dapat menyebabkan penurunan tekanan darah yang dapat berlangsung selama beberapa jam setelah melakukan latihan.

6. Meningkatkan Kejernihan Mental

Banyak orang tua mengeluh banyak pikiran, sulit berkonsentrasi dan tingkat stres tinggi. Ini bisa menjadi akibat dari penyakit, kesepian, ketakutan dan kekhawatiran akibat pertambahan usia.

Tai Chi membiarkan pasien lansia untuk melepaskan stres emosional yang terpendam. Fokus pada pernapasan yang tepat, dikombinasikan dengan gerakan Tai Chi, dapat meningkatkan kejernihan mental dengan melibatkan area otak yang mungkin tidak digunakan sebaliknya.

7. Meningkatkan Keseimbangan

Pasien lansia sering memiliki keseimbangan yang buruk dan, sebagai akibatnya, mungkin menderita jatuh berlebihan dan cedera. Banyak gerakan Tai Chi yang berfokus pada gerakan berputar, menggeser tubuh dari satu sisi ke sisi lain. Pergeseran ini melibatkan otot-otot yang biasanya tidak digunakan dalam kegiatan sehari-hari.

Dengan meningkatkan kekuatan otot yang biasanya tidak digunakan, Tai Chi membantu meningkatkan keseimbangan dengan memperkuat otot serta pinggul.

8. Memperkuat Tubuh Bagian Bawah

Dengan cara yang sama dalam meningkatkan keseimbangan, Tai Chi merupakan latihan yang sangat baik untuk meningkatkan kekuatan tubuh bagian bawah. Orang tua sering menderita patah tulang pinggul, yang dapat memiliki dampak buruk pada kesehatan secara keseluruhan.

READ:  Kandungan Nutrisi dan Manfaat Jeruk Nipis

Dengan melakukan gerakan Tai Chi yang berfokus pada tubuh bagian bawah, pasien usia lanjut dapat memperkuat otot kaki mereka, meningkatkan kekuatan inti, meningkatkan jangkauan gerak dan berolahraga tanpa memberikan tekanan pada lutut dan sendi pergelangan kaki.

9. Menaikkan Tingkat Energi

Individu dari segala usia telah melaporkan peningkatan energi yang signifikan setelah melakukan Tai Chi. Hal ini terutama penting bagi orang lanjut usia yang sering merasa lesu. Pasien lansia dapat menderita kelelahan karena berbagai alasan, termasuk penyakit, kebiasaan makan yang buruk, obat-obatan dan depresi.

Tai Chi tidak hanya dapat membantu memperbaiki kondisi tersebut, tapi juga dapat menaikkan tingkat energi karena adanya peningkatan suplai oksigen dari kombinasi gerakan dan pernapasan dalam.

10. Meningkatkan Kualitas Tidur

Salah satu keluhan yang paling umum diungkapkan oleh orang lanjut usia adalah kualitas tidur yang buruk. Insomnia sering diobati dengan obat penenang yang mungkin tidak bekerja, atau lebih buruk, dapat memiliki efek samping yang berbahaya.

Banyak pasien usia lanjut yang berpartisipasi dalam Tai Chi secara teratur melaporkan beberapa perbaikan dalam kualitas tidur.