10 Kebiasaan Buruk yang Melemahkan Sistem Kekebalan Tubuh

10 Kebiasaan Buruk yang Melemahkan Sistem KekebalanSistem kekebalan tubuh merupakan bagian penting tubuh yang melawan organisme luar penyebab penyakit dan infeksi, merupakan sistem pertahanan utama tubuh.

Sistem kekebalan tubuh yang lemah dapat menyebabkan kondisi kesehatan yang serius, seperti infeksi Staph atau flu, karena tubuh tidak mampu menangani kuman dan bakteri yang melakukan kontak dengan Anda setiap harinya.

Sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat, dan salah satu cara untuk melakukannya adalah menghindari 10 kebiasaan buruk berikut, dilansir dari SymptomFind.com:

Loading...

1. Merokok

Merokok meningkatkan resiko Anda terkena kanker paru-paru, tapi juga melemahkan sistem kekebalan tubuh. Ada ribuan racun yang ada dalam asap rokok yang dapat mempengaruhi sel-sel kekebalan dalam tubuh dengan merusak fungsinya, atau mengubah jumlah sel kekebalan tubuh.

Hal ini menjelaskan mengapa perokok lebih rentan terhadap kondisi pernafasan parah seperti asma, bronkitis dan bahkan pneumonia.

2. Alkohol

Jika Anda menderita alkoholisme, maka Anda sedang merusak sistem kekebalan tubuh Anda. Penelitian telah menunjukkan efek dari konsumsi alkohol yang berlebihan dan bagaimana hal itu dapat menghancurkan sel-sel antibodi tubuh yang diperlukan untuk melawan sel yang terinfeksi oleh virus.

Seperti perokok, mereka yang menderita alkoholisme lebih mungkin mengalami infeksi dan penyakit serius seperti TBC.

READ:  Tips Tampil Cantik Dengan Makanan Mentah

3. Tidak Cukup Tidur

Penting untuk mendapatkan istirahat yang cukup melalui tidur malam yang baik, untuk memungkinkan sistem kekebalan tubuh berfungsi dengan baik. Ketika Anda tidur, tubuh Anda mampu mengembalikan fungsi dan mengisi bahan bakar alami, termasuk sistem kekebalan tubuh.

Jika Anda membatasi jumlah jam tidur Anda secara konsisten, Anda menempatkan diri pada resiko tinggi infeksi dan kondisi kesehatan serius lainnya seperti:
– Penyakit jantung
– Stroke
– Hipertensi
– Diabetes
– Obesitas

4. Kurang Olahraga

Jika Anda tidak melakukan olahraga yang cukup, maka Anda melemahkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan resiko penyakit atau infeksi.

Penelitian telah menunjukkan bahwa tetap aktif melalui olahraga rutin dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan jumlah sel darah putih dalam tubuh Anda, yang mana membantu melawan segala bentuk penyakit. Pastikan Anda juga memberikan tubuh Anda waktu yang cukup untuk beristirahat.

5. Terlalu Banyak Olahraga

Sementara olahraga cukup dapat membantu sistem kekebalan tubuh, penelitian telah menunjukkan bahwa terlalu banyak olahraga dapat menyebabkan banyak ketegangan fisik pada tubuh Anda, yang dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh secara negatif.

READ:  7 Tips Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Saat Musim Hujan

Mendorong diri terlalu banyak berolahraga dapat menyebabkan masalah dengan sistem kardiovaskular Anda dan dapat memberati sistem kekebalan tubuh Anda. Ingat, mendapatkan istirahat yang cukup untuk pemulihan sama pentingnya bagi sistem kekebalan tubuh.

6. Stres

Jika Anda bertanya-tanya bagaimana stres dapat menyebabkan kondisi kesehatan serius lainnya, berikut penjelasannya: Stres melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Tingkat stres yang tinggi dapat membuat ketidakseimbangan hormonal dalam tubuh, merusak fungsi sistem kekebalan tubuh yang dapat mempengaruhi cara tubuh Anda pulih dari luka, dan bahkan dapat menyebabkan kondisi kesehatan yang lebih serius.

7. Tidak Minum Cukup Air

Air membantu fungsi keseluruhan tubuh Anda, termasuk sistem kekebalan tubuh. Air memiliki kemampuan untuk mengeluarkan racun berbahaya yang akan dihadapi sistem kekebalan tubuh jika tidak dikeluarkan.

Bantu tugas sistem kekebalan tubuh Anda dengan banyak minum air, dan kurangi konsumsi soda dan minuman gula atau minuman lain yang bisa berbahaya bagi tubuh Anda.

8. Kebersihan Buruk

Kebersihan yang tepat mungkin tidak mempengaruhi sistem kekebalan tubuh Anda secara langsung, namun dapat mencegah infeksi dan penyakit dengan menghilangkan kuman dan bakteri.

Jika Anda tidak memiliki kebersihan yang layak, Anda telah mengundang organisme berbahaya ke dalam tubuh Anda. Pada titik tertentu, organisme ini dapat membanjiri sistem kekebalan tubuh yang menyebabkan penyakit atau infeksi.

READ:  5 Rahasia Cantik Alami Ala Wanita Jepang

9. Kelebihan Berat Badan

Para ilmuwan telah menemukan bahwa obesitas dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh seseorang.

Studi lebih lanjut diperlukan untuk menemukan hubungan langsung antara obesitas dan peningkatan resiko infeksi karena sistem kekebalan tubuh melemah, penting untuk mengkonsumsi makanan sehat dan mendapatkan lebih banyak olahraga jika Anda mengalami obesitas untuk mengurangi resiko komplikasi kesehatan.

10. Terlalu Banyak Terkena Sinar Matahari

Sedikit tanning di bawah sinar matahari dengan menerapkan beberapa tabir surya dengan benar tidaklah buruk. Namun terpapar sinar matahari cukup lama bisa jadi buruk.

Penelitian telah menunjukkan korelasi antara radiasi UV dan kerusakan sistem kekebalan tubuh. Ditambah paparan berlebih sinar matahari dapat meningkatkan resiko kanker kulit.