5 Alasan Pentingnya Mengurangi Asupan Garam

Mengurangi Asupan GaramMasakan yang tidak dibubuhi dengan garam pasti akan terasa hambar, namun mengonsumsi garam secara berlebihan dalam diet harian juga akan memberikan berbagai efek buruk pada kesehatan Anda.

Hal tersebut dapat berupa masalah kesehatan yang terkait dengan tekanan darah, kondisi jantung, obesitas dan osteoporosis akibat asupan garam yang berlebihan tanpa disadari.

Selain itu ada 5 alasan lain mengapa Anda mengurangi garam dala menu harian Anda. Mau tahu ? Berikut kami bagikan untuk Anda.

Loading...

1. Mencegah Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Jumlah tekanan darah dipengaruhi dengan seberapa banyak darah yang dipompa melalui pembuluh darah. Asupan garam yang berlebihan dalam makanan dapat menyebabkan tekanan darah meningkat sehingga beresiko mengalami tekanan darah tinggi yang dapat mengakibatkan serangan jantung dan stroke.

Namun banyak orang bahkan tidak menyadari jika mereka sedang mengalami tekanan darah tinggi. Mereka biasanya akan mengetahui setelah melakukan pemeriksaan atau mengalami beberapa gejala yang tidak pernah dialami sebelumnya.

Karena itu, diet sehat dan gaya hidup serta rendah asupan garam yang seimbang dapat mengatasinya.

READ:  Transplantasi Sel Punca

2. Mengurangi Risiko Jantung Koroner

Bukan hanya darah tinggi tetapi penyakit jantung seperti jantung koroner juga dapat menyerang Anda jika mengonsumsi garam secara berlebihan. Jantung koroner terjadi karena jumlah darah yang disuplai dari jantung berkurang atau diblokir.

Jantung koroner bahkan dapat menyebabkan gagal jantung dan serangan jantung. Penyebab penyakit jantung koroner lain yaitu dikarenakan tekanan darah tinggi yang timbul karena tingginya asupan garam.

3. Mencegah Stroke

Stroke adalah kondisi lain yang merupakan hasil dari tekanan darah tinggi. Stroke dapat terjadi karena suplai darah ke bagian otak terputus, kurangnya aliran oksigen ke otak sehingga menyebabkan beberapa sel mati.

Tekanan darah harus dikendalikan untuk mencegah stroke. Oleh karena itu, diperlukan sedikit asupan garam dalam menu harian Anda.

 4. Mencegah Obesitas

Bukan hanya mengonsumsi karbohidrat saja yang dapat menjadi salah satu penyebab obesitas, namun obesitas juga terjadi karena kebiasaan makan dan gaya hidup yang tidak sehat, tekanan darah tinggi, penyakit jantung koroner dan penyakit lainnya. Karena itu penting untuk membatasi asupan garam sehingga kondisi ini dapat dihindari.

READ:  Garam dan Efeknya Bagi Kesehatan

Selain itu asupan garam berlebihan biasa meningkatkan rasa haus dan akan membuat Anda lebih memilih untuk meminum minuman manis yang akan meningkatkan berat badan hingga mengalami obesitas.

5. Mencegah Asma

Jangan kaget jika Anda akan merasa sesak nafas nantinya. Diketahui bahwa salah satu penyebab asma yaitu asupan garam yang berlebihan dalam diet harian Anda bahkan dapat memperburuk penyakit asma yang memang sudah Anda derita sebelumnya.

Asupan garam harus dikurangi untuk menjaga penyakit asma tidak bertambah buruk. Melakukan diet yang rendah sodium dapat mengurangi bronkokonstriksi atau asma.

**

Demikian beberapa alasan mengapa sangat penting mengurangi asupan garam dalam menu diet harian Anda.

Asupan garam yang harus dikurangi tidak hanya berlaku untuk orang yang sudah lanjut usia, namun dapat dimulai dari usia muda sehingga dapat mengantisipasi beberapa penyakit yang telah disebutkan sebelumnya. Sem.oga bermanfaat.