8 Cara Ampuh Mengatasi Rasa Kepedasan

Mengatasi Rasa KepedasanSiapa yang tidak suka makanan pedas? Sebagian orang Indonesia tentu sudah terbiasa dengan makanan pedas dan kita memang menyukainya. Makanan tanpa rasa pedas sama sekali bagaikan sup yang hambar, tidak nikmat dan kurang sempurna.

Rasa pedas dari cabai hingga merica sebenarnya juga baik untuk kesehatan karena kandungan vitamin C di dalamnya. Saat flu misalnya, memang nikmat menyantap hindangan panas nan pedas yang membuat kita berkeringat dan merasa lebih baik.

Akan tetapi jika keasyikan makan pedas, lidah dan bibirpun terasa panas hingga perih sehingga kita mengeluarkan air mata dan berkeringat.

Bagaimana cara mengatasi rasa kepedasan yang berlebihan agar cepat hilang? Berikut tipsnya untuk anda.

1. Air hangat

Saat rasa pedas menjalar pada lidah, kita sering mengatasinya dengan meminum air dingin. Minum air dingin memang enak pada awalnya untuk mengatasi rasa panas, namun tidak rasa pedas.

Minumlah air hangat yang mungkin terasa tidak menyenangkan di awal, namun berangsur-angsur dapat mengatasi rasa pedas.

2. Mentimun

Tak salah jika dalam lalapan selalu ada mentimun. Mentimun cukup ampuh untuk mengatasi rasa pedas karena memiliki kadar air alami yang tinggi sehingga mampu menghilangkan rasa pedas dari mulut.

READ:  Detoksifikasi dengan Asam Humat

Jadi saat kepedasan, jangan abaikan mentimun. Selain sehat, ternyata dapat membantu membuat lidah kembali netral.

3. Susu

Ya, minumlah susu saat anda kepedasan. Di dalam susu terdapat kandungan caesin yang mampu mengikat dan melunturkan rasa pedas pada cabai. Baik itu susu tawar maupun yang manis, susu dapat menetralkan rasa pedas.

4. Lemon atau Jeruk Nipis

Lemon atau jeruk nipis dapat menjadi solusi ketika kepedasan. Dengan rasanya yang kecut dan masam, lemon dan jeruk nipis dapat menetralkan rasa pedas dengan rasanya yang dominan.

Peras lemon atau jeruk nipis di ujung lidah dan secara berangsur-angsur rasa pedas pun akan hilang. Tak salah pula jika lemon maupun jeruk nipis sering dijadikan pendamping minuman keras untuk mengatasi rasayang yang kuat.

5. Garam

Tak berbeda banyak dengan lemon dan jeruk nipis, garam juga dapat mengatasi rasa pedas. Rasa asin pada garam dapan mengalahkan rasa pedas. Caranya cukup mudah, taburkan garam pada ujung lidah dan tunggu beberapa saat.

READ:  5 Tips Maksimalkan Manfaat Olahraga

Memang rasanya tidak akan menyenangkan, tapi coba dan rasakan lidah anda kembali netral dan tidak kepedasan lagi.

6. Gorengan

Memakan gorengan yang lembab dan tidak panas tentunya, mampu mengatasi rasa kepedasan. Rasa gurih dan minyak dalam makanan tersebut mampu membantu menghilangkan rasa pedas.

Jika tak ada gorengan, anda juga dapat mengonsumsi kerupuk atau jenik keripik lainnya yang berminyak.

7. Hindari Soda

Minuman bersoda apalagi saat dingin memang terasa sangat nikmat dikonsumsi saat sedang kepedasan. Namun soda akan membuat rasa pedas semakin menjadi. Sebaiknya meminum air putih maupun air hangat, bukan dengan soda.

8. Buah-buahan

Konsumsilah buah-buahan terutama yang manis dan mengandung banyak air seperti semangka, melon, jeruk dan lain sebagainya. Buah-buahan ini akan dengan cepat menetralkanan rasa pedas dengan kandungan air dan rasa manis alami di dalamnya.

***

Selain melakukan tips di atas untuk mengatasi kepedasan, rasa pedas sebenarnya dapat hilang dengan sendirinya dalam waktu yang tidak terlalu lama.