Kegiatan Kreatif dengan Buah Hati : 7 Media Melukis yang Seru!

Media Melukis yang SeruMelakukan kegiatan penuh kreativitas dengan sang buah hati memang pilihan yang tepat. Selain mengasyikkan, kegiatan ini bermanfaat besar buat si kecil.

Salah satu kegiatan penuh kreativitas namun sangat mudah dilakukan adalah melukis. Peralatannya pun cukup sederhana dan dapat dengan mudah diciptakan sendiri.

Secara alami, anak memang senang dengan kegiatan yang kreatif dengan banyak warna dan gambar untuk mengembangkan imajinasinya.

Loading...

Seni lukis bermanfaat bagi anak karena dapat mengasah otak kanan, motorik halus, melatih fokus pada suatu kegiatan, mengatur emosional, hingga menjaga keseimbangan antara otak kanan dan kiri agar tidak mudah lelah dan stress saat menghadapi persoalan aritmatik maupun sosial.

Melukis memang pada umumnya dilakukan pada kertas maupun kanvas sebagai medianya, dengan coretan crayon, pensil hingga cat lukis.

Jika melukis sudah menjadi kegiatan rutin anda dengan anak, cobalah bekreasi dengan media lukis yang seru lainnya, seperti tips kami berikut.

1. Kaos

Belilah kaos polos berwarna putih atau warna lain yang anak gemari. Gunakan cat khusus untuk kain yang dapat berupa pena maupu cat acrylic yang dapat diaplikasikan ke berbagai macam media.

READ:  Mengenal dan Mengatasi Baby Blues Syndrome

Biarkan anak melukis gambar yang ia sukai. Anda juga dapat melatihnya menulis nama atau angka sebagai perpaduan kegiatan. Selain kegiatan melukis kaos yang menyenangkan, kaos juga dapat dipakai dan menjadi kebanggaannya atas hasil karyanya sendiri.

2. Perabotan rumah

Eits, bukan berarti sembarang perabotan ya bunda. Ide ini dapat dilakukan ketika anda ingin sedikit berkreasi dengan beberapa perabot rumah khususnya pada kamar anak, yang berbahan kayu. Mebel berbahan kayu, seperti meja dan kursi yang polos akan tampak lebih menarik dengan tambahan warna-warna yang cerah.

Anda dapat memintanya melukis dengan tema tertent seperti matahari, ikan, bentuk-bentuk lingkaran, hingga cap tangan pada meja dan kursi dengan warna-warna beragam.

3. Batu

Ya, batu. Mengapa tidak? Pilih batu yang bertekstur halus seperti batu putih yang dapat anda temui di taman maupun halaman rumah.

Anda dapat memintanya berkreasi dengan menggunakan batu-batu tertentu yang berbentuk unik, dimana anda dapat menyulapnya dengan gambar-gambar hewan, buah, orang dan lain sebagainya. Anda dapat menggunakan acrylic, hingga pena anti air. Pajang bebatuan bergambar tersebut sebagai dekorasi rumah buatan anda dan si kecil.

READ:  5 Manfaat Menangis untuk Kesehatan

4. Bantal

Anda dapat membeli bantal yang polos maupun mengganti sarung salah satu bantal favoritnya dan melukisnya dengan tokoh favorit mereka. Anda dapat juga memintanya menuliskan sesuatu pada bantal tersebut.

Untuk ide yang lebih seru, minta anggota keluarga untuk mencap tangan mereka pada bantal tersebut.

5. Gelas

Siapkan gelas maupun mug berwarna polos dan minta ia untuk menghiasnya dengan cat khusus porselen untuk hasil akhir yang unik dan cantik.

Dengan begitu, dia akan memiliki gelas favorit. Ide lain adalah dengan meminta setiap anggota keluarga melukis gelasnya masing-masing. Anda dapat menggunakan gelas-gelas tersebut di pagi hari maupun pada acara tertentu.

6. Telur

Seperti pada perayaan paskah, melukis telur dapat menjadi hal yang menyenangkan. Bentuk oval telur dapat dikreasikan sebagai orang, buah-buahan, hewan hingga kreasi lainnya.

Kosongkan telur terlebih dahulu dan minta anak untuk berhati-hati saat melukisnya karena melukis pada telur cukup rapuh.

7. Wajah

Ini yang paling seru. Melukis wajah anda dan si kecil akan sangat menyenangkan dan lucu. Tidak hanya pada pesta kostum dan perayaan tertentu, anda dapat melakukannya pad waktu senggang.

READ:  5 Cara Efektif Mengatasi Cegukan pada Bayi

Pilih cat khusus untuk melukis wajah dan minta si kecil untuk melukis wajah anda dengan kreasi dia. Begitu pula dengan anda, lukis wajahnya dengan tokoh-tokoh tertentu.

***

Ternyata media melukis tak hanya pada kanvas maupun kertas. Teruslah beraktifitas dengan kreatif bersama si kecil!