6 Manfaat Menakjubkan Minyak Kelapa

Manfaat Minyak KelapaKelapa adalah tanaman tropis yang relatif mudah dijumpai di Indonesia. Tanaman ini memiliki banyak manfaat dari akar, batang, daun hingga buahnya.

Anda pasti tak asing lagi menyantap kelapa muda. Sangat lezat disajikan dalam keadaan dingin. Buahnya yang tua bisa diolah menjadi minyak kelapa yang juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan.

Minyak kelapa mungkin tak sepopuler minya kelapa sawit, tapi Anda bisa membuatnya sendiri dengan cara yang cukup mudah.

Parut atau giling kelapa. Lalu, campur dengan air dan peras sambil disaring untuk mengambil santannya. Diamkan santan tersebut hingga mengendap. Endapan santan tersebut panaskan hingga menghasilkan minyak. Dinginkan, dan saring agar minya terpisah dari ampasnya.

Harganya murah, alami, bisa diolah sendiri, banyak di sekitar kita, dan manfaatnya segudang.

1. Menghilangkan stres

Tekanan mental menjadi bagian hidup kita sehari-hari, apalagi jika kita harus menghadapi pekerjaan atau tugas sekolah yang menumpuk. Atau jika Anda adalah ibu rumah tangga yang dipusingkan dengan mengurus anak dan banyak pekerjaan lainnya, minyak kelapa cocok mengurangi rasa stres dan lelah yang Anda alami.

READ:  Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Kanker Kolon

Ringankan rasa lelah dengan menggunakan minyak kelapa untuk memijat kelapa Anda secara melingkar.

Aroma alaminya sangat menenangkan sehingga bisa menurunkan tingkat stres. Rasa lelah bisa berkurang drastis dan energi untuk menghadapi hari kembali lagi.

2. Merawat kulit

Siapa yang tak ingin awet muda? Orang mencari segala macam cara untuk mempertahankan kecantikannya selama mungkin. Tak perlu khawatir, minyak kelapa ini adalah bahan ajaib yang berfungsi sebagai pelembab untuk semua jenis kulit. Cocok untuk digunakan sebagai bahan pijat wajah dan kulit.

Lemak dalam minya kelapa membantu mengurangi timbulnya keriput. Aman digunakan dan tanpa iritasi. Berbagai masalah kulit seperti dermatitis, eksim dan lainnya bisa diatasi dengan minya kelapa.

3. Pencernaan

Di dalam kelapa, terdapat rantai trigliserida, yakni lemak jenuh yang bersifat anti infleksional yang memerangi bakteri dan jamur penyebab masalah pencernaan. Melindungi usus dari iritasi.

Lemak dalam minyak kelapa bisa membantu penyerapan vitamin, asam amino dan mineral. Membuat Anda jadi lebih sehat. Anda bisa menggunakannya sebagai campuran salad maupun sambal.

READ:  Definisi Edema

4. Energi

Tubuh mengirimkan asam lemak rantai trigliserida langsung ke liver (hati) untuk digunakan sebagai energi. Hal ini membuat minyak kelapa bisa berperan sebagai sumber energi instan yang memilik efek kuat bagi tubuh.

Minyak kelapa terbukti mampu meningkat fungsi tiroid menjadi lebih baik, sehingga meningkatkan metabolisme dan energi tubuh. Proses mengurangi timbunan lemak sekaligus membangun massa otot. Anda tetap bugar dan berenergi.

Minyak kelapa populer sebagai satu-satunya lemak yang paling rendah kalori di dunia. Wow!

5. Penyembuh

Masyarakat tradisional kerap memanfaatkan minyak kelapa sebagai obat luka. Hal ini dipercaya bisa mempercepat proses penyembuhan.

Ternyata, minya kelapa memang menghasilkan lapisan kimia tipis yang melindungi luka dari debu, bakteri dan virus. Dengan mengoleskan minyak kelapa pada luka, Anda akan terhindar dari infeksi.

6. Perawatan rambut

Masyarakat tradisional juga kerap menggunakan santan atau minyak kelapa untuk keramas. Tindakan ini membuat rambut menjadi lebih lembab. Efeknya sama dengan aplikasi kondisioner pada rambut.

**

Minyak ini sangat bergizi bagi rambut Anda, karena minyak kelapa mengandung protein penting untuk memperbaiki rambut rusak. Kelebihan lainnya, alami dan aman bagi rambut Anda.